Ini 5 Solusi Ketika Terjerat Pinjaman Online Ilegal

06 Jul 2021 by Rindang Maulidia

Ini 5 solusi ketika terjerat pinjaman online ilegal. — Dewasa ini, aplikasi penyedia pinjaman dana online makin banyak tersedia dan manfaatnya makin beragam karena menjawab kebutuhan pendanaan yang dibutuhkan masyarakat yang mengalami kesulitan untuk mengakses produk dan layanan perbankan.

Ini 5 Solusi Ketika Terjerat Pinjaman Online Ilegal, sserta berbagai hal yang harus Sobat Pintar ketahui terkait fenomena tersebut.

Dengan adanya berbagai pilihan tersebut, masyarakat memiliki keleluasaan untuk mengakses pinjaman dana hanya dari smartphone yang mereka miliki.

Selain itu, penyedia pinjaman dana online menawarkan layanannya tanpa membebankan agunan kepada para nasabahnya.

Tentu saja, hal tersebut membuat layanan pinjaman dana online jauh lebih unggul dibandingkan dengan pinjaman dari bank.

Dengan adanya kemudahan peminjaman dana, bukan serta merta masalah pendanaan masyarakat bisa terselesaikan begitu saja.

Dengan pengawasan penggunaan pinjaman dana online yang lebih longgar dibandingkan pinjaman dari perbankan, justru nasabahnya akan rentan mengalami kredit macet, atau gagal bayar pinjaman dan tertipu oleh pilihan penyedia pinjaman dana online ilegal.

Peristiwa gagal bayar pinjaman dan terjebak penyedia pinjaman dana online ilegal seringkali menjadi hal yang ditakutkan oleh nasabah.

Lantas bagaimana jika nasabah sudah terlanjur terjebak dalam fenomena gagal bayar pinjaman dana online ilegal?

Dalam artikel ini, Kredit Pintar akan menguraikan “Ini 5 Solusi Ketika Terjerat Pinjaman Online Ilegal’’serta berbagai hal yang harus Sobat Pintar ketahui terkait fenomena tersebut.

Gerakan Gagal Bayar Pinjaman 2021 Sebagai Cara Membebaskan Diri dari Pinjaman Dana Online Ilegal

Fenomena gagal bayar pinjaman 2021 membuat nasabah pinjaman dana online cukup kewalahan, pasalnya bunga dari pinjaman yang diajukan, pastinya akan terus meningkat dari waktu ke waktu, baik yang diajukan dari pinjaman dana online ilegal, maupun pinjaman dana online legal.

Menariknya, di awal tahun 2021, ada tokoh yang mencetuskan pendapat bahwa pinjaman dari penyedia pinjaman dana online ilegal tidak harus dibayar agar mereka mengalami kerugian dan bangkrut dengan sendirinya.

Hingga akhirnya, masyarakat yang mendukung aksi tersebut membuat komunitas dan memunculkan Gerakan Gagal Bayar Pinjaman 2021.

Gerakan Gagal Bayar Pinjaman 2021 adalah sebuah inisiatif yang mengajak para anggotanya untuk tidak menghiraukan tagihan pinjaman yang diberikan oleh penyedia pinjaman dana online ilegal.

Namun, apakah hal tersebut bisa dibenarkan? 🤔💭

Singkatnya, memang pendirian pinjaman dana online ilegal menyalahi adanya aturan hukum.

Namun apabila Sobat Pintar pernah terjebak mengajukan pinjaman dana dari penyedia pinjaman dana online ilegal, sebagai sebuah bentuk tanggung jawab karena Sobat Pintar telah mengajukan pinjaman tersebut.

Apabila Sobat Pintar hendak berkontribusi terhadap pemberantasan pinjaman dana online ilegal, ajukan laporan mengenai hal tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui:

Whatsapp : 081 157 157 157

Email :konsumen@ojk.go.id

Konsekuensi Gagal Bayar Pinjaman

Sobat Pintar, inilah berbagai konsekuensi apabila kalian mengalami gagal bayar.

  1. Gagal bayar pinjaman online ilegal

Pinjaman online ilegal kerap mengincar masyarakat yang memiliki keterbatasan akses produk perbankan dengan memberikan iming-iming pinjaman cepat cair tanpa aplikasi dan tanpa jaminan.

Baca selengkapnya: Ciri-ciri Penyedia Pinjaman Dana Online Ilegal 

Inilah konsekuensi apabila Sobat Pintar mengalami gagal bayar pinjaman online ilegal.

  1. Merasa stress dan aktivitas terganggu
  2. Mendapatkan penagihan dan ancaman terus menerus berupa penyebaran data secara ilegal.
  3. Bunga dan jumlah pengembalian membengkak tanpa adanya transparansi.
  4. Gagal bayar pinjaman OJK 2021

Apabila penyedia pinjaman dana online ilegal mengancam untuk menyebarkan data nasabah yang mengalami gagal bayar, maka penyedia pinjaman dana yang terdaftar di OJK tidak akan melakukan pengancaman tersebut apabila ada nasabah yang mengalami gagal bayar.

Memang, mereka tetap akan melakukan penagihan langsung terhadap nasabah, namun penagihan tersebut akan dilakukan secara prosedural tanpa adanya kekerasan.

Berikut ini adalah konsekuensi gagal bayar pinjaman OJK 2021.

  1. Memiliki riwayat kredit yang buruk dan akan kesulitan mendapatkan persetujuan pinjaman di kemudian hari.
  2. Meningkatnya bunga pinjaman, namun nasabah bisa melakukan pengecekan tentang total nominal pinjaman yang harus dilunasi.
  3. Merasa stress dan aktivitasnya terganggu.

Kredit Macet: Tips Menghindari dan Mengatasinya

Agar tidak mengalami konsekuensi yang sudah diuraikan dalam paragraf sebelumnya, alangkah lebih bijak apabila Sobat Pintar memiliki pemahaman tentang Kredit macet: tips menghindari dan mengatasinya.

  1. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan

Sesuaikan pinjaman dengan kebutuhan, bukan keinginan.

  1. Menyusun prioritas atas pengajuan pinjaman

Apabila tidak mendesak, sebaiknya gunakan tabungan daripada harus mengajukan pinjaman.

  1. Memperhitungkan kemampuan pelunasan pinjaman

Perhatikan baik-baik tenor yang tersedia dan sesuaikan dengan kemampuan Sobat Pintar untuk melakukan pelunasan pinjaman.

Inilah 5 Solusi Ketika Terjerat Pinjaman Online Ilegal

  1. Cari penghasilan tambahan untuk melunasi hutang.

Mencari penghasilan tambahan adalah salah satu cara efektif menghindar dari jeratan pinjaman ilegal.

  1. Jual barang berharga yang Sobat Pintar miliki.

Apabila Sobat Pintar memiliki barang berharga yang masih bernilai untuk dijual kembali, maka hal tersebut sangat disarankan untuk dilakukan.

Jangan tergoda untuk membelanjakan uang tersebut karena Sobat Pintar masih harus menyelesaikan tanggungan hutang dari pinjaman online ilegal.

  1. Mengatur pengingat sebelum tanggal jatuh tempo.

Cara efektif menghindar dari jeratan pinjaman ilegal berikutnya, adalah dengan memasang pengingat sebelum jatuh tempo.

Memang, hal ini tidak akan serta merta membantu Sobat Pintar melunasi pinjaman, namun cara ini bisa sedikit membantu agar Sobat Pintar memiliki manajemen waktu yang baik terutama dengan menyisihkan penghasilan untuk melunasi pinjaman.

  1. Memprioritaskan pengeluaran untuk pembayaran cicilan.

Cara efektif menghindar dari jeratan Pinjaman ilegal yang terakhir dan yang paling ampuh adalah dengan memprioritaskan pengeluaran untuk pembayaran cicilan.

Selagi memiliki tanggungan pinjaman dana, Sobat Pintar harus menunda kesenangan sementara karena prioritas pengeluaran adalah untuk melakukan pelunasan hutang.

Ajukan Pinjaman Kepada Penyedia Pinjaman Dana Online Terpercaya

Saat Sobat Pintar butuh dana cepat untuk kebutuhan mendadak, ada baiknya Sobat Pintar andalkan pilihan pinjaman online terpercaya.

Kredit Pintar adalah salah satu pinjaman online terpercaya yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Dengan mengajukan pinjaman di Kredit Pintar, Sobat Pintar tidak perlu takut dengan ancaman penyebaran data secara ilegal karena data Sobat Pintar akan diamankan dengan adanya fitur OTP yang akan Sobat Pintar dapatkan saat melakukan registrasi untuk pertama kalinya di aplikasi Kredit Pintar.

Sobat Pintar, itulah bahasan mengenai “Ini 5 Solusi Ketika Terjerat Pinjaman Online Ilegal’’.

Dengan mengikuti berbagai saran dan rekomendasi tersebut, niscaya Sobat Pintar bisa terbebas dari jeratan pinjaman dari penyedia pinjaman dana online yang tidak resmi.

Semoga membantu!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload