5 Rekomendasi Buku Non Fiksi yang Gampang Dipahami

07 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Kredit Pintar – Meski minat baca di Indonesia terbilang cukup rendah, namun tak sedikit pula banyak yang gemar membaca buku baik fiksi maupun non fiksi. Pada kesempatan kali ini, Kredit Pintar akan membagikan rekomendasi buku non fiksi tentang pengembangann diri.

Buku non fiksi sendiri memang terkadang kalah menarik dari buku fiksi, sebab buku tersebut biasanya berisi pengetahuan. Lain dengan buku fiksi yang mengutamakan hiburan untuk pembacanya.

Namun, membaca buku non fiksi tak kalah penting utamanya tentang pengembangann diri. Banyak tokoh-tokoh besar yang mengaku banyak sekali membaca buku tentang pengembangann diri sehingga dapat mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, Kredit Pintar mencoba merangkum rekomendasi buku non fiksi yang bisa Sobat Pintar jadikan referensi untuk mengembangkan diri.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Tentang Bisnis, Cocok Banget Untuk Dibaca Pebisnis Pemula

Apa Itu Buku Non Fiksi 

Menurut Sobat Pintars Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, buku non fiksi adalah buku yang tidak berdasarkan khayalan namun memuat tentang fakta dan kenyataan.

Karena berdasarkan fakta dan kenyataan, penulis buku non fiksi memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk memastikan kebenaran dari isi buku tersebut.

Penulis juga wajib mencantumkan sumber yang jelas dan terpercaya sehingga buku tersebut dapat dipastikan kebenarannya.

Buku non fiksi tak hanya melulu berisi pengetahuan saja. Beberapa penulis yang cerdas memoles isi tulisan untuk dibuat lebih menarik dan menghibur agar pembaca tidak bosan.

Baca Juga: Manfaat Baca Buku Sebelum Tidur, untuk Kesehatan Otak

Rekomendasi Buku Non Fiksi yang Bisa Sobat Pintar Gunakan untuk Pengembangann Diri

Setelah mengetahui apa itu buku non fiksi, berikut Kredit Pintar bagikan rekomendasi buku tentang pengembangan diri agar Sobat Pintar menjadi lebih baik:

1. Filosofi Teras

Buku karya dari Henry Manampiring ini pernah masuk dalam deretan best seller karena keunikannya. Filosofi Teras merangkum filosofi-filosofi dari era romawi kuno yang digaungkan oleh filsafat Yunani kala itu.

Namun, untuk memudahkan pembaca, pokok pembahasannya telah diubah dan diaplikasikan dalam kehidupan modern yang relate dengan kehidupan anak muda.

Buku ini berguna untuk Sobat Pintar sebab banyak membantu dalam mengontrol emosi tetap terjaga dan sehat serta memecahkan permasalahan sehari-hari.

2. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Buku ini merupakan salah satu buku terlaris di Gramedia. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat berisi tentang cara menentukan sikap dan prioritas dalam kehidupanmu sehari-hari.

Buku karya Mark Manson ini, memiliki pendekatan unik yang bisa membantu Sobat Pintar untuk melihat sudut pandang lain dari permasalahan sehari-hari.

Selain itu, buku ini bisa membuat Sobat Pintar memahami cara hidup yang lebih produktif serta sehat secara mental.

3. Ikigai

Buku Ikigai pernah masuk dalam international best seller. Jadi buku ini tidak diragukan lagi kehebatannya.

Buku ini membantu Sobat Pintar untuk menemukan ikigai mereka sendiri, dengan amalan-amalan atau kebiasaan-kebiasaan positif khas masyarakat Jepang. Arti kata Ikigai sendiri yaitu istilah Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan.

Buku karya dari Ken Mogi, Ph.D. tersebut membeberkan rahasia hidup lebih dari seratus tahun ala Jepang, sampai cara mengatur pikiran agar senantiasa tenang, tidak terjebak stres berkepanjangan, tidak hidup dalam kekhawatiran, membangun kebiasaan baik, serta menjalin persahabatan setiap hari.

Baca Juga: Saatnya Download e-Book Legal dari Situs Resmi Ini

4. Lagi Probation: Menikmati Perjalanan Mencari Kerja

Buku ini cocok untuk Sobat Pintar jika sedang ingin mendapatkan pekerjaan impian. Lagi Probatian merupakan buku yang bisa memandu Sobat Pintar untuk mendapatkan pekerjaan seperti menulis CV dengan baik dan benar, tips interview sampai cara negosiasi gaji.

Untuk membuat pembaca lebih nyaman, informasi yang ada disampaikan melalui ilustrasi yang menarik. Buku karya Samuel Ray ini sesuai dengan budaya lingkungan kerja di Indonesia.

5. Loving The Wounded Soul

Buku yang ditulis dosen psikologi di Universitas Surabaya, Regis Machdy, ini mengangkat isu kesehatan mental. Uniknya, buku ini juga mengambil referensi dari pengalaman sang penulis yang pernah mengalami depresi mayor.

Ia membagikan pengalamannya tentang kekhawatirannya serta perjuangannya untuk bangkit dari genggaman depresi yang menjerat hidupnya.

Buku ini membuka membuka wawasan tentang kesehatan mental seperti HSP atau Highly Sensitive Person dan lain-lain.

Itulah beberapa rekomendasi buku yang bisa Sobat Pintar jadikan referensi untuk mengembangkan diri.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download