6 Buku Bisnis Yang Sering Dibaca Oleh Pebisnis Sukses

24 Aug 2021 by Laruan

Rekomendasi 6 Buku Bisnis Yang Sering Dibaca Oleh Pebisnis Sukses – Tahun 2020 adalah tahun yang amat mengejutkan bagi semua orang. Pasalnya di tahun ini wabah virus Covid-19 pertama kali ditemukan yang hingga hari ini masih tersebar di seluruh dunia.

Pandemi ini membuat segala aktivitas di luar ruangan sempat terhenti karena adanya kebijakan untuk menerapkan social distancing dan digantikan dengan kegiatan dari rumah.

Situasi ini pun mengajarkan kita untuk menjadi lebih fleksibel dan adaptif terhadap perubahan gaya hidup tersebut. Sama halnya dengan bisnis yang terus berputar dan mengalami perubahan setiap harinya. Ini adalah waktu ketika seorang pengusaha sejati harus melangkah maju, beradaptasi, dan mengubah bisnis mereka sesuai dengan kebutuhan dunia di masa kini.

6 Buku Bisnis Yang Sering Dibaca Oleh Pebisnis Sukses

Menurut sebuah studi oleh Massachusetts Institute of Technology atau yang disingkat dengan MIT melakukan survei kepada 20.000 bisnis, hasilnya menunjukkan bahwa komponen penting yang teridentifikasi mampu mempertahankan kesuksesan bisnis tidak lain adalah kemampuan beradaptasi. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi adalah dengan memiliki kebiasaan membaca. Ada banyak sekali buku yang memberikan wawasan mengenai bagaimana para pebisnis bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk masa depan.

Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik Yang Wajib Sobat Pintar Baca

1. The Nuclear Effect

Memulai sebuah bisnis tidak hanya membutuhkan keterampilan taktis dan strategis, namun juga dibutuhkan sebuah pola pikir agar dapat bertahan melalui pasang surut membangun sesuatu. Buku ini direkomendasikan karena bisa menjelaskan berbagai fase dalam menciptakan, membangun, serta meningkatkan bisnis yang efektif.

Tidak hanya memberikan kita-kita bisnis, Scott Oldford di dalam bukunya menunjukkan kepada Sobat Pintar bagaimana cara melepaskan kekhawatiran finansial dan membangun pola pikir untuk meningkatkan skala bisnis dan keuntungan Sobat Pintar. Buku ini sangat cocok bagi Sobat Pintar yang sedang memulai bisnis tetapi masih bingung apa yang harus dilakukan.

2. Original: Adam Grant

Di dalam buku bisnis berjudul Original ini, penulis membahas mengenai tantangan yang dihadapi untuk meningkatkan dunia dari perspektif menjadi original. Dengan memilih untuk memperjuangkan ide-ide serta nilai-nilai baru yang bertentangan dengan arus, melawan konformitas, serta melawan tradisi yang sudah ketinggalan zaman.

Serta bagaimana agar kita bisa memunculkan ide, kebijakan, dan praktik baru tanpa harus mempertaruhkan semuanya. Grant mengeksplorasi mengenai bagaimana cara mengenali ide yang bagus, cara berbicara tanpa dibungkam, cara membangun koalisi sekutu, cara memilih waktu yang tepat untuk bertindak, serta cara mengelola rasa takut dan ragu.

3. Who Not How: Dan Sullivan and Dr. Benjamin Hardy

Kita hidup dalam budaya yang sangat individualistis dan dilatih dalam sebuah sistem pendidikan yang berfokus pada persaingan. Kita diajarkan untuk melakukan segala sesuatunya sendiri kemudian dinilai oleh rekan-rekan kita.

Namun buku Who Not How ini menjelaskan tentang cara kerja agar dapat bekerja secara kolaboratif maupun relasional serta membangun lebih banyak kerja tim dalam semua bidang kehidupan Sobat Pintar.

Buku yang ditulis oleh Dan Sullivan bersama-sama dengan rekannya Dr. Benjamin Hardy mencoba untuk membongkar metode mengenai aksi dan tindakan dalam berwirausaha. Daripada bertanya, bagaimana saya bisa melakukannya?

Ketika Sobat Pintar telah memiliki tujuan atau tantangan, maka ini memunculkan pertanyaan seperti. Siapa yang bisa melakukan ini untuk saya? Atau siapa yang bisa membantu saya melakukan ini?

Buku ini cocok untuk Sobat Pintar jika Sobat Pintar adalah seorang pemimpin atau anggota tim yang mencari cara untuk mengoptimalkan keputusan Sobat Pintar, mengambil tindakan atas visi yang sebelumnya tidak sempat Sobat Pintar lakukan serta memahami nilai membangun tim yang bekerja sama dengan sungguh-sungguh.

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

4. Lives of The Stoics

Jika Sobat Pintar ingin mendapatkan inspirasi dari orang-orang yang menghadapi tantangan yang jauh lebih sulit daripada apa yang Sobat Pintar hadapi sekarang, maka buku tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat. Buku ini akan menunjukkan kepada Sobat Pintar bagaimana setiap orang menghadapi tantangan, namun tetap tenang dan akhirnya berhasil terlepas dari kesulitan itu.

Di dalam buku ini, Ryan Holiday bersama rekan penulisnya Stephen Hanselman menguraikan bagaimana orang-orang Stoikisme atau Stoa seperti Marcus Aurelius menjalani kehidupan mereka. Ini bukanlah buu sejarah, melainkan sebuah karya seni yang dikemas dengan pelajaran satu demi satu tentang bagaimana menjalani hidup yang penuh dengan keadilan, keberanian, dan kebijaksanaan.

Buku ini cocok untuk Sobat Pintar yang sedang mencari perubahan dalam perspektif Sobat Pintar, beberapa pola pikir positif yang mengingatkan Sobat Pintar tentang bagaimana kehidupan bisa terjadi ataupun jika Sobat Pintar ingin menjadi seorang pemimpin yang lebih baik.

5. Powershift: Daymond John

Baik di dalam bisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari Sobat Pintar, ada satu faktor yang membedakan orang-orang sukses, faktor yang dimaksud tersebut adalah hubungan yang mereka bangun.

Di dalam buku bisnis Powershift ini, Daymond John mengungkapkan bagaimana cara membuat kesan yang baik, mengasah gaya bernegosiasi yang tetap saling menguntungkan, serta membangun hubungan yang langgeng.

Saat ini kita hidup di zaman yang mana tenaga kerja terus bertambah serta jutaan orang sedang mencari pekerjaan. Mempunyai jaringan yang solid untuk melakukan kolaborasi dan tetap terhubung adalah kunci untuk meraih bisnis yang Sobat Pintar sukai dan membangun bisnis yang Sobat Pintar inginkan.

Di dalam buku ini Sobat Pintar bisa mengambil pelajaran mengenai apa yang dibutuhkan oleh setiap pemimpin bisnis agar bisa sukses dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Powershift cocok dibaca oleh Sobat Pintar yang merasa seakan-akan Sobat Pintar tidak mengendalikan kekuatan Sobat Pintar serta tidak puas dengan pencapaian Sobat Pintar saat ini.

6. Big Money Energy

Berbicara mengenai uang adalah salah satu topik yang paling dihindari dan tidak nyaman untuk dibahas. Di dalam buku ini, penulis Ryan Serhant mendekati topik tersebut dengan sangat percaya diri dan mudah. 

Setelah Sobat Pintar membaca buku tersebut dan menerapkan ilmu yang dibaginya, Sobat Pintar pun akan bisa. Sementara itu buku ini memandu  para pembacanya mengenai bagaimana caranya menghasilkan uang yang banyak, tidak hanya tentang jumlah di rekening bank Sobat Pintar.

Semua orang pastilah memulai semuanya dari bahwa dan kemudian akhirnya bisa naik ke atas, mulai dari pendidikan, sebuah hubungan, pekerjaan, dan bahkan pada saat menjalankan sebuah bisnis, semuanya dimulai dari bawah terlebih dahulu.

Jika Sobat Pintar tidak yakin tentang bagaimana cara melangkah ke level selanjutnya dan mencapai puncak tersebut maka Ryan membagikannya tips yang tepat dan bagaimana cara melakukannya. Buku ini cocok bagi Sobat Pintar yang bosan melihat orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan sedangkan Sobat Pintar hanya berlari tanpa tujuan. Itulah tadi buku bisnis yang sering dibaca oleh para pebisnis sukses. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Pintar.

Baca juga: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

mobile-closeKredit PintarDownload