5 Rekomendasi Laptop 2 Jutaan Untuk Belajar Online

16 Sep 2021 by Rindang Maulidia

Selama pandemi Covid-19 melanda, tampaknya pemerintah masih akan menerapkan kebijakan agar pelajar dan pendidik bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar jarak jauh dari rumah. Tentunya orang tua pelajar perlu melakukan adaptasi untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut dengan cara menyediakan laptop sebagai sarana belajar bagi para murid. Laptop 2 jutaan bisa jadi salah satu alternatif bagi para orang tua murid untuk menyediakan sarana belajar dengan harga yang terjangkau.

Mungkin tidak semua orang tua murid memiliki banyak waktu untuk membandingkan spesifikasi laptop harga 2 jutaan yang tersedia di pasaran. Untuk itu, dalam artikel ini Kredit Pintar akan membagikan 5 rekomendasi laptop 2 jutaan sebagai laptop untuk belajar online serta apa saja yang wajib dipertimbangkan sebelum pembelian laptop.

Rekomendasi Laptop 2 Jutaan Sebagai Laptop Untuk Belajar Online

1. Laptop HP EliteBook 8440p

Laptop HP EliteBook 8440p cocok digunakan pelajar untuk mendukung kegiatan belajar online. Laptop HP EliteBook 8440p tersedia dalam 2 pilihan prosesor, yaitu Intel Core i7 (720qm/620m) dan Intel Core i5 (540M/520M).

Kedua prosesor tersebut terbilang cukup bekerja dengan optimal untuk penggunaan kegiatan belajar mengajar. 

Selain itu, fitur Turbo Boost mendukung kinerja laptop agar memiliki performa terbaik.

Laptop ini memiliki layar dengan ukuran 14 inch, sehingga nyaman digunakan untuk membuka banyak aplikasi dalam satu waktu.

Daya tahan baterai selama pemakaian tanpa listrik, diklaim mampu mencapai 6 jam.

2. Laptop Asus X200CA

Asus X200CA bisa menjadi alternatif lainnya sebagai laptop untuk mendukung kegiatan belajar jarak jauh. Asus X200CA memiliki 2 pilihan RAM yang mendukung laptop untuk bekerja optimal untuk belajar online, yaitu sebesar 2GB dan 4GB.

Laptop ini dilengkapi dengan layar ukuran 11.6 inci yang bisa mendukung kegiatan belajar dari rumah.  HD Webcam yang disematkan dalam unit laptop ini bisa mendukung kegiatan conference call menggunakan Zoom/Google Meet menjadi lebih optimal.

3. Laptop DELL Latitude 15 3510 – i3 10110U

Dell merupakan salah satu laptop yang diyakini mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu, layar yang tersedia dalam unit laptop ini terbilang cukup lebar, dengan diagonal sebesar 15 inci. 

Prosesor Intel Core i3 generasi ke-10 disematkan dalam unit ini siap mendukung penggunanya untuk menjalankan proses belajar dari rumah secara optimal.

Touchpad yang terletak di sebelah kiri pada unit ini, memang terlihat tidak umum, namun ternyata desain tersebut sangat berguna bagi pengguna untuk menyediakan ruang palm rest yang lebih luas. Daya tahan baterai laptop ini diklaim bisa bertahan hingga 7 jam untuk penggunaan ringan.

4. Laptop HP 245 G7 – AMD Ryzen 3 3300

Di jangkauan harga 2 jutaan, unit ini memiliki RAM cukup besar untuk mendukung kegiatan multitasking dalam aktivitas belajar di rumah, yaitu sebesar 4GB.

Dengan harga tersebut pengguna juga bisa leluasa menikmati tampilan layar dengan diagonal sebesar 14 inci.

Prosesor AMD Ryzen 3 3300U yang tertanam pada unit ini mampu mendukung fitur turbo boost clock dengan kecepatan 3.4GHz, sehingga tampilan tidak akan mengalami delay apabila pengguna melakukan multitasking.

Layar anti-glare dalam unit ini juga mendukung pengguna mengerjakan materi grafis tanpa terdistraksi bayangan sendiri.

5. Laptop Lenovo Ideapad 310S 11IAP 1GID

Bagi pengguna yang menginginkan laptop dengan ukuran yang lebih ringkas, akan lebih baik untuk menjatuhkan pilihannya pada unit ini sebab, laptop ini memiliki layar sebesar 11.6 inci. 

Dengan RAM sebesar 2GB dan HDD sebesar 500GB, laptop ini terbilang mampu untuk menjalankan performanya sebagai unit yang mendukung kegiatan belajar dari rumah.

Bobot yang dimiliki oleh unit ini juga sangatlah ringan yaitu hanya 1.3kg. Dengan modelnya yang ringkas dan bobotnya ringan, unit ini bisa mendukung penggunanya untuk berpindah tempat saat menggunakan laptop ini. 

Hal Yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Laptop

1. Jangka waktu dan jenis garansi

Penting bagi pengguna untuk mengetahui jenis dan jangka waktu garansi yang diberikan atas pembelian barang elektronik, dalam hal ini, pembelian laptop.

Mengapa hal tersebut penting? Karena dengan mengetahui jangka waktu garansi, pengguna bisa memperkirakan usia barang dapat bekerja dengan optimal, mengingat berbagai komponen alat elektronik memiliki usia pakai.

Sementara itu, dengan mengetahui jenis garansi, pengguna bisa mengetahui klaim apa saja yang bisa didapatkan apabila laptop yang dibeli mengalami kendala selama masa garansi masih berlaku.

Untuk itu, ketika membeli laptop, pastikan Sobat Pintar mendapatkan kartu garansi dan nota pembelian dari toko.

Setelahnya, pastikan untuk menyimpan 2 dokumen tersebut dengan baik agar bisa memanfaatkan klaim garansi apabila dibutuhkan.

2. Daya tahan baterai

Setiap laptop memiliki ketahanan baterai yang berbeda, tergantung pada penggunaannya. Meskipun laptop bisa hidup dengan sambungan listrik, namun Sobat Pintar perlu memperkirakan waktu produktivitas yang dimiliki untuk bisa bekerja dengan laptop yang tidak tersambung listrik, apabila terjadi pemadaman listrik.

Apabila sudah mendapatkan rekomendasi laptop dengan ketahanan baterai yang sesuai kebutuhanmu, pastikan Sobat Pintar juga memperhatikan metode isi ulang daya baterai yang benar, agar performa baterai bisa berjalan dengan optimal.

3. Prosesor dan RAM yang sesuai dengan kebutuhan

Selain dua hal di atas, penting bagi pengguna laptop untuk memilih laptop berdasarkan prosesor dan RAM yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Apabila Sobat Pintar membutuhkan laptop untuk keperluan produksi materi grafis, sudah selayaknya Sobat Pintar memilih laptop yang memiliki RAM yang besar dan prosesor terbaru agar bisa tetap produktif.

Namun, biasanya 2 hal tersebut menjadikan daya tahan baterai tidak terlalu panjang, jadi sesuaikan kembali pemilihan laptop dengan produktivitas yang Sobat Pintar jalankan setiap hari.

Itulah berbagai rekomendasi laptop 2 jutaan sebagai laptop untuk belajar online serta apa saja yang wajib dipertimbangkan sebelum pembelian laptop. Semoga membantu! 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload