Apa Itu Konsultan Bisnis? Ini Fungsi, Tipe, dan Tugasnya

21 Sep 2021 by Laruan

Peran dari seorang konsultan bisnis adalah menangani suatu permasalahan yang tengah dialami suatu perusahaan baik itu untuk memberi solusi maupun kritik. dalam suatu perusahaan baik itu perusahaan besar maupun kecil pasti memiliki suatu permasalahan. Maupun  perusahaan tersebut sudah jaya maupun sudah memiliki nama besar. Perusahaan yang sukses pasti sudah memiliki kisah pilu di balik kesuksesan suatu perusahaan. Maka itu, perusahaan sangat membutuhkan seorang konselor bisnis. 

Apa Itu Konsultan Bisnis? Ini Fungsi, Tipe, dan Tugasnya

Fungsi dari seorang konselor bisnis sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk memberikan solusi-solusi yang tepat dan benar dari munculnya suatu masalah. Meskipun itu masalah kecil maupun besar ataupun masalah yang wajar dialami sampai dengan masalah yang serius. Perlu bagi perusahaan berbagi masalah kepada konselor bisnis untuk menangani permasalahan tersebut. Nah, bagi konselor bisnis tidak hanya memiliki tugas itu saja tetapi juga menjadi seorang perencana bisnis. Maksudnya ialah seorang konselor bisnis juga membangun perusahaan yang dibutuhkan untuk perencanaan yang matang.

Segala sesuatunya harus dipikir secara matang-matang untuk menghasilkan perencanaan yang bagus. Dan juga harus memperhatikan segala resiko yang akan terjadi perlu juga untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi. Tetapi jangan terlalu fokus pada kemungkinan-kemungkinan buruk saja melainkan juga keuntungan-keuntungan bagi perusahaan untuk tetap dijadikan motivasi atau acuan untuk tetap membangun perusahaan yang sukses. Termasuk juga kemungkinan-kemungkinan buruk seperti munculnya seorang pesaing ketika perusahaan sudah berjalan. Ada baiknya kita mengambil banyak pelajaran atau mengambil banyak pengalaman dari seorang pesaing. 

Apabila Sobat Pintar masih pemula atau baru akan menjalankan sebuah usaha sangat penting untuk membutuhkan konselor bisnis. Bagi pemula yang sedang menjalankan suatu bisnis penting sekali untuk membutuhkan konselor bisnis. Konselor bisnis dapat membantu mensukseskan langkah Sobat Pintar dalam membangun sebuah perusahaan yang jaya.

Pengertian dan Tugas Konsultan Bisnis

Apa Itu Konsultan Bisnis? Ini Fungsi, Tipe, dan Tugasnya

Konsultan bisnis yaitu penyedia jasa konsultasi bisnis. Mulai dari mengidentifikasi suatu masalah dan memberikan solusi penyelesaian dari suatu masalah yang dialami oleh si klien. Jasa dari seorang konselor bisnis memang dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tidak heran, jika seorang konselor bisnis memiliki peran yang banyak bagi perusahaan. 

Tugas dari seorang konselor bisnis sangat beragam tergantung dari kondisi yang sedang dialami oleh perusahaan. Tidak hanya berperan dalam memberikan solusi dari permasalahan perusahaan tetapi memiliki tugas yang beragam. Berikut beberapa tugas yang dikuasai oleh seorang konselor bisnis.

1. Konsultan bertugas untuk mendapatkan klien

Demi tercapainya suatu perusahaan yang sukses yaitu proses mendapatkan klien dari perusahaan. Salah satu peran seorang konselor bisnis yaitu membantumu dalam mencari klien  yang sangat penting yang menggunakan jasa atau barang maupun bekerja sama untuk menjalankan suatu bisnis. Sebuah bisnis akan terlihat menguntungkan dan saling berkaitan satu sama lain untuk mendapatkan keuntungan bersama itulah peran dari seorang konselor bisnis. Perusahaan membutuhkan jasa seorang konselor bisnis untuk membantu dalam memberikan tips dan trik yang harus dilakukan untuk menarik barang atau jasa yang Sobat Pintar tawarkan menarik si klien. 

2. Konsultan bertugas membantu perencanaan bisnis

Dalam membangun suatu perusahaan diperlukan perencanaan yang matang. Segala sesuatu harus direncanakan secara matang agar terhindar dari beberapa resiko-resiko yang besar. Perlu juga untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang buruk dapat terjadi. Tetapi juga keuntungan yang dapat dijadikan acuan dan motivasi untuk membangun suatu perusahaan yang jaya. 

Tugas dari seorang konselor bisnis sebagai perencana berikutnya ialah dapat membantu dalam proses menyusun suatu Project yang akan dijalankan. Perlu untuk menanyakan kepada seorang konselor bisnis agar mengetahui bagaimana baiknya untuk dijalankan dengan menggunakan langkah yang seperti apa. Guna agar tidak salah dalam mengambil keputusan dan mempertimbangkan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, penting sekali untuk berkonsultasi kepada konselor bisnis mengenai pengambilan keputusan yang tepat.

3. Konsultan bertugas membantu mengembangkan bisnismu

Tugas berikutnya ialah sebagai konselor bisnis adalah membantu mengembangkan bisnis untuk berkembang lebih bagus dan membuahkan hasil yang tepat. Tentu dalam membangun suatu perusahaan tidaklah mudah, perlu upaya-upaya ekstra untuk tercapainya suatu perusahaan yang sukses. Apalagi perusahaan yang Sobat Pintar rintis baru dan Sobat Pintar belum mengetahui sepenuhnya tentang bisnis. 

Dibutuhkan pengalaman-pengalaman yang profesional dan campur tangan dari seorang konselor bisnis. Oleh karena itu, apabila seorang konselor bisnis memberikan kritik, saran, dan solusi maka Sobat Pintar harus mengikutinya demi perusahaan yang Sobat Pintar rintis berjalan dengan sempurna. Seorang konselor bisnis akan memberi kritik, saran, dan solusi yang nantinya akan berguna nanti bagi perusahaan agar berkembang.

Tipe Konsultan Bisnis beserta tips mencarinya

Konselor bisnis terdiri beberapa jenis yang dapat Sobat Pintar bedakan menurut jenis bidang yang ditangani, berikut beberapa tipe sekaligus tips mencari seorang konselor bisnis.

Apa Itu Konsultan Bisnis? Ini Fungsi, Tipe, dan Tugasnya

1. Konsultan di bidang strategi

Definisi dari Strategi yaitu usaha atau taktik yang sedemikian rupa untuk menaklukkan suatu hal yang ingin dicapai sampai berhasil tanpa resiko yang cenderung merugikan. Bagi Sobat Pintar yang ingin memulai bisnis pada suatu perusahaan penting sekali membutuhkan jasa dari seorang konsultan. Berguna untuk mengarahkan dan melakukan apa yang harus dilakukan agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

2. Konsultan di bidang IT

Konsultan ini bertugas melakukan perbaikan pada jaringan dan melakukan troubleshoot yang kadang membutuhkan penggunaan alat bertenaga ekstra. Untuk memperbaiki sistem koneksi jaringan ataupun melakukan perawatan sistem software agar tidak terjadi kesalahan yang fatal dalam penggunaannya. Tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa ini walaupun menyewa jasa tersebut membutuhkan biaya yang mahal tetapi memiliki keuntungan yang tidak disangka. Dengan adanya konselor bisnis di bidang IT maka kerugian yang Sobat Pintar alami hampir tidak ada justru dapat meningkatkan keuntungan pada perusahaan.

3. Konsultan di bidang akuntansi

Perlu disadari bahwa perusahaan sangat membutuhkan perencanaan  dan pengelolaan keuangan dengan baik dan terencana. Dengan memiliki konselor bisnis pada bidang akuntansi akan membantu mengatur penggunaan keuangan dengan sebaik-baiknya yang memperhitungkan laba dan rugi sangat mungkin didapat.

4. Konsultan di bidang internal perusahaan

Konsultan pada bidang ini menduduki posisi penting di dalam perusahaan yaitu sebagai seorang manajer ataupun direktur pada perusahaan. Selain itu, konsultan pada bidang ini memasang tarif yang terjangkau karena sudah terbiasa melakukan kegiatan seperti ini.

5. Konsultan di bidang independen perusahaan

Konsultan pada bidang ini terbentuk dari beberapa kelompok hingga 6 anggota dalam satu kelompok dan yang dimiliki oleh konsultan bidang ini pada dasarnya yaitu seorang yang berpengalaman atau bergerak pada lingkup swasta.

Itulah, penjelasan singkat mengenai konselor bisnis beserta fungsi dan tipe-tipe dari seorang konsultan dengan tugasnya. Carilah seorang konselor bisnis beserta dengan tujuan dari perusahaan yang sedang Anda geluti atau miliki. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Pintar yang ingin mencari konsultan bisnis yang sesuai. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload