Inilah Harga Jet Ski Terbaru 2022

29 Sep 2022 by Kredit Pintar., Last edit: 09 Oct 2022

Jet Ski merupakan salah satu olahraga air yang cukup populer di Indonesia dan semakin populer setelah dipertandingkan pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Selain sukses,harga jet ski merupakan olahraga yang sangat cocok untuk rekreasi. Berburu bensin di “motor” yang berjalan di atas air tentu menyenangkan bagi banyak orang.

Meski terlihat sederhana, mengendalikan jet ski membutuhkan banyak konsentrasi. Karena satu lawan satu pengemudi bisa jatuh ke air dan terluka. Menariknya, istilah jet ski sebenarnya lebih dulu berasal dari pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha.

Harga jet ski

Ya, jet ski adalah sejenis motor air yang dibuat oleh perusahaan yang berbasis di Kobe dan Tokyo. Harga jet ski baru pada saat itu terbilang cukup mahal.

Pesaing Kawasaki di Jepang memiliki produk motor air sendiri. Yamaha memiliki WaveRunner, sedangkan Honda membuat produk yang disebut Aquatrax.

Seiring berjalannya waktu, seiring dengan semakin populernya produk Kawasaki, masyarakat akhirnya semakin akrab dengan istilah jet ski. 

Meski citra masyarakat sangat terkait dengan nama jet ski, tampaknya asal mula mesin jet pertama di dunia bukanlah Kawasaki.

Sejarah Pembuatan Jet Ski

Harga jet ski

Ide untuk membuat mesin air pertama sebagai mobil air pribadi datang dari perusahaan keluarga Kanada Bombardier. Mereka melakukannya pada 1960-an.

Saat itu, Bombardier benar-benar berusaha membuat kereta luncur yang bisa digunakan di atas air.

Namun, keluarga Bombardier berjuang untuk menentukan desain dan akhirnya bertemu dengan seorang bankir bernama Clayton Jacobson III. Meskipun Jacobson bekerja di bidang keuangan, ia bermimpi membangun sepeda motor yang dapat dikendarai di atas air.

Setelah bertemu Bombardier, Jacobson memutuskan untuk bekerja sama dengan keluarga untuk mewujudkan mimpinya.

Kolaborasi keduanya berhasil menciptakan mesin air yang akhirnya dijual pada tahun 1968 dengan nama Bombardier Sea-Doo.

Menariknya, Clayton Jacobson III kemudian mendekati Kawasaki untuk mengembangkan jet ski.

Bahkan, ia juga menggandeng Yamaha untuk membuat perahu buatan pabrikan asal Iwata, Jepang.

Daftar Harga Jet Ski 2022

Harga jet ski

Untuk kamu yang sedang mencari tahu atau ingin membeli alat olahraga yang satu ini. Berikut ini adalah daftar harga jet ski terbaru di tahun 2022.

1. Jet Ski Yamaha

Ada banyak pabrikan yang membawa jet ski ke pasar dunia, termasuk Yamaha. Perusahaan asal Negeri Matahari Terbit ini memiliki banyak produk jet ski yang berkualitas, salah satunya adalah VX700. 

Skuter air dengan nama resmi WaveRunner VX700 ini menjadi salah satu best seller tidak hanya di pasar internasional, tetapi juga di pasar lokal. Yamaha WaveRunner sendiri merupakan produk andalan Yamaha dengan standar kualitas yang tinggi. 

Dilengkapi dengan Supercharged SVHO Yamaha Marine Engine, teknologi NanoXcel2 sebagai material komposit teringan dan terkuat untuk lunas dan hull, teknologi RIDE control yang ramah dan mudah digunakan, serta beberapa fitur mewah lainnya untuk kenyamanan pengguna. 

Selain itu, Yamaha telah mengubah kursi yang nyaman dan ergonomis, serta panel kontrol multifungsi, sehingga semua informasi terlihat jelas.

Di sektor pacu, jet ski ini ditenagai oleh Yamaha Marine Engine 2-tak, silinder kembar, berpendingin cairan, 701cc, bore x stroke 81mm x 68mm, dan kompresi. rasio 7,2:1. Untuk satu hingga tiga orang, Yamaha VX700 berukuran 3,22m x 1,17m x 1,16m dan berat 240kg. Di bawah ini adalah spesifikasi teknis dari Yamaha WaveRunner VX700.

Yamaha menghadirkan WaveRunner VX700 dalam beberapa pilihan warna, antara lain kombinasi kuning, putih, dan biru. Sayangnya, pabrikan tidak lagi membuat varian jet ski ini. 

Namun, banyak situs jual beli online yang masih memiliki pemilik yang menawarkan Yamaha WaveRunner VX700 bekas dengan harga mulai dari US$5.200 atau sekitar Rp 74,89 juta (kurs US$1 = Rp 14,403,70) dari tahun 2020 lalu yang ditargetkan hampir Rp. 73,84 juta. 

Pada tahun 2019, harga Yamaha WaveRunner VX700 berkisar Rp. 65 juta. Sayangnya, produk jet ski Yamaha VX700 akan sulit ditemukan di pasar Indonesia pada tahun 2022.

Nah, kalau mau pilihan lain, Yamaha punya WaveRunner VX700S. Produk ini tersedia dalam satu varian warna, yaitu putih dengan kombinasi logam hijau mengkilat. 

Di pasar lokal, produk jet ski ini ditawarkan dengan harga sekitar 175 jutaan, masih belum berubah dibandingkan tahun 2019 dan 2020. 

Untuk saat ini, untuk produk bazaar bisa Anda dapatkan dengan banderol harga Rp. 50 juta, turun dari tahun lalu yang berada di kisaran Rp. 70 juta.

Baca juga: Tips Memilih Kacamata Renang yang Cocok Untukmu

2. Jet Ski Seadoo Baru

Sea-Doo, juga biasa dieja Seadoo, adalah merek jet ski atau suku cadang perahu terkenal yang dirilis oleh Bombardier Recreational Products (BRP). 

Produk jet ski ini diproduksi di Meksiko dan kini dijual di banyak pasar termasuk Indonesia. Beberapa tipe sudah ada di tanah air dan biasanya dilepas dengan harga ratusan juta rupiah per unit.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jet ski. Ini adalah jenis perahu pribadi yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan jenis kendaraan air ini. 

Sebenarnya merek dagang untuk kapal pribadi buatan Kawasaki, jet ski pada akhirnya umumnya digunakan untuk menyebut kapal pribadi yang dapat menampung satu atau dua orang dalam konfigurasi bermotor. Harga jet ski sea doo baru dipatok 140-480 jutaan.

Baca juga: Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

3. Jet Ski Seadoo Bekas

Sebuah laporan dari situs resminya, disebutkan bahwa jet ski yang ditawarkan oleh Sea-Doo memiliki banyak keunggulan. 

Selama tujuh tahun, pemilik Sea-Doo dapat menghemat hingga $400 untuk perawatan rutin dibandingkan dengan pesaing lainnya. 

Selain itu, perahu Sea-Doo dilengkapi dengan Closed Loop Cooling System (CLCS), yaitu pendingin yang menjaga suhu mesin tetap optimal. 

Beberapa model Sea-Doo memiliki penghematan bahan bakar hingga 30 persen lebih baik daripada pesaing terdekatnya. 

Sea-Doo Spark dikatakan sebagai perahu pribadi paling ringan dan paling hemat bahan bakar di pasaran. 

Dalam pengujian sebelumnya, model jet ski Sea-Doo Spark menggunakan bahan bakar 29 persen lebih sedikit daripada pesaing terdekatnya pada jarak yang sama. Harga jet ski sea doo adalah 50 sampai 190 jutaan untuk yang bekas ini.

Baca juga: Rekomendasi Olahraga yang Ramah di Kantong

Nah, itulah tadi sekilas beberapa harga jet ski terbaru di tahun 2022. Ada yang murah dan ada juga yang termahal. Kamu bisa beli sesuai dengan keinginanmu. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

09 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download