5+ Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dijamin Ampuh

5+ Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dijamin Ampuh

21 May 2021 by kreditpintar
cara menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan kandungan lemak yang sebenarnya sangat berguna bagi tubuh manusia. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi dan menumpuk, tentu akan berbahaya bagi tubuh karena bisa menimbulkan penyakit. Walau begitu, saat ini sudah banyak cara menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan secara alami dan terbukti ampuh hampir 100 persen. 

Kunci utama untuk mengurangi kadar kolesterol adalah dengan melakukan pola hidup sehat secara teratur. Jadi, tak hanya makanan yang perlu Sobat Pintar jaga, namun gaya hidup yang dijalani pun harus benar-benar baik 

Apabila kolesterol dalam tubuh dibiarkan menumpuk, Sobat Pintar akan mudah terkena penyakit berbahaya disebabkan oleh kolesterol jahat berada dalam tubuh semakin meningkat. Penumpukkan inilah yang membuat tubuh dengan terkena penyakit berbahaya, seperti stroke, penyakit jantung, serta penyakit lainnya. 

Jika Sobat Pintar teridentifikasi mengalami penumpukkan atau peningkatan kadar kolesterol, maka bisa melakukan beberapa tips menekan kadar kolesterol berikut ini.

Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami Hanya Dalam Beberapa Hari

1. Konsumsi Makanan Kaya Akan Serat

Selain membantu mengatasi masalah pencernaan, makanan yang mengandung serat tinggi ternyata ampuh dalam melawan kolesterol jahat di dalam tubuh. Bukan hanya kolesterol saja, makanan kaya akan serat bisa menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya lainnya. 

Perlu Sobat Pintar ketahui, serat merupakan suatu zat gizi yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Tetapi, makanan berserat bisa membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar dan sehat. Dengan konsumsi serat yang cukup, maka feses yang dihasilkan dari organ pencernaan bisa lebih lunak dan banyak. Sobat Pintar pun tidak akan terserang penyakit pencernaan, sudah BAB, dan sejenisnya. 

Cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi bisa dilakukan dengan memilih buah serta sayuran yang kaya akan serat. Beberapa buah-buahan serta sayuran yang mengandung makanan serat sebagai pencegah kolesterol diantaranya, buah pir, stroberi, alpukat, pisang, wortel, brokoli, dan masih banyak lagi. 

2. Batasi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Membatasi asupan makanan yang mengandung kadar gula tinggi bisa menjadi suatu cara untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebab, makanan dengan kandungan gula tinggi bukan hanya berpengaruh pada penyakit kolesterol, tetapi bisa menyebabkan penyakit diabetes pula. 

Jika kadar asupan gula yang masuk ke dalam tubuh semakin tinggi, maka tingkat produksi kolesterol pun akan semakin tinggi, hingga menimbulkan kolesterol jahat menyebar di dalam tubuh. 

Sobat Pintar bisa menekan kadar kolesterol dengan membatasi konsumsi kadar gula berlebihan. Bahkan, alangkah baiknya apabila Sobat Pintar konsumsi makanan yang mengandung gula rendah agar terhindar dari penumpukkan kolesterol semakin tinggi lagi. 

Beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari untuk mencegah penyakit kolesterol adalah makanan karbohidrat, serta minuman yang manis. 

3. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Magnesium Tinggi Secara Teratur

Untuk bisa mencegah kolesterol jahat semakin menumpuk di dalam tubuh, Sobat Pintar bisa mulai konsumsi makanan dengan kandungan magnesium tinggi saat ini juga. Hal ini dilakukan karena magnesium memiliki keunggulan untuk bisa mencegah penyumbatan yang terjadi di dalam aliran darah. 

Aliran darah yang tersumbat memang memiliki hubungan erat dengan sumber penumpukkan kolesterol jahat. Jika tidak dicegah, penyumbatan itu akan semakin banyak, hingga kolesterol jahat semakin liar menjalankan aksinya dengan mendatangkan beberapa penyakit baru berbahaya bagi tubuh. 

Untuk rekomendasi makanan yang memiliki kandungan magnesium tinggi sendiri, yaitu buah-buahan, gandum utuh, sayuran hijau, ikan, serta kacang-kacangan. Sobat Pintar bisa menyajikan menu makanan penurun kolesterol itu dalam menu harian setiap hari. 

Dengan begitu, bukan hanya penyakit kolesterol Sobat Pintar yang menurun, tetapi Sobat Pintar sudah mampu menjaga kesehatan keluarga agar terhindar dari penyakit kolesterol serta penyakit bahaya lainnya. 

4. Jauhi Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Cara menurunkan kolesterol bisa Sobat Pintar lakukan dengan menjauhi makanan yang mengandung lemak trans. Perlu Sobat Pintar ketahui, lemak trans merupakan sumber utama munculnya kolesterol jahat di dalam tubuh. Biasanya, lemak ini akan Sobat Pintar temui dalam makanan yang diolah secara digoreng dengan minyak. 

Meskipun ada beberapa makanan yang mengandung lemak trans secara alami seperti, susu, daging sapi, serta keju, namun jumlah yang dimilikinya terbilang kecil, sehingga masih berada dalam batas aman. 

Selama proses pengolahan, lemak trans akan semakin meningkat dan membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu makanan yang mengandung lemak trans tinggi adalah makanan cepat saji. 

Sehingga, apabila Sobat Pintar ingin menurunkan penyakit kolesterol, maka hindari makanan cepat saji dan mulailah konsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan gizi seimbang. 

5. Lakukan Olahraga dengan Teratur

Selain mulai menerapkan pola makan sehat, Sobat Pintar juga perlu melakukan gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin berolahraga secara teratur. Olahraga mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami, tanpa biaya mahal. 

Olahraga yang dilakukan pun bermacam-macam tergantung keinginan Sobat Pintar. Jika tidak memiliki banyak waktu, lakukan saja olahraga jalan kaki atau bersepeda selama 30 menit dalam sehari untuk membunuh kolesterol jahat. 

Dengan melakukan olahraga secara teratur, maka aliran darah akan menjadi lebih lancar, sehingga membuat kolesterol tidak menumpuk, sekaligus mematikan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. 

6. Jangan Stress Berlebihan

Penyakit kolesterol biasanya muncul saat Sobat Pintar mengalami stress berlebihan. Stress mampu memicu respons hormon adrenalin, sehingga meningkatkan kadar trigliserida yang membuat kolesterol jahat semakin meningkat. 

Oleh karena itu, jangan sampai Sobat Pintar mengalami stress berlebihan karena akan berdampak buruk bagi kolesterol di dalam tubuh. Bukannya semakin berkurang, kolesterol jahat akan semakin bertambah dikala Sobat Pintar merasakan stress setiap hari. 

Cobalah untuk mengelola stress dengan berbagai kegiatan, seperti meditasi, latihan fisik, yoga, dan menjaga hubungan baik dengan semua orang. Jangan pula terlalu memikirkan pekerjaan atau tugas sekolah agar kadar kolesterol tidak semakin meningkat. 

7. Tidur dengan Cukup

Banyak studi yang membuktikan bahwa, kurang tidur atau terlalu banyak begadang bisa membuat kadar kolesterol jahat semakin meningkat dalam aliran darah. 

Ketika Sobat Pintar kekurangan tidur cukup, bisa jadi saat itu Sobat Pintar menghabiskan waktu dengan makan di malam hari, ngemil, konsumsi junk food, hingga kurang bergerak atau berolahraga. 

Selain itu, stress saat tidur pun akan membuat kolesterol jahat semakin menumpuk di dalam tubuh. Sehingga, ketika waktu istirahat tiba, gunakan waktu itu dengan tidur secara nyaman dan nyenyak, lalu kembali bangun di pagi hari dengan tubuh serta otak segar. 

Ketika Sobat Pintar berhasil melakukan semua cara menekan kadar kolesteroll di atas, tentu kadar kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh bisa menurun dan kembali normal. Lakukan cara di atas secara teratur setiap hari sebagai bagian dari pola dan gaya hidup sehat. 

Untuk memeriksa kesehatan terkait penyakit kolesterol Sobat Pintar, maka segera hubungi dokter agar bisa mendapatkan pengobatan secara efektif. Apabila Sobat Pintar kekurangan dalam masalah biaya, maka bisa menggunakan aplikasi pinjaman uang dari Kredit Pintar saja. Ajukan pinjaman uang di Kredit Pintar, butuh waktu 3 menit saja dan dana yang Sobat Pintar ajukan bisa cair saat itu juga.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk