Apa Sanksi Tidak Bayar Pinjaman Uang Online? Lihat di sini

26 Jan 2021 by Andro
Sanksi Tidak Bayar Pinjaman Uang Online

Sudah menjadi sebuah kewajiban, jika berhutang maka harus melunasi. Baik hutang ke teman, ke Bank maupun ke aplikasi pinjaman online. Setiap keterlambatan bayar hutang pasti ada sanksi yang diterima. Jika telat bayar hutang ke teman, maka hubungan pertemanan dipertaruhkan. Lantas bagaimana sanksi tidak bayar pinjaman uang online di aplikasi pinjaman online?

5 Sanksi Tidak Bayar Pinjaman Uang Online

Berikut beberapa sanksi yang akan diterima jika menunggak pinjaman online :

  1. Hutang akan semakin melambung tinggi akibat denda keterlambatan

Aplikasi pinjaman online telah menerapkan bunga layanan dan besar denda keterlambatan. Jadi, ketika Kamu tidak bisa melakukan pelunasan, bunga dan denda ini akan terus berjalan. Alhasil, hutangmu akan semakin besar. 

  1. Besar kemungkinan data pribadi akan tersebar. 

Apalagi Kamu meminjam uang di aplikasi illegal, data pribadi ini akan dimanfaatkan untuk mengancam nasabah.

  1. Akan didatangi oleh debt collector

Meskipun aplikasi pinjaman berbasis online, debt collector akan tetap datang berkunjung ke rumah atau kantor Kamu.

  1. Aktivitas sehari-hari terganggu

Penagih yang datang atau menelepon berulang kali dengan kurang sopan dapat membuat aktivitas Kamu dapat terganggu. 

  1. Di-blacklist oleh BI checking. 

Kamu akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman di Lembaga keuangan lainnya. 

Bentuk sanksi tidak bayar pinjaman uang online di aplikasi online

Sanksi keterlambatan bayar di aplikasi Kredit Pintar

Sebelum terjadi keterlambatan bayar, umumnya sistem akan membuat peringatan terlebih dahulu baik melalui email atau pesan singkat sehari sebelum waktu jatuh tempo. Pada hari jatuh tempo, seorang petugas Kredit Pintar akan menelepon menanyakan kapan akan dilakukan pelunasan hutang. 

Apabila nasabah tidak dapat membayar sesuai kesepakatan tanggal jatuh tempo, maka akan dikenai perhitungan denda berdasarkan produk pinjaman yang dipilih sebelumnya. Besaran denda ini akan terlihat di aplikasi Kredit Pintar. 

Sanksi keterlambatan bayar hutang di Tunaiku

Jika terlanjur terlambat bayar hutang angsuran, maka akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar Rp. 150.000. Apabila tanggal jatuh tempo bertepatan dengan hari libur nasional atau hari sabtu dan minggu, maka pembayaran harus dilakukan sehari sebelumnya. 

Sanksi keterlambatan melewati tanggal jatuh tempo di Maucash

Jika terlambat bayar pelunasan hutang di aplikasi Maucash, maka nasabah akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 0,8 % per hari, yang dihitung satu hari setelah tanggal jatuh tempo. Denda keterlambatan ini terus berjalan sampai nasabah melakukan pelunasan hutang. 

Sanksi Keterlambatan Bayar Pinjaman Di Kredivo

Jika kamu mengajukan pinjaman maupun beli dengan cicilan di Kredivo dan terlambat bayar, maka akan dikenakan bunga 4% per 30 hari. Selain itu, kamu juga akan dikenai denda keterlambatan sebesar 6% per 30 hari. Terhitung dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo. 

Sanksi Terlambat Bayar Hutang Pinjaman Di Julo

Tanggal jatuh tempo di aplikasi Julo disesuaikan dengan tanggal pengajuan. Apabila terjadi keterlambatan bayar, perhitungan akan diakumulasikan dengan biaya pokok dan bunga harian. 

Tips Agar Tidak Gagal Bayar Saat Pengajuan Pinjaman Uang Online

Agar tidak mengalami ketidaknyamanan akibat gagal bayar, maka Kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum mengajukan hutang, seperti:

  1. Setting smartphone-mu 7 hari sebelum tanggal jatuh tempo pinjaman, sebagai pengingat pribadi
  2. Ajukan pinjaman uang saat kondisi mendesak saja, dan carilah aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, dengan bunga  rendah.  Contohnya Kredit Pintar
  3. Cari uang tambahan untuk membayar hutang pinjaman online sebelum jatuh tempo

Demikianlah informasi terkait sanksi tidak bayar pinjaman uang online yang berlaku di beberapa aplikasi. Ingat! Selalu baca ketentuan dengan seksama untuk mengantisipasi hal-hal buruk terjadi.  Butuh uang, ya Kredit Pintar aja!

Baca Juga:

5 Rekomendasi Pinjaman Online Tanpa NPWP dan Slip Gaji, Cepat Cair

Intip 4 Aplikasi Pinjaman Online Tanpa BI Checking