Tertarik Beli Reksadana? Ini Tips Sebelum Membeli Produk Reksadana

17 May 2021 by kreditpintar
produk reksadana

Investasi menjadi hal penting untuk masa depan. Terdapat beragam opsi yang bisa Sobat Pintar pilih untuk investasi, salah satunya reksadana. Reksadana merupakan kumpulan dana yang dikelola guna melakukan investasi seperti membeli saham, obligasi dan instrumen keuangan lainnya. Reksadana menjadi salah satu investasi yang mudah karena tidak memerlukan modal yang sangat besar, kemudian reksadana dapat dilakukan secara individu maupun institusi. Bagaimana, apakah Sobat Pintar tertarik? Ada beberapa tips sebelum membeli produk reksadana yang perlu Sobat Pintar perhatikan. 

Tips sebelum membeli produk reksadana bisa menjadi pertimbangan agar tidak salah investasi. Pasti tujuan Sobat Pintar untuk berinvestasi adalah profit. Maka dari itu, tips sebelum membeli produk reksadana penting sekali untuk diketahui.

Tujuan

Tujuan dilakukan investasi dan jangka waktu investasi menjadi hal utama sebelum berinvestasi. Sobat Pintar harus tahu resiko apa akan didapatkan. Hal ini dilakukan agar dana yang diinvestasikan dapat mencapai tujuan dan bermanfaat di masa depan.

Pilih Jenis Reksadana

Setelah menetapkan tujuan, Sobat Pintar perlu memilih jenis reksadana yang akan diinvestasikan. Jenis reksadana ada banyak, reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, reksadana terproteksi, reksa dana saham, dan reksadana campuran. Pilihlah reksa dana sesuai kebutuhan dan kemampuan Sobat Pintar.

Memilih Manajer Investasi

Manajer investasi berperan penting dalam menentukan apakah uang yang Sobat Pintar titipkan atau investasikan di reksadana berhasil mengalami pertumbuhan yang Sobat Pintar harapkan atau tidak. Dana investasi Sobat Pintar akan dikelola manajer investasi. Tentukan manajer investasi sesuai kinerja dan track recordnya.

Tempat Membeli Reksadana

Mungkin kebanyakan dari Sobat Pintar bingung, dimana harus membeli reksadana. Apakah harus ke lembaga keuangan atau bisa secara online? Sebenarnya ada banyak tempat yang bisa Sobat Pintar pilih untuk membeli reksadana, terutama saat ini sudah banyak platform online yang menyediakan reksadana untuk dibeli. Bank, perusahaan sekuritas, dan perusahaan Fintech seperti AEPRD.

Beberapa tips sebelum membeli produk reksadana bisa Sobat Pintar jadikan referensi sebelum terjun langsung dalam investasi reksadana. Resiko dan pengembalian yang akan Sobat Pintar dapatkan dari investasi juga perlu menjadi perhatian khusus. Jangan sampai investasi Sobat Pintar malah merugikan. Setelah mengetahui berbagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk beli reksa dana, selanjutnya Sobat Pintar perlu tahu langkah apa saja yang dilakukan dalam investasi. Apa saja yang perlu dilakukan?.

  • Pilih platform atau tempat untuk investasi reksadana. Sobat Pintar bisa memilih platform online untuk mempermudah investasi.
  • Daftar menjadi anggota. Formulir online menjadi persyaratan menjadi anggota
  • Melakukan deposit dana
  • Memilih reksadana. Sesuaikan reksadana dengan tujuan investasi dan kebutuhan.
  • Membeli reksadana. Pada aplikasi online akan ada opsi ‘buy’. Setelah melakukan ‘buy’, Sobat Pintar bisa melakukan konfirmasi dan reksadana sudah menjadi milik Sobat Pintar.
  • Memonitor secara rutin.

Investasi mungkin akan terasa berat jika dana yang dimiliki belum cukup. Tapi jika Sobat Pintar mulai tertarik dan ingin memulai, Sobat Pintar bisa menggunakan pinjaman online dari Kredit Pintar. Dana awal untuk investasi bisa didapatkan melalui Kredit Pintar yang hadir sebagai pinjaman online 24 jam yang siap sedia melayani kebutuhan Sobat Pintar.

Bermodalkan KTP sebagai syarat registrasi awal, Kamu bisa ajukan dana pinjaman online 24 jam. Tidak memerlukan proses rumit dan lama, pinjaman sudah bisa masuk ke rekening Sobat Pintar. Investasi reksadana bisa Sobat Pintar mulai dengan pinjaman tersebut.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload