Sudah Tahu? Ternyata Ini 9 Cara Meningkatkan IQ!

16 Aug 2021 by Laruan

Dahulu, IQ disebut sebagai salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kepintaran dari seseorang. Bahkan, dari kita masih kecil, kita selalu mengikuti tes IQ untuk menentukan pilihan sekolah yang tepat dan bakat untuk kita. Meskipun banyak juga yang memiliki IQ yang kecil, faktanya ternyata ada cara meningkatkan IQ, Sobat Pintar!

Sudah Tahu? Ternyata Ini 9 Cara Meningkatkan IQ!

IQ atau intelligence quotient merupakan istilah yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memahami suatu gagasan, kecerdasan intelektual, mempelajari banyak hal, hingga cara berpikir dan bernalar.

Jangan ketinggalan artikel terbaru, baca: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut 

Maka dari itu, skor IQ sering digunakan sebagai salah satu persyaratan masuk sekolah, perguruan tinggi, hingga saat melamar pekerjaan tertentu. Biasanya, perusahaan atau lembaga pada umumnya akan melakukan tes IQ untuk mengetahui skor IQ kita.

Buat Sobat Pintar yang belum memiliki skor IQ yang tinggi, kalian jangan patah semangat, ya. Karena ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan IQ kita. Jadi kita bisa mempersiapkan diri deh bila suatu saat harus menjalani tes IQ.

Ingin tahu caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Cara Meningkatkan IQ

Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan yang ternyata dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti faktor pola asuh, asupan nutrisi, genetik, riwayat pendidikan, hingga kondisi kesehatan, Sobat Pintar. Nilai IQ juga bukan nilai yang tetap, tapi bisa juga berubah saat berjalannya waktu dan beranjak dewasa.

Berikut adalah tips membuat nilai IQ bertambah yang bisa Sobat Pintar lakukan:

1. Asah Otak Melalui Permainan Berguna Menambah Poin IQ

Tips membuat nilai IQ bertambah yang pertama adalah dengan melakukan permainan yang dapat mengasah otak Sobat Pintar. Biasanya, permainan ini disebut sebagai brain games seperti puzzle, sudoku, atau teka-teki silang.

Sering bermain mainan tersebut dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan kita karena kita selalu melatih daya ingat kita dan keterampilan bernalar dan juga berbahasa.

2. Bermain Alat Musik Terbukti Meningkatkan IQ

Jika Sobat Pintar memiliki hobi bermain musik, kalian sangat beruntung. Karena dengan bermain alat musik ternyata dapat meningkatkan IQ kita!

Menurut beberapa penelitian, dengan bermain alat musik dapat melatih kemampuan berpikir, sensoris, persepsi pendengaran, koordinasi fisik, dan juga daya ingat.

Bila Sobat Pintar merupakan salah satu orang yang sulit mempelajari alat musik, kalian jangan khawatir. Kalian tidak harus mempelajari musik hingga anda seperti musisi ataupun komposer. Dengan mempelajari teknik dasar dan memahami cara bermain musik pun juga dapat meningkatkan IQ kita.

3. Belajar Bahasa Asing

Kabar gembira nih buat kalian yang senang belajar bahasa asing. Ternyata, ada studi yang telah menyatakan mereka yang bilingual memiliki nilai IQ dan kemampuan belajar yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang hanya bisa berkomunikasi dengan 1 bahasa saja.

Jika Sobat Pintar senang menonton film-film luar negeri seperti film Amerika, Drama Korea, ini waktunya kalian untuk memulai belajar bahasa asing supaya dapat meningkatkan nilai IQ kalian!

4. Tambah Poin IQ Dengan Rajin Membaca Buku

Kami jamin pasti salah satu dari Sobat Pintar ada yang hobi membaca buku. Baik itu novel fiksi, buku pengetahuan, ataupun komik, bukan? Dengan sering membaca buku, kalian akan mulai mengikuti alur cerita, lalu kalian akan mulai membayangkan, berimajinasi, memahami cerita, dan mencoba mengambil kesimpulan dari apa yang kalian baca.

Kegiatan tersebut merupakan cara dasar yang efektif untuk melatih kemampuan berpikir kita, selain menjaga kesehatan dan fungsi otak, dengan rajin membaca buku juga dapat meningkatkan wawasan kita juga.

Selain membaca buku, membacakan buku kepada orang lain atau ke anak-anak juga sangat baik untuk perkembangan otak anak-anak. Hal ini dapat melatih kemampuan berpikir mereka dan juga berbahasa menurut para peneliti.

5. Mengikuti Pelatihan atau Pendidikan Formal

Meskipun terdengar membosankan dan tidak menarik, pendidikan merupakan salah satu tips membuat nilai IQ bertambah yang sangat penting kita lakukan untuk mengembangkan kecerdasan kita.

Bahkan, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengikuti pendidikan formal selama 1 tahun dapat meningkatkan IQ kita hingga 5 poin!

Selain pendidikan formal, Sobat Pintar yang turut berpartisipasi dalam sebuah lokakarya, seminar, atau mengikuti kelas kursus seperti kelas bahasa asing, memasak, menjahit, dan lain-lainnya ternyata juga mampu meningkatkan IQ kita.

Jadi Sobat Pintar, jangan malas lagi ya untuk melanjutkan pendidikan formal dan mengikuti kursus.

6. Bersosialiasi

Manusia itu adalah makhluk sosial, jadi manusia sangat membutuhkan orang lain untuk berkomunikasi, berdiskusi, dan bertukar pikiran. Buat kalian yang senang bersosialisasi, ternyata ini merupakan tips membuat nilai IQ bertambah yang sangat mudah!

Berdasarkan sebuah penelitian, dengan sering bersosialisasi dapat merangsang pikiran dan kemampuan berpikir kita.

Jadi, mulai dari sekarang Sobat Pintar harus lebih rajin ya berinteraksi dengan teman, atau mengikuti seminar-seminar atau workshop dan bersosialisasi dengan orang baru. Dengan begitu, selain menambah koneksi, Sobat Pintar juga akan menambah wawasan baru.

7. Makan-Makanan Bergizi Bermanfaat Untuk Nilai IQ Yang Tinggi

Hayo ngaku, siapa disini yang susah banget makan-makanan yang bergizi dan sehat? Jika kalian malas, kalian sendiri lo yang akan rugi. Karena dengan mengkonsumsi makanan bergizi merupakan salah satu tips membuat nilai IQ bertambah.

Sobat Pintar harus mulai mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung flavonoid, protein, asam lemak omega-3, dan berbagai vitamin, dan mineral seperti vitamin C, vitamin B, vitamin K, selenium, dan zinc.

Makanan tersebut dipercaya dapat menjaga dan mendukung fungsi otak kita. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti kacang-kacangan, makanan laut, ikan, telur, buah, sayuran, teh, hingga cokelat. Makanan yang sangat mudah kita temukan bukan di pasaran?

8. Istirahat Yang Cukup Meningkatkan Kinerja Otak

Buat kalian yang sering begadang, kalian harus mencoba untuk memiliki waktu istirahat yang cukup setidaknya 7-9 jam setiap harinya. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, sistem kerja otak kita pun akan bekerja dengan optimal.

Pada saat kita tidur, otak akan memperkuat memorinya dari banyak aktifitas yang kalian lakukan sepanjang hari dan mempersiapkan diri untuk informasi yang baru pada esok harinya.  Karena itulah, istirahat yang cukup sangat penting untuk kita.

9. Olahraga Yang Rutin

Selain menyehatkan tubuh, dengan rutin berolahraga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan IQ kita. Hal ini dikarenakan aliran darah yang ada di dalam tubuh kita akan berjalan dengan lancar ke otak kita, sehingga sel saraf dan jaringan otak kita tetap sehat.

Sobat Pintar setidaknya mulai membuat jadwal olahraga minimal 3 kali seminggu selama 30 menit setiap harinya. 

Jadi itulah cara meningkatkan IQ yang bisa Sobat Pintar lakukan setiap harinya. Meskipun hingga saat ini IQ masih menjadi sebuah patokan sebagai kunci kesuksesan, nyatanya IQ bukanlah satu-satunya faktor yang berperan penting dalam kesuksesan kita.

Nyatanya, kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ) juga penting untuk kita tingkatkan. Dengan memiliki IQ dan EQ yang baik, Sobat Pintar akan memiliki kepribadian yang baik juga. Semoga tips cara meningkatkan IQ ini bermanfaat, ya!

Jangan ketinggalan artikel terbaru, baca:3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload