10 Rekomendasi Buku Filsafat Yang Wajib Kamu Baca

26 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 29 Aug 2022

Sebagian besar kalian mungkin sudah pernah mendengar tentang filsafat, terutama para mahasiswa yang sedang duduk di bangku kuliah apalagi mereka yang kuliah di jurusan filsafat. Hal ini lantaran beberapa mata kuliah memiliki bidang filsafatnya, seperti filsafat bahasa, filsafat agama, filsafat ekonomi, filsafat sejarah, dan sebagainya. Untuk dapat lebih mengetahui tentang filsafat, berikut kami rekomendasi buku filsafat yang mudah dipahami.

Menurut Poerwadarminta, filsafat adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berguna untuk mencari tahu tentang asas-asas, sebab-sebab yang ada di alam semesta ini untuk mencari kebenaran dari eksistensi sesuatu. Artinya ilmu filsafat ini mengajak kita untuk berpikir kritis dan mendetail dalam mencari sebuah titik kebenaran.

Baca juga: Gaji Hakim di Indonesia, Berapa Besarannya?

Untuk mendalami ilmu filsafat sendiri, tentunya harus membaca buku-buku yang berhubungan dengan filsafat. Membaca beberapa buku terkait dengan filsafat tentu akan membuka cakrawala berpikir kita dan kita akan mendapatkan wawasan baru tentang filsafat, baik dari dasar filsafat itu sendiri ataupun dari gabungan dengan ilmu lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas.

Berikut kami sertakan paling tidak sepuluh rekomendasi buku filsafat yang dapat dijadikan pedoman mempelajari filsafat.

Filsafat Ilmu

 Welhendri Azwar dan Muliono

Manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya. Perbedaan manusia dengan makhluk yang lain terlihat jelas bahwa manusia memiliki akal yang digunakan untuk berpikir lebih kritis dan memilih mana yang baik dan benar. Aristoteles juga pernah mengatakan bahwa manusia memiliki ciri khas untuk selalu berpikir kritis dalam menghadapi berbagai hal dalam hidup.

10 Rekomendasi Buku Filsafat Yang Wajib Kamu Baca

Berpikir kritis artinya berpikir tentang kenyataan dasar dari semesta, sosial, dan hal-hal lain di sekitar kita secara kompleks agar kita tidak terbelenggu dalam kebodohan. Hal tersebut juga yang membuktikan bahwa manusia memang diciptakan  sebagai khalifah di muka bumi karena memiliki pemikiran yang kritis daripada makhluk lain. Berpikir mengapa kita ada di bumi ini juga merupakan berpikir dalam ranah filsafat.

Filsafat dapat didefinisikan sebagai refleksi yang rasional, kritis, dan radikal tentang semua hal yang terdapat di kehidupan ini. Refleksi rasional artinya adalah sebuah pemikiran ilmiah yang tidak bersandar pada rasio atau penjalaran.

Filsafat juga disebut dengan seni bertanya, yaitu mempertanyakan suatu hal tabu untuk ditanyakan, mempertanyakan mengapa suatu hal bisa ada dan mungkin akan ada. Karena hal tersebut, filsafat sering disebut sebagai berpikir secara spekulatif. Pertanyaan dari ilmu filsafat biasanya radikal atau mendalam. Kedalaman dari pertanyaan inilah yang membuat adanya perbedaan antara filsafat dan ilmu pengetahuan lain.

Jika dikaitkan dengan filsafat ilmu akan menjadi kajian yang mendalam secara filosofis dari apa yang menjadi dasar dari ilmu tersebut. Sesuatu yang hendak dikaji dinamakan dengan ontologi, sedangkan bagaimana cara memperoleh ilmu dinamakan epistemologi, dan kajian untuk apa kegunaan dari sebuah ilmu dinamakan aksiologi.

Loving The Wounded Soul

Regis Machdy

10 Rekomendasi Buku Filsafat Yang Wajib Kamu Baca

Rekomendasi buku filsafat yang kedua, adalah sebuah buku dengan judul Loving The Wounded Soul, karya dari Regis Machdy. Buku ini ditulis dan terinspirasikan dari pengalaman penulis yang mengalami Depresi. Dalam buku ini, kalian bisa memahami arti depresi dan cara mengolah pikiran agar tidak depresi, dengan sudut pandang filsafat, ilmu kesehatan mental dan psikologi.

Filosofi Teras

Buku filsafat berjudul Filosofi Teras adalah buku karya Henry Manampiring yang saat ini sudah terhitung best seller. Dengan membaca Filosofi Teras, kalian bisa belajar banyak hal untuk mengelola emosi negatif dan menjadi mental tangguh untuk menghadapi segala masalah kehidupan, dengan menggunakan jalan hidup Stoisisme yang merupakan salah satu aliran dari ilmu filsafat. 

10 Rekomendasi Buku Filsafat Yang Wajib Kamu Baca

Bahasa yang digunakan buku ini sangat mudah untuk dipahami para pembacanya, sehingga filsafat yang sering dianggap membosankan menjadi sangat menarik dan seakan mudah untuk dipraktekkan.

Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa

Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa adalah salah satu buku filsafat karya Setyo Hajar Dewantoro. Buku ini mengajarkan kita untuk hidup lebih tenteram, damai dan tetap tenang dalam menghadapi sebuah masalah. 

10 Rekomendasi Buku Filsafat Yang Wajib Kamu Baca

Persis seperti kata suwung yang artinya kosong. Ada beberapa teknik meditasi yang diajarkan dalam buku Suwung ini, seperti meditasi air suci dan penyembuhan diri. Hal itu semua demi kehidupan yang kita jalani menjadi lebih bahagia.

The Passions of The Soul (Hasrat Jiwa)

Rekomendasi buku filsafat yang kelima, yaitu buku The Passions of The Soul (Hasrat Jiwa) karya dari dari René Descartes, seorang filsuf dari Perancis dan merupakan salah satu bapak filsafat modern. Buku ini mengajarkan bagaimana cara manusia mengolah pikirannya, emosinya dan jiwanya. Hal tersebut tentunya untuk memecahkan masalah menggunakan teori filsafat, dan disertai dengan etika moral dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Biaya Kuliah UI Terbaru

Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam

Buku dengan judul Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam, adalah buku filsafat karangan dari Dr. Adian Husaini et al. Membaca buku ini, akan membuat cara pandang kalian menjadi lebih luas, guys, dan lebih memahami fakta empiris serta juga memperdalam ilmu agama Islam. Karena dalam buku ini, penulis menggabungkan perspektif Barat dengan perspektif dan ajaran agama Islam.

Politics

Rekomendasi buku filsafat selanjutnya berjudul Politics karya Aristoteles yang berisikan tentang sudut pandang terhadap arti negara dan politik. Buku ini pertama kali naik cetak tahun 1877 dan bahkan masih menjadi buku yang best seller di beberapa negara hingga saat ini. 

Isi buku ini menerangkan tentang konsep negara yang ideal, hubungan individu dengan sebuah negara, solusi tentang menjalankan negara, dan banyak lagi hal lainnya.

Introduction of Philosophy (Pengantar Filsafat)

Rekomendasi buku filsafat yang ke delapan, yaitu buku yang berjudul Introduction of Philosophy (Pengantar Filsafat) karya dari George Stuart Fullerton dan merupakan buku paling dasar untuk mempelajari ilmu filsafat. Buku ini biasanya akan dipelajari oleh mahasiswa pada awal tahun ajaran baru. 

Buku ini penting dibaca untuk memahami sudut pandang tentang ilmu filsafat dasar, bagaimana cara berpikir kritis, dan mengenal pendapat-pendapat para filsuf multi dimensi dari berbagai macam cabang dan aliran filsafat.

Dunia Sophie

Dunia Sophie sebenarnya adalah sebuah novel, namun konteks isinya berisikan tentang filsafat, hematnya kita bisa katakana, buku ini berisi tentang perjalanan untuk mencari makna dan tujuan hidup. Buku novel filsafat ini sangat cocok dibaca untuk mereka yang sedang mencari jati diri dan sedang berusaha untuk menghadapi kedewasaan. 

Karena keppopulerannya, buku Dunia Sophie ini sudah diterjemahkan kepada lebih dari 30 bahasa.

A History of Western Philosophy

A History of Western Philosophy adalah rekomendasi buku filsafat terakhir. Buku ini akan mengajarkan pembacanya untuk berpikir kritis. Buku filsafat ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1946 dan berisikan tentang sejarah filsafat kuno, Katolik dan modern. Buku ini mulai laris dan digandrungi pembaca pada akhir abad kedua puluh dikarenakan ada banyak pembahasan tentang sosial, politik, dan kemasyarakatan.

Demikian rekomendasi buku filsafat yang sepertinya sayang untuk dilewatkan agar kalian lebih memahami apa itu filsafat. Buku-buku ini cocok menjadi pintu pertama untuk masuk ke dunia filsafat yang terkesan sulit digapai. Semoga bermanfaat guys.

Baca juga: Cara Melestarikan Budaya Bangsa

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download