Hot search: kesehatan otak

KreditPintarGaya Hidup
Apa Itu Sleep Paralysis, Penyebab, dan Solusinya

Masih banyak orang yang belum memahami apa itu sleep paralysis padahal sering mengalaminya. Sleep paralysis juga dikenal dengan nama lain yaitu kelumpuhan yang terjadi ketika seseorang sedang tidur. Seseorang yang mengalaminya biasanya sedang sadar.

READ MOREright-icon
Berapa Besar Biaya CT Scan? Simak di Sini

CT Scan menjadi salah satu metode medis untuk mengetahui penyakit dalam tubuh. Metode CT Scan secara langsung dapat membantu dokter dalam melakukan diagnosis terhadap pasiennya. Di Indonesia sendiri, biaya CT Scan antar rumah sakit cenderung bervariatif.

READ MOREright-icon
KreditPintarGaya Hidup
Cara Membuat Origami Mudah untuk Merangsang Kreativitas

Origami adalah kegiatan murah sekaligus menyenangkan. Tak hanya itu, origami juga edukatif untuk anak-anak. Banyak buku dan tutorial tentang cara membuat origami mudah, yang bisa ditiru dan diajarkan di sekolah.

READ MOREright-icon
KreditPintarGaya Hidup
Cara Mudah Bermain Sudoku untuk Pemula

Sudoku adalah permainan jaman dulu yang digemari semua kalangan, dari orangtua maupun anak muda untuk mengisi waktu dan mengasah otak. Permainan sudoku ringan dimainkan dan seru permainannya. Sudoku pertama kali diciptakan di tahun 1783 oleh Leonhard Euler, seorang matematikawan asal Swiss dan  Howard Garns seorang arsitek yang mengembangkan sudoku modern sebagai teka-teki angka dan yang memberikan nama sudoku terbit pertama kali pada majalah Dell Pencil Puzzles and Word Games pada bulan Mei 1979. Di Jepang Sodoku di kembangkan oleh perusahaan teka-teki Jepang Nikoli dengan nama Sudoku yang berarti bilangan tunggal. 

READ MOREright-icon
KreditPintarGaya Hidup
Mari Melatih Otak: Cara Main Sudoku bagi Pemula

Sudoku adalah salah satu jenis permainan sederhana, yang dapat melatih otak secara bersamaan. Walaupun terlihat sederhana, permainan ini membutuhkan ketelitian agar dapat dipecahkan. Info menarik, penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan anak yang terbiasa bermain sudoku memiliki kemampuan matematis yang lebih tinggi daripada anak-anak seusianya. Tidak ada kata terlambat, walaupun anda sudah tidak anak-anak, mari belajar bersama cara main sudoku bagi pemula. 

READ MOREright-icon
KreditPintarLainnya
Brain Fog: Kenali 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi kondisi brain fog ini? Simak penjelasan selengkapnya disini! Pernahkah Sobat Pintar mengalami situasi di mana Sobat Pintar tidak bisa mengingat sesuatu dengan jelas?

READ MOREright-icon
KreditPintarGaya Hidup
Kenali Pola Pikir Out of The Box dan 6 Cara Melatihnya

Apakah Sobat Pintar familiar dengan pola pikir out of the box? Biasanya, pola pikir ini tidak hanya dituntut untuk orang-orang yang bekerja di dunia kreatif saja, tetapi juga untuk semua kalangan. 

READ MOREright-icon
KreditPintarLainnya
Sudah Tahu? Ternyata Ini 9 Cara Meningkatkan IQ!

Dahulu, IQ disebut sebagai salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kepintaran dari seseorang. Bahkan, dari kita masih kecil, kita selalu mengikuti tes IQ untuk menentukan pilihan sekolah yang tepat dan bakat untuk kita. Meskipun banyak juga yang memiliki IQ yang kecil, faktanya ternyata ada cara meningkatkan IQ, Sobat Pintar!

READ MOREright-icon
KreditPintarLainnya
Sering Lupa? Kenali 5 Penyebab Daya Ingat Menurun!

Tak bisa dipungkiri bahwa sejak awal tahun 2020, pandemi menjadi salah satu penyebab daya ingat menurun terbesar yang dampaknya dirasakan oleh banyak orang. Apa yang dilakukan sehari-hari sangatlah berpengaruh pada perkembangan otak. Termasuk dalam fungsi memori yang merupakan aspek terpenting dalam kehidupan. Penelitian dari University of California Irvine menemukan bahwa seseorang dengan daya ingat yang tinggi pun dapat mengalaminya. Terdapat beberapa cara meningkatkan daya ingat yang sebenarnya tidak sulit dilakukan namun perlu kedisiplinan. 

READ MOREright-icon
KreditPintarLainnya
Manfaat Membaca Sebelum Tidur Untuk Kinerja Otak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sussex University bahwa membaca buku sebelum tidur dapat membantu menyembuhkan insomnia, dan minimal 6 menit membaca bisa menurunkan stress 68%. Banyak lagi penelitian yang sangat dianjurkan sebelum tidur untuk menjauhkan gadget dan meluangkan waktu membaca buku karena manfaat membaca sebelum tidur sangat besar diantaranya adalah:

READ MOREright-icon
Pinjam kilat 20 juta!Download