Download Ebook Gratis Yang Legal di 10 Situs Berikut Ini!

14 Oct 2021 by Laruan

Penggunaan kertas saat ini sudah mulai dikurangi demi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi kita. Bagaimana tidak? Menurut jurnal dari Tirto bersama Susie Soetanto, selaku Country Head PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper), 1 pohon berukuran 5 meter bisa membuat sebanyak 23 rim kertas. Memang sangat banyak, namun jika hal ini terus menerus terjadi, kita akan kehilangan sumber oksigen utama kita. Karenanya, banyak orang yang beralih menjadi paperless dan mencoba untuk men-download ebook.

Saat ini kita bisa mengakses atau mengunduh ebook secara gratis dan berbayar. Tentunya Sobat Pintar bebas memilih antara kedua pilihan sesuai dengan kemampuan kalian. Tapi, sayangnya beberapa ebook yang bisa kalian dapatkan secara gratis ternyata memiliki status illegal. Tentunya dengan mengunduh ebook ilegal ini akan merugikan penerbit dan juga penulis buku tersebut.

Untuk mendukung penerbit dan penulis buku, kali ini Kredit Pintar akan memberikan 10 rekomendasi situs yang menyediakan ebook secara gratis dan legal.

10 Rekomendasi Situs Download Ebook Gratis

Sumber: Pixabay / Alt Text: Download Ebook Gratis

  1. Open Library

Jika Sobat Pintar hobi membaca buku, kalian pasti sudah tidak asing dengan nama website yang satu ini. Open Library merupakan perpustakaan online yang memiliki sebanyak 20 juta koleksi ebook yang bisa kita akses secara gratis. Bahkan, kalian juga bisa menambahkan atau mengunggah ebook melalui situs tersebut.

Kalian bisa mencari ebook atau buku yang kalian suka dengan mudah, karena Open Library sudah mengelompokkan buku-buku berdasarkan genrenya. Kalian bisa mengunduh buku novel, fantasi, biografi, sejarah, masakan, dan masih banyak lainnya.

  1. Many Books

Selain Library Books, kalian juga bisa mengunduh dan membaca ebook di ManyBooks. Website ini pertama kali muncul pada tahun 2005, dan hingga saat ini sudah memiliki atau menampung sekitar 15.000 buku yang diantaranya merupakan buku-buku dari penerbit indie dan penerbit mayor.

Tentunya, ManyBooks juga menawarkan genre buku yang beragam. Sobat Pintar akan menemukan genre buku seperti horor, romance, biografi, sejarah, dan masih banyak lainnya. Tentunya, buku-buku ini bisa kalian unduh secara gratis atau bisa langsung kalian baca tanpa perlu mengunduhnya.

  1. Gutenberg

Project Gutenberg masuk dalam list penyedia download ebook gratis terlengkap. Bahkan, Gutenberg memiliki lebih dari 60.000 judul buku yang dapat kita akses secara online

Menariknya, Project Gutenberg memiliki koleksi buku-buku literatur klasik. Selain itu, mereka juga memiliki buku-buku yang hak ciptanya telah mencapai masa kadaluarsa atau expired, sehingga kita bisa mengakses buku tersebut secara gratis.

Tentunya buku klasik ini menjadi keunikan tersendiri dari Project Gutenberg karena ketersediaan buku klasik secara fisik atau cetak sudah tidak ada atau terbatas.

  1. eBookDirectory

Selanjutnya ada eBookDirectory merupakan situs download ebook gratis andalan nerd. Buku-buku yang ada di dalam eBookDirectory mencapai 20.000 koleksi yang terdiri dari buku-buku expired. Genre buku yang tersedia disini cukup lengkap, seperti buku marketing, masak, self development, sejarah, dan masih banyak lainnya.

  1. GetFreeeBooks

Buat Sobat Pintar yang ingin memiliki ebook secara gratis dan legal secara bebas, kalian bisa coba menjelajahi koleksi ebook yang ada dalam laman Get Free eBooks. Kalian tidak hanya bisa membaca buku secara gratis, kalian juga dapat mengunduh buku-buku mereka secara legal yang bisa kalian baca dengan Kindle kalian.

Get Free eBooks mengelompokkan koleksi bukunya berdasarkan tema. Misal, jika Sobat Pintar ingin mencari buku mengenai kanker ovarium, di Get Free eBooks kalian akan menemukan sebanyak 27 judul buku dengan tema kanker ovarium.

  1. Centslessbooks

Centlessbooks juga menyediakan beragam ebook yang bisa Sobat Pintar akses secara gratis melalui gadget Kindle kesayangan kalian. Mulai dari buku populer hingga buku klasik bisa kalian temukan di website ini.

Genre buku yang dimiliki pun terbilang cukup banyak, terdiri dari buku fantasi, self development, hukum, medis, travel, parenting, sejarah, dan bahkan kalian bisa menemukan buku anak-anak.

  1. Bookyards

Selanjutnya, Sobat Pintar juga bisa menikmati ebooks secara gratis melalui Bookyards yang memiliki sebanyak 6.709 buku. Saat ini, Bookyards memiliki sekitar 23.959 judul buku yang berasal dari ratusan penerbit yang berbeda.

Bahkan, kalian bisa melacak buku-buku dari penulis favorit kalian dengan menggunakan sistem pencarian mereka. Untuk mengunduh ebook disini terbilang sangat mudah. Hanya dengan meng-klik satu tombol “download,” Sobat Pintar bisa membaca buku tersebut dalam format PDF yang bisa kalian masukkan ke dalam Kindle kalian.

  1. eBook Lobby

Kemudian ada eBook Lobby yang memiliki tampilan website sederhana dan mudah diakses. Pada halaman depannya, Sobat Pintar dapat melihat kategori buku-buku yang mereka miliki, seperti fotografi, biografi, investasi, komputer, bisnis, kesehatan, hukum, dan masih banyak genre buku lainnya.

Selain itu, kalian akan diberikan rekomendasi 10 buku unduhan teratas setiap harinya. Buku-buku rekomendasi tersebut merupakan jumlah view atau unduhan dari setiap pengunjung. 

  1. Oapen

Selanjutnya ada Oapen yang merupakan perpustakaan buku untuk jenis akademik. Tentunya, situs ini sangat membantu Sobat Pintar yang sedang menjalani thesis akhir karena sebagian besar buku-buku yang mereka miliki memang untuk akademik.

Oapen memiliki kantor fisik yang berada di National Library di The Hague, Belanda. Pada awal berdirinya, Oapen (Open Access Publishing in European Networks) merupakan sebuah proyek yang didanai oleh EU yang bertujuan untuk mempublikasi buku-buku akademik, seperti bidang sosial. Hal ini sengaja mereka lakukan untuk menarik banyak orang untuk membaca buku.

  1. Books

Situs download ebook terakhir yang wajib Sobat Pintar ketahui adalah BookSC yang memiliki sebanyak 4,9 juta buku dan lebih dari 77 juta artikel akademik yang bisa kalian unduh secara gratis. Melihat dari jumlah buku dan artikel yang mereka miliki, bisa kita pastikan bahwa koleksi mereka terbilang cukup lengkap. Sobat Pintar dapat mengunduh buku-buku tersebut dalam format PDF yang bisa kalian kirim melalui email.

Sistem pencarian buku yang mereka berikan memudahkan Sobat Pintar untuk mencari buku atau memfilter buku. Seperti dari tahun, negara, dan bahasa. Sobat Pintar juga bisa menulis kata kunci atau judul buku, penulis, atau ISBN untuk mencari buku yang ingin kalian baca.

Kesimpulan

Yuk mulai dari sekarang memulai hobi baru membaca buku. Membaca buku ini tidak hanya membuat Sobat Pintar menjadi lebih banyak tahu saja, dengan rajin membaca buku, Sobat Pintar juga mengasah literasi dan tutur kata bahasa menjadi lebih baik lagi.Dengan pilihan 10 situs download ebook gratis yang sudah kami jabarkan, Sobat Pintar bisa memulai kebiasaan baik ini kapan saja. Apalagi dengan hanya mengunduh PDF atau ePub saja kalian bisa membaca buku atau ebook melalui smartphone atau kindle yang kalian miliki.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload