Pentingnya Memakai Kacamata Renang dan Tips Memilihnya

01 Aug 2022 by Laruan, Last edit: 04 Aug 2022

Saat melakukan olahraga renang di dalam kolam, ada sebagian orang yang memakai kacamata renang karena menghindari mata perih terkena air. Namun, ada juga yang bertelanjang mata saat berenang di dalam kolam.

Kalau Anda sendiri termasuk tim yang pakai kacamata atau tim yang tidak pakai saat renang? Lalu, sebenarnya mana yang lebih baik antara keduanya? Yuk simak secara lengkap pembahasannya seperti yang ada di bawah ini hingga tuntas. Siapkan alat-alat untuk mencatatnya.

Memakai Kacamata Ketika Renang Itu Penting

Jawaban dari pertanyaan di atas mengenai mana yang lebih baik antara memakai kacamata renang atau tidak adalah lebih baik memakainya. Penggunaan kacamata renang dengan tujuan melindungi mata saat berenang itu perlu Anda pahami.

Anda perlu memperhatikan bahwa kolam renang biasanya pemakaiannya itu kolektif. Bukan hanya Anda saja yang memakainya. Apalagi jika Anda masuk kolam yang umum, maka akan ada banyak orang.

Karena hal itu, tentu saja banyak badan yang keluar masuk ke dalam kolam. Dengan demikian, kebersihan kolam tidak bisa Anda pastikan. Bisa saja orang-orang yang telah selesai berenang meninggalkan kotoran-kotoran. Kotoran tersebut bisa saja masuk ke mata Anda jika tidak memakai kacamata renang.

Kotoran yang masuk ke mata bisa berbahaya untuk Anda. Mulai dari membuat penglihatan Anda di dalam air terganggu, iritasi pada mata, dan juga yang paling marah merusak mata.

Apalagi kolam-kolam renang umum biasanya mengandung penjernih air yang terdapat kandungan klorinnya. Ketika klorin bercampur dengan banyak bahan-bahan asing seperti kotoran, keringat, hingga sel kulit membuat air memiliki zat iritan yang dapat mengakibatkan mata perih merah, iritasi atau ruam, hingga gangguan pernapasan.

Meskipun sudah mengetahui pentingnya penggunaan kacamata saat berenang, banyak yang beralasan seperti pusing dan tidak nyaman agar melepas serta tidak memakainya. Jika Anda peduli atas kesehatan mata, alangkah baiknya terus memakainya selama terjun ke dalam kolam.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Latihan Otot

Tips Memilih Kacamata Renang yang Sesuai

Anda tidak bisa asal memilih kacamata renang. Harus Anda perhatikan hal-hal yang ada di bawah ini agar nantinya saat melakukan olahraga renang di manapun bisa lebih nyaman. Cobalah ikut tips sederhana ini untuk bisa mendapatkan kacamata terbaik yang nyaman untuk Anda pakai ketika berenang.

Memilih Kacamata Sesuai Level

Pada saat membeli kacamata, Anda harus paham sebenarnya di level mana kemampuan berenang Anda. Hal ini penting karena Anda harus jelas kacamata itu nantinya Anda gunakan sebenarnya hanya untuk berenang biasa, latihan, atau untuk perlengkapan kompetisi.

Pertama, untuk Anda yang masih pemula maka alangkah baiknya menggunakan kacamata yang berlensa besar.  Mengapa harus demikian? Saat Anda baru mulai belajar renang atau hendak mengajari anak anak berenang maka lebih baik mengenakan kacamata yang lebar lensanya karena lebih nyaman dan membuat pemandangan air lebih jelas.

Kedua, untuk Anda yang level menengah, maka pilihlah kacamata renang yang lebih kecil lensanya serta stabil. Apalagi jika Anda sudah memulai rutin setiap hari untuk melakukan olahraga renang dengan gaya yang benar. Kacamata dengan lensa lebih kecil akan membuat Anda belajar untuk fokus melihat arah tubuh Anda ketika di permukaan air.

Ketiga, level mahir. Untuk level yang satu ini Anda memerlukan kacamata yang lebih ringan dan cukup untuk memakai yang pas saja di mata. meskipun begitu, ada konsekuensinya yaitu Anda harus mengorbankan kenyamanan agar performa lebih tinggi ketika meluncur di air.

Ukuran Harus Sesuai Dengan Wajah dan Kepala Anda

Salah satu hal penting ketika Anda hendak membeli kacamata untuk berenang adalah kenyamanan ketika memakainya. Apa yang membuat sebuah kecamatan bisa lebih nyaman dan sesuai dengan keadaan diri kita?

Untuk mendapatkan kenyamanan Anda perlu memperhatikan strap dan sealnya. Seal adalah sebuah bantalan yang merupakan bantalan kacamata yang bersentuhan dengan kelopak mata. Kalau sealnya jelek dan tidak pas akan membuat Anda kemasukan air. Kedua, nose bridge kalau bisa yang dapat Anda lepas, sedangkan untuk tali pengikat ke telinganya yang bisa Anda sesuaikan dengan kepala.

Sesuaikan Warna Lensa dengan Tempat Anda Berenang

Tidak kalah penting juga Anda harus menyesuaikan warna lensa dengan tempat renang yang Anda gunakan. Pasalnya jika nanti lensanya tidak sesuai dengan tempatnya, bisa-bisa pandangan Anda akan terganggu selama berenang.

Untuk renang di Indoor maka Anda bisa memilih lensa kacamata dengan wanra clear, warna lilac, dan juga warna blue. Masing-masing bisa Anda sesuaikan penggunaannya.

Sedangkan untuk yang outdoor maka Anda bisa memilih lensa yang bertipe mirror agar bisa mengurangi adanya kecerahan dan pantulan cahaya yang mengarah ke mata. Khusus Anda yang melakukan berenang di laut maka sangat dianjurkan untuk memilih yang jenis smoke. Ini karena tipe smoke bisa mengurangi transmisi cahaya matahari langsung dari atas yang bisa berbahaya untuk mata jika terkena secara langsung.

Memilih yang Telah Ada Anti Fog dan Anti-UV

Selanjutnya dalam memilih kacamata, sebagai rekomendasi Anda perlu membeli yang telah dilengkapi dengan antifog serta anti-UV. Mengapa  harus ada keduanya dalam kacamata tersebut?

Untuk mengurangi kekaburan melihat permukaan air ketika renang antifog menjadi syarat wajib yang perlu Anda penuhi untuk sebuah kacamata renang. Apalagi kalau Anda ingin bertanding, maka pandangan haruslah jernih di bawah air.

Sedangkan untuk anti-UV ini tentu saja perlu. Pasalnya sebagian besar kolam atau tempat renang biasanya terbuka dan mataharinya langsung menyengat. Jika kacamata Anda tidak ada anti-UV-nya, maka akan berbahaya ketika berenang. Bisa-bisa mata menjadi katarak karena harus menerima sinar secara langsung dari matahari.

Baca Juga: Harga Bola Basket 2022, Ini 8 Rekomendasi Terbaik

Mau Membeli Kacamata Renang Sekarang Juga?

Begitulah tips memilih kacamata renang yang bisa kami berikan untuk Anda. Untuk rekomendasi kacamata sebenarnya ada banyak. Harga kacamata renang juga bervariasi. Kalau untuk yang anak anak Anda bisa menemukan yang murah sekitar 20 ribu rupiah. Untuk yang dewasa juga sama murahnya yaitu mulai dari 50 ribu rupiah Anda sudah bisa dapatkan di marketplace online.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan diawasi OJK yang akan memberikan kemudahan pinjaman online bagi seluruh masyarakat. Ikuti terus blognya untuk mendapatkan informasi promo dan tips menarik lainnya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Aug 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download