Begini Cara Melakukan Handstand Dan Manfaatnya!

31 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Pada dasarnya, senam lantai memiliki teknik kombinasi yang beragam, bisa juga dipadukan dengan gerakan dasar baru yang indah. Salah satunya handstand, cara melakukan handstand sebenarnya mudah saja, asalkan mengetahui teknik yang benar terlebih dahulu. 

Sebelum mencoba melakukan handstand, penulis akan jelaskan konsep atau pengertian handstand secara singkat. 

Gerakan senam lantai yang satu ini terlihat cukup menantang, kamu perlu melakukannya dengan benar dan hati-hati. Semua orang bisa melakukan gerakan handstand dengan catatan mengetahui teknik yang benar. 

Ketika melakukannya dengan sembarangan, maka resiko cedera bisa saja terjadi. Tentunya kamu tidak mau, kan, mengalami cedera?

Baca juga: Macam-Macam Olahraga di Rumah yang Murah, Mudah, dan Efektif

Apa itu Handstand? 

Apa itu Gerakan Handstand ? Bermanfaat Hilangkan Depresi dan Kuatkan Otot  Lakukan Setiap Hari - Tribunpontianak.co.id

Handstand merupakan gerakan senam lantai atau sikap berdiri dengan menggunakan kedua tangan. Dalam hal ini kedua belah telapak tangan diposisikan sebagai tumpuan, artinya memerlukan tenaga atau kekuatan yang lebih besar. 

Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan dalam handstand, diantaranya mengayunkan kaki, melompat, mengangkat dan mendorong. Cara melakukan handstand yang baik dan benar harus memperhatikan keseimbangan dan kekuatan agar bisa menghindari resiko cedera. 

Dalam artikel ini, kamu bisa mengetahui informasi mengenai teknik dasar gerakan handstand. Pelajari dan kuasai teknik tersebut dalam melakukan handstand. Dengan menguasainya bisa mempermudah kamu mencoba gerakan handstand. 

Baca Juga: 10 Menit Saja, Ini Caranya Olahraga untuk Membakar Kalori dengan Cepat

Persiapan Sebelum Melakukan Handstand

Teknik Dasar Cara Melakukan Handstand Yang Benar

Bagi yang sudah biasa, cara melakukan handstand sangatlah mudah hanya dengan satu gerakan. Akan tetapi tetap perlu persiapan yang benar terutama pemanasan terlebih dahulu agar otot-ototnya bisa lebih lentur. 

Pemanasan memiliki peran penting, latihan handstand tanpa pemanasan bisa meningkatkan resiko cedera. kamu bisa memulainya dengan melatih otot-otot yang terlibat ketika melakukan gerakan handstand. 

Apa saja contoh gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan? 

  • Plank.
  • Push up.
  • Pull up. 

Ketika gerakan tersebut dapat membantu kamu untuk melemaskan atau melatih otot lengan, bahu dan core. Ketiganya berperan besar ketika nantinya menahan tubuh kamu melakukan handstand yang seimbang. 

Lalu bagaimana teknik dasar sebelum mencoba cara melakukan handstand itu? Simak ulasan singkatnya di bawah ini. 

  • Yang pertama bisa dimulai dengan melakukan L-stand pada dinding rumah kamu. 
  • Pastikan kedua telapak kaki menempel pada tembok atau dinding, sedangkan tumpuannya pada kedua lutut dan telapak tangan.
  • Posisikan tubuh seperti posisi yoga downward-facing dog dengan kedua kaki tetap menempel pada dinding.
  • Perlahan lakukan gerakan berjalan yang pada akhirnya kedua telapak kaki berada di tembok dan telapak tangan berposisi di lantai.

Untuk lebih jelasnya lagi, simak cara melakukan handstand berikut yang dimulai satu per satu secara berurutan. 

Cara Melakukan Handstand

Cara Melakukan Handstand yang Aman untuk Pemula - Info Sehat Klikdokter.com

Tak perlu bingung bagaimana melakukan gerakan handstand, kamu hanya perlu mengetahui teknik dasarnya secara berurutan agar bisa lebih mudah. 

Mulai dari posisi Downward-Facing Dog

Letakkan kaki pada tembok ketika kamu memulai gerakan handstand, secara perlahan pindahkan tumpuan berat badan kamu. Perpindahannya itu bisa langsung ke kaki bagian depan sampai akhirnya bertumpu pada ujung jari. 

Untuk tahap yang pertama ini pastikan kedua telapak tangan memiliki jarak selebar bahu untuk menjaga keseimbangan.

Pindahkan tumpuan badan ke tangan

Secara perlahan mulailah berjalan dengan posisi kaki semakin menjauhi lantai dengan kedua lutut agak ditekuk. Lanjutkan dengan memindahkan tumpuan berat badan ke tangan secara perlahan. 

Pastikan terlebih dahulu bahwa tangan kamu cukup kuat untuk menumpu berat badan. Cobalah berjalan sambil menguatkan otot bahu, dada atas dan core.

Luruskan satu kaki

Yang ketiga dari cara melakukan handstand adalah meluruskan salah satu kaki, cara ini dilakukan ketika tubuh kamu sudah bisa membentuk huruf L. 

Pastikan juga arah kaki sedikit memutar ke bagian dalam agar mempertahankan posisi tulang belakang. Dalam tahap ini ujung kaki bisa dalam bentuk point ataupun barbie doll. 

Angkat kedua kaki

Terakhir, jika posisinya sudah tepat bisa mencoba meluruskan kaki yang satunya lagi. Sebagai pemula, sangat dianjurkan untuk memulai meletakkan kedua ujung jari pada tembok agar posisinya bisa lebih stabil. 

Lakukan secara berulang hingga kamu berhasil mencoba cara melakukan handstand seperti yang dijelaskan di atas. Bagaimana jadinya jika kamu tidak rajin berlatih? Tentu saja keberhasilan melakukan handstand bergantung pada seberapa sering kamu berlatih. 

Untuk turun dari posisi handstand, kamu bisa turun dengan melakukan gerakan cartwheel dan kembali mengistirahatkan otot-otot bahu dan tangan. 

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Latihan Handstand

Jangan asal mencoba cara melakukan handstand, kamu harus tetap memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar terhindar dari cedera. 

Jarak antara kedua tangan

Posisi yang baik untuk jarak antara kedua tangan adalah selebar bahu, jika terlalu lebar akan mengganggu otot lain seperti tricep dan latissimus dorsi. 

Posisi bahu harus terbuka

Tulang belakang bisa saja menjadi bengkok jika bahu tertutup ketika melakukan handstand, selain itu bahu yang tertutup akan membuat otot membutuhkan lebih banyak tenaga dan mudah lelah. 

Memaksimalkan otot perut

Tak banyak yang tahu, salah satu kesalahan yang terjadi ketika melakukan gerakan handstand adalah kurang memaksimalkan otot perut dan membiarkan punggung melengkung. Cara melakukan handstand yang benar salah satunya dengan memaksimalkan otot perut bagian bawah. 

Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Olahraga yang Nyaman

Manfaat Melakukan Handstand

Sebagai salah satu gerakan senam lantai, tentu saja handstand memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan ketika dilakukan dengan benar. Bagaimana manfaat yang bisa dihasilkan oleh gerakan handstand itu?

Membantu proses detoks tubuh

Handstand berarti memposisikan kepala berada di bawah, itu artinya tubuh akan langsung merangsang sistem limfatik yang membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Selain itu bisa juga mengeluarkan berbagai zat kotor dari dalam darah.

Bisa meningkatkan konsentrasi

Karena posisinya terbalik, aliran darah ke otak bisa meningkat. Itu artinya membantu meningkatkan fungsi mental dan meningkatkan konsentrasi dalam waktu yang lama. Bahkan posisi handstand bisa meningkatkan kemampuan dalam menjaga pikiran agar tetap jernih dan tajam. 

Lakukan gerakan handstand secara teratur dan berkala untuk membantu meningkatkan konsentrasi. 

Membantu kesehatan tulang

Gerakan handstand berarti melatih menahan beban tubuh sendiri, tentu saja sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang dan menghindari resiko osteoporosis. Tulang belakang juga mendapatkan pengaruh yang baik ketika kamu berlatih secara teratur. 

Menyehatkan mata

Bagi kamu yang memiliki masalah mata, bisa melakukan handstand sebagaimana yang telah Penulis jelaskan di atas. Ketika posisi terbalik, tubuh akan mengirimkan sinyal berupa oksigen ekstra dan darah yang kaya nutrisi ke kepala.

Hal tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, selain itu gerakan handstand yang teratur bisa mencegah degenerasi makula dan masalah mata lainnya. 

Menghilangkan depresi

Gerakan handstand bisa membantu mengurangi produksi kortisol yang merupakan hormon stres pada tubuh. Para penggemar yoga percaya bahwa handstand adalah obat untuk mengurangi depresi ringan hingga meringankan sakit kepala. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba cara melakukan handstand seperti yang sudah penulis jelaskan di atas? Perhatikan beberapa hal penting dalam melakukan handstand agar bisa meminimalisir resiko cedera.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download