Manfaat Membaca Sebelum Tidur Untuk Kinerja Otak

30 Jul 2021 by Laruan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sussex University bahwa membaca buku sebelum tidur dapat membantu menyembuhkan insomnia, dan minimal 6 menit membaca bisa menurunkan stress 68%. Banyak lagi penelitian yang sangat dianjurkan sebelum tidur untuk menjauhkan gadget dan meluangkan waktu membaca buku karena manfaat membaca sebelum tidur sangat besar diantaranya adalah:

Manfaat Membaca Sebelum Tidur Untuk Kinerja Otak
  1. Mempercepat proses tidur

Bagi sebagian besar orang setelah seharian beraktivitas saat sampai rumah sering mengalami sulit tidur, selain karena masih memikirkan pekerjaan atau sibuk dengan semua permasalahan yang ada. Kebanyakan hal ini terjadi pada pria yang mengalami sulit untuk tidur, maka disarankan untuk membaca buku dan menjauhkan gadget. Hanya butuh waktu beberapa menit saja biasanya saat membaca akan merasakan kantuk. 

  1. Mengurangi Stress 

Membaca buku memberikan manfaat dapat menurunkan stress dan ketegangan saat tidur apabila buku yang dipilih adalah buku – buku romantis, buku biografi penyemangat, buku motivasi atau buku yang meningkatkan kompetensi diri. Tata bahasa dan spirit dalam buku tersebut bisa memberikan efek semangat kepada pembacanya. Pada saat tidur sebaiknya jangan membawa buku – buku politik yang berat, bisnis, perselingkuhan, pertikaian karena ini akan memicu emosi dalam diri dan menambah semakin Stress. 

Membaca buku dengan membaca melalui gadget sangat berbeda manfaatnya, kalau membaca buku memberikan manfaat akan terhindar dari radiasi dan kelelahan mata yang dapat menurunkan stress. Sedangkan kalau membaca tulisan pada gadget apalagi artikel yang bersifat politik, gosip dan lain – lain akan memicu stress lebih tinggi apalagi membaca komen – komen netizen. Bacaan yang baik untuk menurunkan stress adalah bacaan spiritual dan rohani.

  1. Mempertajam Daya Ingat

Melansir The Best Brain Possible, kebiasaan membaca buku bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Ketika sedang membaca, otak menguraikan kata-kata yang di baca yang merangsang kerja otak semakin baik. Dengan membaca, neurobiologis memproses gambar maupun ucapan yang muncul ketika membaca akan merangsang otak untuk bekerja dan membentuk ikatan – ikatan informasi baru yang itu akan meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak dalam menyimpan informasi.

  1. Bermanfaat Untuk Melatih kerja Otak Untuk Hal Positif

Pada malam hari kemampuan otak bekerja dengan maksimal, kita dapat membuktikan saat malam biasanya ide mudah sekali mengalir dan hal – hal tak terduga bisa muncul saat malam hari sebelum tidur karena malam hari kita dalam kondisi yang lebih rileks dibandingkan saat bekerja, dan ide-ide tersebut bisa menjadi hal positif yang mendukung kehidupan kita. Manfaat positif membaca buku malam hari membuat otak semakin terbiasa untuk memikirkan hal positif sehingga bisa mengatasi Stress juga.

Salah satu manfaat membaca buku sebelum tidur adalah untuk untuk mencegah terjadinya kerusakan pada syaraf yang menyebabkan lupa atau pikun dan yang sekarang banyak terjadi adalah penyakit Alzheimer, pastinya kita tidak mau menderita penyakit ini ini atau pikun lebih awal karena pasti akan tidak mengenakkan bila kita sering lupa, atau tdak bisa mengingat hal yang terjadi sebelumnya. Manfaat membaca sebelum tidur bisa dirasakan dengan membiasakan membaca selama 15 – 30 menit untuk membantu untuk menjaga dan memelihara kerja syaraf – syaraf otak

  1. Meningkatkan Spiritual

Manfaat membaca sebelum tidur dengan media buku rohani dan buku keagamaan yang berisi muatan spiritual pada malam hari sebelum tidur akan meningkatkan spiritual dan kedekatan kita dengan Tuhan sang pencipta. Hari – hari yang tidak menyenangkan pada hari tersebut akan mudah di ikhlaskan sehingga kita bisa tidur dengan tenang dan akan dijauhkan dari kegelisahan dan mimpi buruk. Banyak hikmah yang bisa didapatkan dengan membaca buku rohani sebelum tidur.

Demikian manfaat membaca sebelum tidur yang dianjurkan oleh para ahli, dan sebaiknya yang dibaca adalah buku yang tidak ada radiasi, dengan tulisan dan tata bahasa yang baik serta bermanfaat. Dan hindari buku – buku yang memicu stress dan emosi yang semakin bertambah berat.

Sobat Pintar bisa menggunakan Kredit Pintar yang menyediakan pembiayaan multiguna yang mudah dan cepat cair untuk membantu mendapatkan buku – buku terbaik yang bisa dijadikan bacaan yang berkualitas, atau untuk mendapatkan musik audio yang memberikan suasana rileks bagi tubuh sehingga hidup makin berkualitas.

Stress terjadi dikarenakan faktor dari luar, banyaknya masalah keuangan, masalah keluarga yang perlu diselesaikan satu persatu, untuk menghilangkannya harus ada keinginan yang besar dari dalam diri untuk membiasakan diri membaca buku sebelum tidur.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload