Rekomendasi Buku Self-Improvement Terbaik

19 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 22 Mar 2022

Era digital mengharuskan kita untuk selalu belajar mengembangkan diri. Meningkatkan kapasitas diri tidak harus mahal. Kita bisa membaca buku self improvement untuk menambah wawasan. Terdapat beberapa rekomendasi buku self improvement yang disajikan Kredit Pintar.

Rekomendasi Buku Self-Improvement 

1. Atomic Habits

Dalam buku yang inovatif ini, Clear pada pada dasarnya mengungkapkan cara kerja perubahan-perubahan sangat remeh temeh dapat berkembang menjadi hasil-hasil yang begitu mengubah hidup. Ia menyingkap sejumlah trik sederhana dalam hidup kita 

Beberapa poin yang menarik dalam rekomendasi buku self-improvement ini meliputi; seni Menumpuk Kebiasaan yang diabaikan, kekuatan menakjubkan Aturan Dua Menit, atau trik untuk masuk ke dalam Zona Goldilocks. Clear juga menggali ke belantara teori psikologi serta neurosains paling baru untuk menerangkan mengapa semua itu penting. 

Clear dalam bukunya menceritakan kisah-kisah inspiratif dari para peraih medali emas Olimpiade, para CEO perusahaan ternama, serta ilmuwan-ilmuwan istimewa yang telah menggunakan sains mengenai kebiasaan-kebiasaan kecil untuk tetap produktif, tetap termotivasi, serta bahagia.

Baca Juga: Download Ebook Gratis Yang Legal di 10 Situs Berikut Ini!

Perubahan-perubahan kecil ini kemudian memberikan pengaruh revolusioner pada karier Anda, hubungan pribadi, serta hidup Anda. 

2. Think & Grow Rich – Napoleon Hill

Buku ini menjadi karya paling terkenal serta buku klasik terlaris sepanjang masa. Diterbitkan pada diterbitkan pada tahun 1937 ini, buku ini kayak menjadi rekomendasi buku self-improvement karena dilengkapi dengan contoh-contoh baru serta contoh kasus-kasus modern yang dapat dengan jelas mendemonstrasikan bahwa semua prinsip Hill masih relevan, dan sampai saat ini masih memandu orang menuju kesuksesan.

Think And Grow Rich Book by Napoleon Hill - Gramedia Digital

3. Tak Apa-Apa Tak Sempurna – Brene Brown

Tekanan hidup tentunya pernah dirasakan semua orang, hanya setiap orang memiliki porsinya masing-masing. Sebagai manusia, kita juga tentu pernah merasa kalau kegagalan merupakan masalah yang besar. 

Rekomendasi buku self-improvement seakan menaruh empati untuk kita pernah merasa bahwa kemampuan kita tidak memadai, unworthy, serta merasa lebih rendah daripada orang lain. 

4. Start With Why – Simon Sinek

Karya satu ini menjadi rekomendasi buku self-improvement best seller karena ceramah sang penulis di TED Talk. Buku ini menerangkan tentang pentingnya kata “mengapa” saat membangun sebuah bisnis atau organisasi. 

Bukan karena uang atau keuntungan, akan tetapi hasilnya. Salah satunya menarik contoh dari Apple Inc tentang pentingnya mengidentifikasi tujuan suatu bisnis guna membuat keputusan besar berdasarkan visi.

Jual Buku Start With Why oleh Simon Sinek - Gramedia Digital Indonesia

Selain itu terdapat bagian tentang bagaimana pemimpin berpikir, bertindak, serta berkomunikasi. Kisah dari Steve Jobs, Wright Brothers, sampai Martin Luther King Jr., dijelaskan punya cara yang sama untuk membangun organisasi jadi lebih baik serta berbeda.

5. Berani Tidak Disukai – Ichiro Kisimi & Fumitake Koga

Rekomendasi buku self-improvement ini menjelaskan ajaran dari ahli filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler, tentang bagaimana manusia sebaiknya menjalani hidupnya melalui percakapan antara seorang filsuf dengan seorang pemuda. Buku ini juga mencoba menerangkan fenomena di Jepang yaitu mengisolasi diri di kamar atau ansos (anti sosial) sampai bertahun-tahun.

Rangkuman Buku Berani Tidak Disukai - Pimtar

6. Psychology of Money – Morgan Housel

Belajar finansial jadi lebih efektif dengan rekomendasi buku self-improvement yang ditulis oleh pemenang penghargaan buku bisnis terbaik dari Society of American Business Editor and Writers serta ex-kolumnis di The Wall Street Journal. Morgan Housel, membahas bagaimana sudut pandang perilaku manusia terhadap uang. Ternyata, mengelola uang itu tidak selalu butuh kecerdasan finansial.

Jual The Psychology of Money - Morgan Housel (Bahasa Indonesia) Indonesia|Shopee  Indonesia

7. You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness – Fellexandro Ruby

Buku ini menjelaskan tentang quarter life crisis yang begitu memusingkan diri. Semua tentang kegalauan hidup anak muda yang pusing dengan karir, bisnis, keuangan, bahkan relationship, dijelaskan oleh penulis bahwa semuanya kembali pada diri kita sendiri. Penulis juga menjelaskan bagaimana kita menemukan ikigai maupun kebahagiaan kita sendiri.

Jual Buku You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self-Awareness  oleh Fellexandro Ruby - Gramedia Digital Indonesia

8. Insecurity is My Middle Name – Alvi Syahrin

Buku Alvi Syahrin masuk dalam jajaran buku best seller karena tulisannya memang begitu menenangkan jiwa. Buku ini merupakan buku self-healing pertama yang ditulis oleh Alvi tetapi begitu sukses membuat orang-orang serasa dipeluk saat membaca buku ini.

Baca Juga: 6 Buku Bisnis Yang Sering Dibaca Oleh Pebisnis Sukses

8. Filosofi Teras – Henry Manampiring

Ini dia buku self-improvement yang jadi mega best seller dan memenangkan penghargaan Book of The Year di Indonesia International Book Fair 2019. Akhirnya, buku ini kembali hadir dengan sampulnya yang baru dan lucu! Buku ini membantu kamu dalam menerapkan hidup ala filsafat stoa atau stoisisme yang berasal dari Yunani. Penulis membuat stoisisme lebih mudah dicerna dengan kata filsafat teras.

Jual Buku Filosofi Teras oleh Henry Manampiring - Gramedia Digital Indonesia

9. 8 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif

Delapan kebiasaan manusia yang sangat efektif yang ditulis oleh Stephen R. Covey dalam bukunya The Eight Habits Of Highly Effective People adalah pelajaran yang sangat penting bagi orang yang ingin mengubah dirinya menjadi seorang yang efektif. Delapan kebiasaan ini jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dapat mengubah karakter seseorang.

THE 8 HABIT -- STEPHEN COVEY

10. Self-Driving: Menjadi Driver atau Passenger? – Rhenald Kasali

Self-Driving (2014) menerangkan cara mengubah mental passenger (penumpang) menjadi driver (pengemudi). Inilah merupakan dasar untuk bisa menjadi pimpinan atau aktor pelaku, tidak sekedar pengikut yang meniru-niru. Masalahnya, beragam tantangan menanti untuk menuju ke sana. Pelajari lewat buku ini ini agar Anda tidak menjadi korban perubahan.

Buku SELF DRIVING - Rhenald_Kasali | Mizanstore

11. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat: Pendekatan yang Waras Demi Menjalani Hidup yang Baik diterjemahkan dari The Subtle Art of Not Giving a F*ck: A Counterintuitive Approach to Living a Good Life. Buku ini berisi tentang menemukan makna di dalam hal-hal penting dalam hidup serta hanya memiliki nilai-nilai yang bisa dikendalikan oleh individu. 

Apapun nilai (seperti popularitas) yang tidak ada dalam kendali seseorang, merupakan nilai yang buruk untuk dimiliki. Seseorang harus berusaha menggantinya dengan sesuatu yang lebih dapat dikendalikan seperti ketepatan waktu, kejujuran, maupun kebaikan. 

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat - Wikipedia bahasa Indonesia,  ensiklopedia bebas

Manson lebih lanjut merekomendasikan untuk tidak mengklaim kepastian tentang pengetahuan yang di luar jangkauan serta tidak khawatir tentang meninggalkan warisan untuk anak cucu. Alih-alih khawatir tentang karya sebagai warisan, seseorang harus dapat menciptakan kegembiraan saat ini bagi diri sendiri serta orang di sekitar.

12. The Power of Habit: Mengapa Kita Melakukan Apa yang Kita Lakukan dalam Hidup dan Bisnis – Charles Duhigg

The Power of Habit (2019) menerangkan tentang dahsyatnya kebiasaan. Di dalam rekomendasi buku self-improvement ini Anda dapat mempelajari tentang alasan kebiasaan bisa terbentuk, unsur-unsur dari kebiasaan, serta cara mengubah kebiasaan pribadi, organisasi, atau komunitas.

The Power Of Habit

Dalam buku ini, Anda akan mempelajari alasan terbentuknya sebuah kebiasaan, unsur-unsur kebiasaan, serta cara mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang dapat menghasilkan keberhasilan dalam hidup Anda.

13. Outliers – Malcolm Gladwell

Outliers adalah salah satu buku yang ditulis wartawan New York Times Malcolm Gladwell yang diterbitkan penerbit Penguin Psychology Books pada 2008. Buku mendapatkan penghargaan New York Times Bestseller. Buku ini menceritakan kisah tentang bagaimana kesuksesan itu bukan ditentukan oleh faktor perjuangan serta motivasi pribadi saja. 

Jual Buku Outliers oleh Malcolm Gladwell - Gramedia Digital Indonesia

Tapi, kesuksesan kadang berasal dari kapan kita lahir, siapa orang tua kita, bagaimana konteks budaya kita, serta seberapa jauh lingkungan kita memberikan kita kesempatan guna melatih kemampuan-kemampuan kita. 

Dalam bukunya, Gladwell menggunakan puluhan contoh studi kasus guna mendukung argumennya, dari tahun lahir dari para miliarder komputer, alasan negara tertentu acap kali mengalami kecelakaan pesawat, hingga asal-usul anak-anak keturunan Asia yang pandai Matematika.

Itulah sejumlah rekomendasi buku self-improvement terbaik yang disajikan Kredit Pintar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Non Fiksi yang Gampang Dipahami

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download