3 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

03 Jan 2022 by kreditpintar, Last edit: 03 Jan 2022

Cek tagihan BPJS Kesehatan adalah salah satu hal yang wajib diketahui masyarakat Indonesia, mengingat bahwa BPJS Kesehatan adalah sebuah asuransi resmi yang telah disubsidi pemerintah agar masyarakat bisa menikmati layanan kesehatan dengan baik. Selain cek tagihan, masyarakat juga harus paham cara cek pembayaran BPJS Kesehatan agar bisa membayar iuran bulanan dengan lancar.

cek tagihan bpjs kesehatan

Untuk dapat melakukan proses cek tagihan dan pembayaran BPJS, terdapat beberapa cara mudah yang bisa Sobat Pintar lakukan. Sobat Pintar tidak perlu meluangkan waktu untuk datang langsung ke kantor BPJS. Berikut adalah beberapa cara sederhana dalam melakukan proses cek iuran dan pembayaran BPJS Kesehatan.

1. Cara Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatan via Website

Sobat Pintar bisa cek tagihan BPJS Kesehatan melalui halaman resmi website BPJS dengan mengikuti rangkaian caranya berikut ini.

1.       Masukkan alamat website BPJS Kesehatan resmi https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ pada browser yang dimiliki. Sobat Pintar bisa melakukannya melalui PC, smartphone, maupun tablet.

Baca juga: Inilah Cara Turun Kelas BPJS dan Beberapa Syarat yang Harus Dipenuhi

2.       Lakukan pengisian data, yang dimulai dari nomor kartu, tanggal lahir, serta angka validasi pada website tersebut.

3.       Klik cek dan data pembayaran BPJS Kesehatan milikmu akan keluar. Di sana, akan ada nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda, serta total tagihan yang harus dibayarkan bulan ini.

2. Cara Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatan via SMS

Apabila Sobat Pintar tidak memiliki jaringan internet untuk mengunjungi situs BPJS, Sobat Pintar bisa melakukan proses cek tagihan menggunakan layanan SMS yang disediakan BPJS Kesehatan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1.       Buat pesan baru di aplikasi SMS

2.       Buat pesan dengan format NIK (spasi) nomor kependudukan. Bisa juga mengetik NOKA (spasi) nomor kartu BPJS kesehatan. Kemudian, kirimkan pesan ke call center BPJS Kesehatan di 08777-5500-400.

3.       BPJS Kesehatan akan mengirimkan informasi tagihan dan pembayaran iuran.

3. Cara Cek Iuran dan Pembayaran BPJS Kesehatan via Aplikasi Mobile JKN

Ada cara praktis lainnya untuk melakukan cek tagihan BPJS Kesehatan, yaitu melalui aplikasi mobile JKN. Aplikasi ini merupakan milik BPJS Kesehatan dan dapat amat memudahkan Sobat Pintar untuk cek tagihan dan cek pembayaran BPJS Kesehatan tanpa harus mendatangi kantor pelayanannya. Berikut ini langkah-langkahnya.

cek pembayaran bpjs kesehatan

1.       Download aplikasi Mobile JKN yang tersedia di Google Play

2.       Lakukan registrasi akun dengan memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, email, password, dan lengkapi data diri sesuai petunjuk.

3.       Jika sudah, klik menu “tagihan” lalu pilih “premi”

4.       Informasi tagihan dan cara pembayaran akan ditampilkan pada layar

Cara Cek Pembayaran BPJS Kesehatan

Setelah Sobat Pintar mengetahui beberapa cara cek tagihan BPJS Kesehatan, sekarang saatnya Sobat Pintar memenuhi kewajiban pembayaran iurannya. Jangan khawatir, BPJS Kesehatan menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang mudah diakses oleh masyarakat, seperti:

1.       Pembayaran BPJS Kesehatan di kantor pos terdekat.

2.       Pembayaran tagihan BPJS Kesehatan Sobat Pintar di gerai minimarket yang sudah bekerja sama, seperti Indomaret dan Alfamart. Petugas kasir siap membantu prosesnya.

3.       Pembayaran BPJS Kesehatan melalui e-commerce atau penyelenggara toko online seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Baca juga: 4+ Cara Daftar BPJS Kesehatan Online & 6 Benefitnya

4.       Manfaatkan aplikasi e-wallet yang bermitra dengan BPJS Kesehatan seperti OVO, Gopay, dan Dana untuk melakukan pembayaran.

5.       Aplikasi mobile JKN yang bisa Sobat Pintar unduh di Playstore atau Appstore juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan.

6.       Sobat Pintar juga bisa menggunakan layanan bank atau lembaga keuangan yang menjadi mitra dari BPJS Kesehatan, seperti Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BCA. Sobat Pintar dapat memanfaatkan fasilitas ATM, internet banking, atau mobile banking dalam melakukan pembayaran. Ada pula metode autodebet setiap bulan yang disediakan oleh bank.

7.       Terakhir, Sobat Pintar bisa melakukan pembayaran dengan mendatangi langsung Kantor BPJS Kesehatan

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai cek BPJS Kesehatan untuk melihat jumlah tagihan dan cara pembayaran. Penting untuk membayar iuran BPJS Kesehatan secara berkala untuk mendapatkan layanan kesehatan yang optimal.

cek bpjs kesehatan

Baca juga: Daftar Lowongan Kerja BPJS Online Segera Daftar!

Jika terdapat keterlambatan pembayaran, dikhawatirkan Sobat Pintar tidak bisa menikmati subsidi pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan, sehingga harus membayar pelayanan yang didapatkan secara penuh.

Untuk itu, semoga artikel ini bisa membantu Sobat Pintar untuk menghindari tunggakan iuran BPJS Kesehatan. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

03 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download