Bagaimana Cara Kita Supaya Bisa Bekerja Sama Dalam Keberagaman

01 May 2022 by Laruan, Last edit: 08 May 2022

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki ragam suku, budaya, dan agama di masing-masing daerah. Tak hanya itu, bahkan negeri ini mempunyai bermacam pulau, tarian tradisional, hingga rumah adat yang mencerminkan keragaman budaya dan orang-orang yang ada di dalamnya. Ini bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman.

bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman

Namun meski beragam dan berbeda-beda, masyarakat Indonesia tetap satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan falsafah Pancasila yang dianutnya. Oleh karena hal itu merupakan sebuah anugerah, keberagaman tersebut patutlah harus selalu disyukuri. 

Tanpa memandang suku, ras, dan agama hingga budaya di setiap daerah, bekerjasama dalam keberagaman di Indonesia sering terlihat saat masyarakat membersihkan lingkungan juga keamanan mereka. Dan meski perbedaan tersebut begitu nyata di setiap daerah, namun masyarakat tetap bisa rukun dan saling menghargai kebergaman masing-masing. 

Baca juga: Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik

Tak hanya itu, bahkan bekerjasama dalam keberagaman ini juga terlihat saat perayaan hari besar agama-agama. Contohnya saja antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta yang masing-masing saling menjaga serta membantu menyediakan lahan parkir bagi jemaat satu sama lain.

Apa Itu Kerjasama? 

Sebelum membahas bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu apa itu kerjasama. Kerjasama adalah suatu bentuk atau usaha yang dilakukan oleh beberapa atau banyak orang secara bersama-sama untuk mencapai satu tujuan yang mereka inginkan bersama. 

Dengan kata lain, kerjasama merupakan suatu bentuk pekerjaan yang melibatkan dua orang atau lebih agar dapat mencapai suatu target atau tujuan yang sebelumnya telah direncanakan secara bersama-sama. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Supaya Bisa Bekerja Sama Dalam Keberagaman

Setelah mengetahui apa itu kerjasama, kini kita kenali dulu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan agar bisa bekerjasama dalam keberagaman. Seseorang yang mampu bekerjasama dalam keberagaman menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki rasa sosial dan kepedulian besar terhadap lingkungan sekitarnya tanpa memandang suku, agama, dan ras orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Nah, agar bisa bekerjasama dalam keberagaman di tengah-tengah masyarakat, maka ada beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya hal tersebut bisa tercapai, yakni:

  • Memiliki sifat tenggang rasa
  • Menghargai perbedaan yang ada
  • Selalu saling tolong menolong antar sesama di tengah masyarakat
  • Terus menumbuhkan sikap toleransi terhadap sesama
  • Kerja bakti bersama demi kebersihan lingkungan sekitar, misalnya saja dengan bahu membahu membersihkan fasilitas umum, tempat ibadah, dan lain-lain
  • Mengadakan pertemuan antar warga serta membuat pos kamling supaya bisa tercipta rasa toleransi untuk semua kalangan dalam masyarakat tanpa harus memandang status sosial, suku, ras, juga agama

Contoh Penerapan Kerjasama dalam Keberagaman di Indonesia

Ketika bekerjasama dalam keberagaman, kita tidak mengharapkan keuntungan atau upah oleh karena sifatnya yang sukarela. Dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kerjasama dilakukan oleh dua orang atau lebih atau beberapa anggota masyarakat, maka dalam pelaksanaannya kegiatan ini seyogyanya dilakukan berdasarkan pada kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. 

Ada beberapa contoh penerapan bentuk kerjasama dalam keberagaman di Indonesia. Penerapan tersebut sudah diaplikasikan sejak lama di tengah-tengah masyarakat di berbagai daerah di Indonesia tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, dan status sosial seseorang. 

Penasaran apa sajakah contoh kerjasama dalam keberagaman seperti yang dimaksud? Berikut beberapa diantaranya!

  • Tradisi Gugur Gunung di daerah Jawa
  • Manunggal Sakato di Sumatera Barat
  • Mapalus di Minahasa
  • Sikaroban di Palembang
  • Subak di Bali

Selain daftar di atas, sebenarnya masih banyak lagi aktivitas-aktivitas sosial seperti tersebut di atas di berbagai daerah di Indonesia, mengingat jumlah suku di Indonesia saja bisa mencapai ratusan.  Dan di atas semua keragaman itulah, ada nilai-nilai positif yang bisa didapatkan dari kerjasama yakni persatuan, tolong-menolong, kebersamaan, berkorban, serta sosialisasi.

Manfaat Kerjasama Dalam Keberagaman

Sebelum mengetahui bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman, ketahui terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Apa sajakah itu? Simak yuk poin-poin pentingnya berikut ini!

  • Dapat menumbuhkan serta meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan antar sesama
  • Makin mempererat tali persaudaraan
  • Pekerjaan pun menjadi terasa lebih ringan dan cepat selesai
  • Menumbuhkan rasa kebersamaan
  • Makin memperkuat ikatan hubungan antar tetangga juga teman
  • Memunculkan sekaligus memupuk rasa sosial
  • Menumbuhkan rasa saling mengasihi
  • Makin memupuk rasa tolong-menolong antar sesama anggota masyarakat
  • Menciptakan kepedulian terhadap lingkungan sekitar
bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman

Baca juga: Miliki 8 Mindset Orang Sukses yang Bikin Hidup Optimis

Bagaimana Cara Kita Supaya Bisa Bekerjasama Dalam Keberagaman?

Lalu bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman? Ada beberapa caranya dan semuanya akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini!

1. Saling Menghormati Dalam Keberagaman

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah saling menghormati satu sama lain dalam keberagaman. Seperti diketahui, keberagaman lahir dari perbedaan yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Perbedaan yang dimaksud disini mencakup keseluruhan aspek mulai dari keyakinan dan agama yang dipercayai, daerah mana mereka berasal, suku dan ras, bahkan budaya, adat-istiadat serta status sosial. 

Keberagaman seperti itu memang bisa dengan mudah menjadi penyebab perselisihan di tengah masyarakat, namun tak ayal juga bila setiap orang yang “berbeda” tersebut mampu bekerjasama dengan baik satu sama lain, manfaat atau keuntungan yang didapatkan pun jauh lebih besar. 

Karena itulah, supaya dapat bekerjasama dalam keberagaman, hendaklah setiap anggota masyarakat saling menghormati satu sama lain. Menghormati disini berarti meyakini bahwa tiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama di tengah kehidupan bermasyarakat. 

Selain itu, menghormati juga berarti mengetahui bahwa memang tiap orang terlahir berbeda dari muasalnya. Tak ada yang memilih untuk lahir dalam suku dan ras tertentu atau di daerah dengan budaya tertentu. Jadi, sudah sepatutnya saling menghormati satu sama lain. 

2. Menghargai Perbedaan Yang Ada

Langkah kedua untuk menerapkan bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman adalah melalui sikap mengerti, memahami, menerima, juga menghargai perbedaan yang ada pada setiap orang. Sikap ini dilakukan tanpa paksaan juga tidak mau serta tidak boleh memaksakan kehendaknya kepada orang lain agar mau melakukan hal yang sama. 

Menghargai perbedaan dilakukan sesuai dengan norma-norma dan hukum yang berlaku di tengah masyarakat dan negara. Jika semisalnya ada perbedaan, maka musyawarah untuk mencapai mufakat-lah jalan terbaiknya. Dan pastinya diperlukan saling sepaham yang berlandaskan rasa ikhlas serta penuh tanggung jawab pada setiap orang, keluarga, tetangga, dan masyarakat agar bisa selaras dalam bekerjasama sehingga tujuan yang diinginkan bersama-sama dapat terwujud.

3. Menumbuhkan Sikap Toleransi

Sudah banyak kali kita mendengar kata toleransi, namun apa sebenarnya toleransi itu? Toleransi merupakan cara seseorang menghargai dan menerima perbedaan atas pelbagai budaya, perilaku, agama, juga ras yang ada di dunia ini. 

Jelasnya, toleransi adalah sebuah keniscayaan bagi sebuah bangsa yang majemuk seperti Indonesia yang memiliki beragam latar belakang suku, ras, dan agama mulai dari Sabang hingga Merauke. Dan sebagaimana mestinya setiap saudara di dalam keluarga yang pastinya memiliki karakter, pemikiran, dan sifat yang tidak sama, sudah semestinya perbedaan itu hal yang biasa saja. 

Sebagai makhluk sosial, norma-norma sosial yang tumbuh dan dianut di tengah masyarakat merupakan patokan dalam bersikap. Toleransi yang dilakukan pun haruslah mematuhi norma yang berlaku tersebut. Norma-norma yang dimaksud disini adalah seperti norma agama, kesusilaan atau moral, hukum, hingga kesopanan atau adat. Sebagai individu yang hidup di tengah masyarakat yang majemuk, seseorang sebaiknya hidup sesuai dengan norma-norma yang berlaku serta tidak memaksakan kehendak pribadinya kepada orang lain. 

bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman

Baca juga: Apa Itu Konsultan Bisnis? Ini Fungsi, Tip, dan Tugasnya

4. Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa 

Lalu bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman yang keempat? Well, jawabannya adalah jangan lupa untuk memiliki sikap tenggang rasa terhadap orang lain. Dari definisinya, tenggang rasa adalah sikap seseorang yang mampu menghargai juga menghormati orang lain. Dan sikap yang dimaksud disini adalah termasuk sikap hidup secara keseluruhan baik itu dalam bentuk ucapan atau lisan, perbuatan, hingga tingkah laku. 

Untuk menilai apakah seseorang memiliki sikap tenggang rasa, maka ada tiga indikator penilaian yang menjadi landasannya yakni apakah ia punya sikap toleransi, kepedulian, ataukah sikap pengendalian diri. Apabila sedari kecil seorang anak misalnya sudah punya sikap tenggang rasa, maka ia akan lebih percaya diri dan optimis dalam menentukan masa depannya sendiri. Dan pastinya sikap percaya diri ini akan sangat memberikan pengaruh positif kepada anak-anak yang bermasalah serta yang kurang berprestasi di masa depan.  

Demikian penjelasan lengkap mengenai kerjasama dalam keberagaman, manfaat dan contoh-contohnya di Indonesia hingga bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman. Dari informasi di atas bisa disimpulkan bahwa bekerjasama dalam keberagaman tersebut adalah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan agar tercipta kedamaian dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat. Bukankah setiap manusia itu adalah makhluk sosial yang mau tidak mau, suka tidak suka, pasti membutuhkan bantuan dan hidup berdampingan dengan manusia lainnya?! Itu bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download