Cara Membuat Origami Mudah untuk Merangsang Kreativitas

12 Nov 2021 by Laruan

Origami adalah kegiatan murah sekaligus menyenangkan. Tak hanya itu, origami juga edukatif untuk anak-anak. Banyak buku dan tutorial tentang cara membuat origami mudah, yang bisa ditiru dan diajarkan di sekolah.

Beberapa contoh origami yang biasa diajarkan di sekolah adalah membuat bentuk hewan. Caranya yang sangat mudah, membuat anak-anak juga senang melakukannya. Apalagi, bahan yang dibutuhkan juga tidak berbahaya bagi anak.

Manfaat Membuat Origami

Kreativitas origami ini berasal dari negeri sakura, tapi sangat terkenal di negara lainnya. Termasuk di Indonesia yang mengajarkan kreasi ini khususnya pada jenjang PAUD atau TK. Kegiatan ini menjadi sebuah teknik untuk melatih fokus dan self-esteem pada anak.

Anak-anak jenjang pra sekolah yang biasanya sangat lincah, dapat duduk dengan tenang ketika membuat origami. Pengajar bisa mengarahkan langkah-langkahnya, lalu diikuti oleh semua anak didik. Dengan begitu, kegiatan akan sangat terfokus dan produktif.

Tak hanya pada anak, origami juga digemari oleh orang-orang dewasa. Kreativitas yang dimunculkan pada bentuk-bentuk origami, dipercaya bisa menjadi terapi kesehatan mental orang dewasa. Kreativitas bisa mengendalikan frustrasi orang dewasa.

Lebih jauh lagi, origami juga menjadi salah satu bentuk terapi untuk membangun kesabaran, menenangkan, dan rileksasi diri. Tidak hanya itu, bagi jenjang pra sekolah, origami juga menjadi media belajar yang menyenangkan. Apalagi, dengan bahan dan peralatan yang mudah disediakan.

Selain untuk kesehatan, origami juga bisa menjadi alternatif hiasan ruangan yang murah dan meriah. Berbagai bentuk origami bisa dibuat dengan beraneka warna. Ditambah dengan berbagai gambar pemanis, origami bisa dipajang atau dirangkai memanjang.

Salah satu contoh hiasan yang bisa dirangkai menggunakan origami adalah tirai jendela atau pintu. Rangkaian origami dengan berbagi bentuk yang disusun memanjang, sering terlihat digantung di bilah pintu dan jendela.

Cara Membuat Origami dalam Berbagai Bentuk

Origami bentuk hewan, tumbuhan memang sangat populer, seperti burung, bunga dan lainnya. Membuat lipatan-lipatan menjadi sebuah bentuk mirip binatang atau tumbuhan, terlihat rumit ketika belum dicoba. Namun ternyata, prosesnya sangat mudah, simak caranya di bawah ini:

1. Cara Membuat Origami Burung

Membuat origami bentuk burung juga bisa beraneka ragam bentuknya. Bentuk yang umum dikenal adalah burung bangau dengan leher dan ekor panjang tanpa kaki. Namun, ada juga bentuk lain yang bisa dibuat seperti burung merpati, kolibri, walet, bahkan beo.

Semua bentuk itu bisa dibuat dengan sangat lucu, bahkan memiliki kaki untuk bertengger. Origami ini juga bisa semakin diperindah menggunakan pensil warna atau spidol sebagai ornament pemanisnya.

Cara membuat origami mudah dengan bentuk burung kecil di bawah ini, bisa diajarkan dengan mudah ke anak-anak.

  • Lipat segitiga. Pertama, lipat terlebih dahulu menjadi segitiga presisi, ujung bertemu ujung. Buka lipatan sehingga terlihat garis bekasnya, lalu lipat sisi luar hingga menyentuh garis, dan didapatkan bentuk layang-layang. Ujung yang tersisa, masukkan ke dalam.
  • Tarik sisi diagonal. Pada 2 sisi diagonal, pertemukan dengan perpotongan garis, lalu tarik ke luar lipatannya. Lakukan di kedua sisinya.
  • Tarik ujungnya. Lipat dahulu sesuai perpotongan garis, lalu tarik ujung panjangnya ke bagian dalam, dan sedikit ke luar lagi untuk membuat bentuk kaki.

2. Cara Membuat Origami Bunga Mawar

Selain bentuk hewan, ada juga bentuk mudah lainnya yaitu bunga. Membuat hiasan bunga barangkali sudah sangat sering dilakukan. Namun bunga dari origami, masih terlihat jarang yang membuatnya.

Salah satu bentuk bunga yang populer adalah sakura. Jenis bunga berkelopak kecil ini bisa dibuat dalam berbagai warna. Selain itu, hasilnya bisa digantung sebagai hiasan di jendela kamar, pintu, atau meja rias.

Bentuk lain yang tak kalah cantik adalah bunga mawar. Hasil akhirnya akan sedikit lebih besar dari bunga sakura, namun tak kalah indah jika digunakan sebagai hiasan. Langkah mudah membuat origami dengan bentuk bunga mawar adalah sebagai berikut:

  • Siapkan alat. Sebelum membuat origami bunga, siapkan dulu alat serta bahan yang akan digunakan. Origami bunga membutuhkan kertas lipat 2 warna, misalnya warna depan merah dan belakang putih. Selain itu siapkan juga bolpoin atau pensil.
  • Lipat 16. Selanjutnya, lipat kertas tersebut menjadi 16 kotak persegi kecil, dan tebalkan garis lipatannya menggunakan bolpoin atau pensil.
  • Lipat segitiga. Langkah berikutnya adalah melipat menjadi bentuk segitiga besar, sehingga membentuk potongan garis. Buka lipatan, lalu lipat kembali sudut-sudutnya ke dalam, buka dan tebalkan lagi.
  • Lipat segitiga presisi rendah. Lakukan lipatan kembali berbentuk segitiga dengan presisi lebih rendah, pada setiap sudutnya.
  • Mulai merangkai. Tahap berikutnya adalah mulai merangkai bentuk dengan melipat mengikuti garis yang ditebalkan sebelumnya.
  • Berikan efek lengkung. Agar bunga tampak hidup, gunakan pensil untuk memberikan efek lengkung.

3. Cara Membuat Bentuk Bintang

Bentuk bintang menjadi salah satu cara membuat origami mudah dan banyak diajarkan di jenjang sekolah. Bentuk ini pun menjadi favorit siswa laki-laki, karena bisa digunakan sebagai alat bermain ala ninja. Cara membuatnya juga sederhana, sehingga anak-anak pun mudah mengikutinya.

  • Siapkan bahan dan alat. Membuat origami bentuk bintang, ada tambahan alat dan bahan yang harus disiapkan yaitu penggaris, bolpoin atau pensil, dan gunting.
  • Potong memanjang. Langkah pertama adalah memotong kertas lipat dengan lebar 1 centimeter dan panjang 10 centimeter, lalu lipat membentuk simpul ikatan.
  • Tarik ikatan. Berikutnya, tarik ikatan tadi pelan-pelan, hingga terlihat bentuk seperti segi 5.
  • Lipat ke dalam. Setelah terlihat bentuk segi lima, lipat sisanya ke bagian dalam, dan lakukan pada sisa bagian yang lain mengelilingi bentuk segi lima tersebut.
  • Terakhir, kembungkan menggunakan kuku sehingga menyerupai bentuk bintang.

Bentuk origami bintang ini bisa dibuat denga berbagai warna. Selanjutnya, bintang-bintang kecil ini bisa digunakan juga untuk hiasan di berbagai tempat. Caranya adalah dengan merangkainya menggunakan benang, lalu gantungkan di tempat yang diinginkan.

Bentuk origami bintang ini terbilang sangat fleksibel. Ukuran yang diinginkan bisa disesuaikan, yaitu dengan memperlebar potongannya. Semakin lebar ukurannya, tentu bentuk bintang yang akan didapat juga semakin besar.

4. Cara Membat Origami Bentuk Kupu-Kupu

Salah satu bentuk unik yang bisa dibuat dengan mudah adalah kupu-kupu. Hasilnya pun sangat menarik jika digunakan sebagai hiasan ruangan. Cara membuat origami kupu-kupu juga sangat mudah dengan beberapa langkah berikut:

  • Buat garis diagonal. Langkah pertama, buat garis diagonal dengan melipatnya.
  • Balik dan lipat. Selanjutnya, balik kemudian lipat sudut dengan arah berlawanan.
  • Lipat ke dalam. Pertemukan semua titik di tengah, sehingga lipatannya akan membentuk segitiga.
  • Lipat ke atas. Putar lalu lipat kedua sisi ke  titi katas, dan lakukan juga pada sisi lainnya.
  • Putar dan lipat ke belakang.

Mudahnya membuat origami kupu-kupu ini semakin menyenangkan dengan tambahan berbagai ornament. Bisa dengan menambahkan gambar serupa mata atau hiasan di bagian sayapnya. Gunakan spidol warna-warni agar semakin mempercantik bentuknya.

Berbagai cara membuat origami mudah dengan berbagai bentuk adalah aktivitas yang menyenangkan. Selain bermanfaat untuk media belajar. Origami juga menjadi media untuk terapi kesehatan mental.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload