Mengenal Jenis-Jenis Latihan Otot

16 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 30 Jun 2022

Sesibuk apapun aktivitas Anda, jangan sampai melupakan aktivitas olahraga atau peregangan otot. Selain bisa menyegarkan tubuh, latihan otot juga dapat meningkatkan tubuh Anda lebih tenang dan meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Lakukanlah dan sempatkanlah melakukan beberapa latihan berdasarkan jenis-jenis otot. 

Otot tubuh merupakan salah satu bentuk dari sel otot yang kumpul kemudian bisa saja terlihat sama seperti sebuah jaringan dan mempunyai manfaat untuk membantu beberapa organ tubuh untuk menggerakkan tubuhnya. Otot adalah alat bergerak yang sangat berperan, sedangkan kerangka dalam tubuh adalah sistem alat yang bergerak secara pasif.

Selain itu, otot ialah suatu jaringan kontraktil yang masuk kelompok pada sistem yang sudah dalam koordinasi khusus efisiensi yang paling luas. Pergerakan dari organ tubuh yang terjadi merupakan semacam pekerjaan yang saling membantu satu sama lain namun begitu rumit dari serabut otot serta otot. Selain itu juga, kerangka tubuh manusia bisa dikatakan bagaikan terbungkus oleh kelompok otot-otot yang biasa dibilang sebagai daging. Karena terdapat otot, maka bagian kerangka tubuh bisa bergerak dengan mudah.

Baca juga : 7 Rekomendasi Sepeda Lipat Mirah Terbaik

Mengenal Jenis Otot

  1. Otot Polos

Otot polos terletak pada dinding organ bagian dalam manusia, contohnya pada pembuluh darah, lalu pada saluran pencernaan, lalu pada saluran kandung kemih serta pada rahim. Kemudian dinamakan otot polos sebab tak mempunyai garis yang membentuk lintang atau membentuk lurik. Lalu mengenai jumlah dari otot polos ternyata terdapat satu serta posisinya berada pada bagian tengah yang warnanya saja polos.

Ciri dan fungsi otot polos : 

Pertama, bentuk seperti kawat yang dua ujung dari otot polos ini membentuk runcing.

Kedua, memiliki 1 sel inti yang berada pada posisi tengah sel.

Ketiga, otot yang bekerja tanpa disadari, proses kerja otot yang tidak cepat, bekerja dengan teratur, serta tidak mudah kelelahan.

Keempat, ada di dinding pada tubuh bagian internal contohnya pada paru-paru, pada pembuluh darah, lambung, lalu juga pada usus, dan yang terakhir di indung telur.

Kelima, mampu membuat susunan serta membuat organ bagian dalam manusia, serta mampu bergerak dengan otomatis.

  1. Otot Lurik

Otot lurik terdapat pada kerangka dan melekatkan diri serta kebanyakan mampu menyerupai suatu jaringan otot pada tubuh. Otot lurik terletak pada bawa kontrol dari sistem saraf somatik serta membuat pergerakan dengan tenaga yang diberi untuk kerangka yang sedikit sama dengan tuas. Di dalam otot lurik ada tendon. Berupa otot yang bentuk dari ujung bagian atas memiliki dua tendon yang dinamai dengan otot bisep.

Ciri-ciri dan kegunaan otot lurik :

Pertama, otot lurik memiliki bentuk yang silinder yang mempunyai sisi yang gelap dan sisi yang lebih terang maka akan terlihat seperti lurik.

Kedua, mempunyai inti otot yang lebih banyak.

Ketiga, otot lurik melakukan tugasnya dalam keadaan sadar atas perintah otak serta bisa menghadapi rasa lelah.

Keempat, otot yang melekat pada rangka tubuh, maka dinamai dengan otot rangka.

Kelima, mampu melakukan kontrol gerak tubuh.

  1. Otot Jantung

Otot jantung adalah otot lurik yang spesial, otot ini terdiri berdasarkan sel-sel yang panjang dengan memiliki  inti otot yang banyak serta terletak pada pusat.

Ciri-ciri otot jantung :

Pertama, sel otot jantung memiliki bentuk menyerupai serabut lurik dengan bercabang-cabang.

Kedua, memiliki banyak inti sel & letaknya berada pada tengah serabut.

Ketiga, otot jantung melakukan tugasnya tanpa disadari, bekerja begitu saja dengan tak dalam perintah dari otak. Namun, pengaruhnya tergantung pada tersedianya cadangan oksigen atau oksigen yang cukup.

Keempat, membantu kerja jantung untuk memompa darah untuk dialirkan ke tubuh secara menyeluruh. 

Baca juga : Hati-Hati! Ciri-Ciri Sakit Jantung Ini Sering Diabaikan

Latihan Kekuatan Otot

Semua individu tentunya dapat dengan cepat mengurangi lemak badan dengan cara melakukan latihan olahraga seperti membakar kalori. Melakukan gerakan latihan tertentu demi menaikkan tingkatan massa otot juga salah satu trik yang cocok.

Selain itu, lakukan kombinasi dengan merencanakan latihan yaitu membiasakan diri, caranya makan makanan yang sehat, hal ini dapat hasil yang memuaskan Anda. Jika Anda sibuk dan ingin melakukan olahraga yang praktis, Anda juga bisa mencoba untuk menaiki tangga, terutama jika Anda ingin membakar lemak.

Berikut beberapa jenis olahraga untuk melatih otot :

  1. Melakukan Pendakian 

Pertama coba lakukanlah pendakian. Mendaki akan membuat Anda mendapatkan manfaatnya yang sama dengan naik tangga.

Naik tangga bahkan melakukan hiking bisa membakar kalori dalam jumlah yang sama apabila melakukan jogging dalam waktu yang sama atau rutin. Menaiki suatu bukit juga bisa membuat tubuh Anda semakin kuat.

  1. Chair Pose

Selanjutnya ada jenis yoga chair pose. Chair pose ialah jenis dari olahraga yang pas untuk melatih kekuatan otot Anda. Proses yang bisa dilakukan akan mudah, coba lakukan pose seperti ketika Anda duduk di kursi.  Jika sanggup, coba atur agar punggung masih dalam pose yang tegak & coba merentangkan tangan di depan dada lalu coba, tahan pose tersebut dalam waktu 30 detik.

  1. Panjat Tebing

Jenis olahraga yang satu ini tentu dapat membakar kalori Anda habis-habisan. Bahkan panjat tebing dapat membantu Anda dalam proses membakar kalori dia kali lipat dari sekadar naik tangga.

Kegiatan panjat tebing bisa Anda lakukan di dalam ruangan. Hal ini bertujuan untuk Anda tetap bisa melakukannya dengan aman, terutama jika masih dalam proses latihan memanjat. Setiap individu yang dalam  kegiatan panjat tebing, maka akan memanfaatkan keterampilannya dalam memecahkan suatu perkara agar tahu bagaimana cara memanjat pada setiap rutenya. 

  1. Yoga

Pada umumnya, aktivitas kelas yoga terhitung dalam latihan seperti HIIT teruntuk pada setengah dari setiap latihannya. Carilah kelas untuk khusus yoga yang dapat terhitung minimalnya sekitar 15 hingga 20 menit saja, maka sudah sedikit membuat Anda mengeluarkan keringat. Kebanyakan kelas yoga mampu mencapai pada bagian peregangan yang sangat dalam untuk memberikan tingkat fleksibel tinggi serta mampu menaikkan rasa relaksasi.

Demikian sedikit ulasan mengenai jenis-jenis otot serta ulasan mengenai jenis latihan otot yang dapat Anda coba di rumah atau bisa Anda coba dengan beberapa ahli profesional. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa latihan otot dengan sederhana, minimal lakukan peregangan 15 menit sampai 20 menit, sehingga dapat membantu Anda lebih berkeringat dan menjadikan badan Anda lebih segar bugar.

Baca juga : Begini Cara Melakukan Hanstand dan Manfaatnya

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download