Berapa Besar Biaya CT Scan? Simak di Sini

24 Jan 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

CT Scan menjadi salah satu metode medis untuk mengetahui penyakit dalam tubuh. Metode CT Scan secara langsung dapat membantu dokter dalam melakukan diagnosis terhadap pasiennya. Di Indonesia sendiri, biaya CT Scan antar rumah sakit cenderung bervariatif.

Berapa Besar Biaya CT Scan? Simak di Sini

Baca juga: 5+ Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Dibandingkan dengan metode rontgen yang sudah ada terlebih dahulu, CT Scan dapat memeriksa tubuh jauh lebih akurat. Metode CT Scan dapat menunjukan beberapa bagian tubuh secara detail, seperti jaringan lunak, pembuluh darah, dan komposisi tulang.

Sejatinya metode pemeriksaan menggunakan CT Scan memiliki banyak kegunaan namun biasanya, CT Scan digunakan untuk memeriksa pasien dengan cedera internal. 

CT Scan membantu dokter dalam memvisualisasikan hampir semua bagian tubuh. Dimana hal tersebut diperlukan dokter untuk mengetahui kondisi tubuh pasien. Sehingga dokter dapat merencanakan perawatan medis, bedah, atau radiasi dengan tepat. 

Dalam prosesnya, CT Scan memerlukan alat dengan teknologi canggih. Oleh karena itu, biasanya CT Scan hanya tersedia di rumah sakit besar. 

Berapakah besaran biaya dan prosedur CT Scan?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai biaya CT Scan, ketahui apa itu CT Scan.

Pengertian CT Scan

Computed Tomography Scan atau CT Scan adalah prosedur pencitraan medis menggunakan sinar-X dan komputer guna menghasilkan gambar yang detail. Pemeriksaan CT Scan dilakukan dari berbagai sudut tubuh. Hal ini berfungsi untuk melihat bagian paling rinci, tanpa perlu melakukan pembedahan.

Sementara itu, alat yang digunakan dalam pemeriksaan CT Scan berbentuk tabung. Selama proses pemeriksaan, pasien diharuskan berbaring di meja periksa yang nantinya dimasukan dalam tabung.

Selain menghasilkan pemeriksaan detail, prosedur CT Scan juga memiliki resiko yang rendah. Walaupun menggunakan sinar-X, kadar radiasi yang rendah cenderung tidak menimbulkan bahaya pada pasien.

Reaksi alergi pasien pasca CT Scan selama ini cenderung jarang terjadi. Namun ada beberapa pasien yang mengalami gejala alergi akibat cairan kontras yang dimasukan dalam tubuh sebelum CT Scan. Reaksi alergi biasanya berupa rasa gatal ataupun ruam pada bagian kulit.

Baca juga: Hanya untuk Tracing, Rapid Test Gratis Bukan Sebagai Syarat Perjalanan

Berapa Besar Biaya CT Scan? Simak di Sini

Manfaat CT Scan

CT Scan memiliki manfaat untuk mengetahui detail bagian tubuh pasien, terutama pada bagian yang bermasalah. Lebih rinci lagi, terdapat beberapa manfaat CT Scan yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Mengetahui diagnosis kelainan otot, tulang, dan sendi.
  2. Mengetahui lokasi infeksi serta pembekuan darah.
  3. Mendeteksi lokasi dan ukuran tumor.
  4. Memantau perkembangan penyakit tertentu, seperti penyakit kanker.
  5. Memandu prosedur medis, seperti operasi.
  6. Untuk mengetahui lokasi cedera dan pendarahan internal.

Prosedur Pelaksanaan CT Scan

Sebelum memasuki ruang CT Scan, dokter akan menyuruh pasien untuk melepaskan pakaian dan aksesoris berbahan metal. Aksesoris seperti kacamata, jam tangan, perhiasan, ataupun penambal gigi dapat mengganggu proses CT Scan. 

Kemudian sebagai gantinya, pasien akan diberi baju rumah sakit. Ketika proses CT Scan akan dimulai, petugas akan memandu pasien untuk berbaring di meja pemeriksaan. 

Nantinya meja tersebut akan membawa pasien ke dalam mesin CT Scan yang seperti terowongan. Selama proses berlangsung, pasien mendapatkan bantal dan tali pengikat untuk memastikan posisinya tepat. 

Sementara itu, bagi pasien CT Scan kepala, mereka akan dipasangi cekungan khusus untuk menahan kepala. Saat pasien masuk ke dalam mesin CT Scan, detektor dan tabung X-ray akan memutari tubuh pasien. Pada tiap putaran akan menghasilkan gambar bagian dari tubuh.

Proses pemeriksaan CT Scan biasanya membutuhkan waktu sekitar 20-60 menit. Selama proses berlangsung, pasien akan ditinggal sendirian dalam mesin CT Scan. 

Akan tetapi, pasien masih dapat berkomunikasi dengan mengandalkan intercom.

Berapa Besar Biaya CT Scan? Simak di Sini

Selama proses berlangsung, biasanya mesin akan mengeluarkan suara berdengung ataupun ketukan. 

Lalu, setelah pemeriksaan selesai hasil gambar CT Scan akan masuk ke bagian radiologi untuk disatukan. Setelah itu, hasil baru akan dikirim ke dokter yang menangani pasien.

Besaran Biaya CT Scan

Biaya CT Scan pada setiap rumah sakit memang cenderung bervariatif. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku pada rumah sakit milik pemerintah atau negeri. Sebab, sebenarnya pemerintah telah menetapkan biaya CT Scan melalui Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 178/PMK.05/2020.

Aturan tersebut berlaku bagi rumah sakit negeri. Berikut ini biaya CT Scan dai pemerintah:

  1. CT Scan Non-Kontras: Rp 1. 300. 000 hingga Rp 2. 200. 000 per tindakan.
  2. CT Scan Kontras: Rp 1. 350. 000 hingga 3. 850. 000 per tindakan.
  3. CT Scan Angiography (dengan zat kontras): Rp 2. 750. 000 hingga Rp 8. 250. 000 per tindakan.
  4. CT Scan 3D: Rp 1. 100. 000 hingga 1. 750. 000 per tindakan.
  5. CT Scan Guided Biopsy: Rp 1. 350. 000 hingga 1. 450. 000 per tindakan.
  6. CT Scan Cardiac: Rp 1. 350. 000 hingga Rp 3. 500.000 per tindakan.
  7. CT Scan Lain-lain: Rp. 1. 350. 000 hingga Rp 3. 300. 000 per tindakan.

Itulah beberapa informasi prosedur pemeriksaan CT Scan. Mulai dari manfaat dan prosedur yang sebaiknya  diketahui sebelum melakukan CT Scan. Terlebih lagi masalah biaya yang wajib dipersiapkan terlebih dahulu.

Baca juga: 3 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download