Inilah Deretan Lukisan Termahal di Dunia

09 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 11 Jul 2022

Lukisan merupakan salah satu karya seni yang memiliki daya tarik cukup tinggi. Selain itu, lukisan juga memiliki nilai, yang bahkan harga jualnya bisa bervariasi ketika dijual kepada kolektor. Bahkan, sampai ada deretan lukisan termahal di dunia yang sudah pasti sangat menarik untuk dibahas. 

Tidak ada harga yang jelas untuk sebuah lukisan. Sebab, setiap kolektor memiliki kesukaannya masing-masing. Biasanya, para kolektor memang menyukai lukisan karya maestro ternama. Semakin terkenal sang maestro, maka harganya pun semakin tinggi. 

Sebenarnya, selain karena pelukisnya sudah ternama, sebuah lukisan bisa memiliki nilai jual tinggi karena cerita di balik lukisan tersebut. Nah, jika kamu penasaran lukisan termahal apa saja yang ada di dunia, berikut pembahasannya.

Baca juga: Tentang Hak Paten dan Contohnya 

Deretan Lukisan Termahal di Dunia 

Lukisan Karya Leonardo Da Vinci (Salvator Mundi)

Lukisan termahal pertama berasal dari Leonardo Da Vinci. Nampaknya banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan pelukis satu ini. Karyanya yang bernama Salvator Mundi berhasil memecahkan rekor lukisan termahal ketika terjal pada angka 450 juta dollar atau sekitar Rp. 6,4 triliun. Lukisan ini terjual pada tahun 2017 di balai Lelang Christie. 

Orang yang membeli lukisan Salvator Mundi adalah pangeran Arab Saudi bernama Bader bin Abdullah bin Muhammed bin Farhan al-Saud. Beberapa waktu kemudian dikonfirmasi bahwa pembelian lukisan ini berdasarkan pada permintaan Putra Mahkota Arab Saudi, yaitu Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Salvator Mundi sendiri memiliki arti juru selamat yang menampilkan Yesus sebagai Mona Lisa versi pria. 

Lukisan termahal di dunia ini sempat hilang pad tahun 1763 dan 1900. Sampai pada akhirnya, di tahun 2005 semua catatan dan penemuan lukisan ini ditemukan oleh seorang pedagang seni Inggris. Ternyata, lukisan ini sampai memerlukan waktu 6 tahun untuk menyelidiki keasliannya, sampai pada akhirnya lukisan tersebut memang dibuat oleh Leonardo Da Vinci.

 

Sebenarnya, ada banyak sekali kabar mengenai lukisan ini. Belakangan ini ada dugaan bahwa lukisan Salvator Mundi bukanlah merupakan karya asli dari Leonardo Da Vinci, melainkan karya asistennya. Ada juga rumor yang beredar bahwa mahakarya ini disimpan di suatu tempat di Saudi. Bhakn, kabar lainnya menyatakan bahwa lukisan ini ada di yacht super mewah milik putra mahkota. 

Lukisan Karya Willem de Kooning “Interchange”

Lukisan termahal selanjutnya merupakan lukisan karya Willem de Kooning yang memiliki nama Interchange. Lukisan karya pelukis asal Belanda ini laku terjual di angka 300 juta dollar atau setara dengan Rp. 4,32 triliun pada tahun 2015. Lukisan satu ini ternyata terinspirasi dari lingkungan kota New York. 

Interchange sendiri dibeli oleh seorang miliuner asal Amerika Serikat bernama Kenneth C. Griffin. Lukisan ini ternyata menjadi lukisan termahal yang dijual pada jalur penjualan pribadi atau biasa disebut dengan private sale. 

Interchange berhasil diselesaikan oleh Willem de Kooning pada tahun 1955. Lukisan ini memiliki gaya abstrak-ekspresionis. Menariknya, kamu bisa melihat lukisan ini secara langsung ketika mengunjungi Art Institute of Chicago di Amerika Serikat. 

Lukisan Karya Paul Cezanne bernama The Card Players 

Selanjutnya, lukisan termahal di dunia adalah lukisan karya Paul Cezanne yang bernama The Card Players. Lukisan satu ini berhasil terjual dengan harga 250 dollar atau sekitar Rp. 3,5 triliun pada penjualan pribadi di tahun 2011 lalu. Pembeli dari lukisan ini berasal dari Keluarga Kerajaan Qatar. The Card Players berhasil diselesaikan oleh Paul Cezanne pada tahun 1892 atau 1893. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis 

Lukisan Karya Paul Gauguin – Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry)

Kemudian, ada juga lukisan Nafea Faa Ipoipo atau bisa disebut juga when will you marry karya Paul Gauguin. Lukisan cat minyak ini berhasil dibuat pada tahun 1892 yang terjual pad harga 210 juta dollar atau senilai dengan Rp. 2,9 triliun. Lukisan satu ini sebelumnya pernah dipinjamkan ke Kunstmuseum di Basel, Swiss kurang lebih sampai setengah abad. 

Ternyata lukisan Nafea Faa Ipoipo ini dibuat ketika Paul melakukan perjalanan pertamanya di Tahiti. Lukisan yang menggambarkan dua orang gadis yang tinggal di sebuah pulau ini kini dimiliki oleh keluarga Sheikha Al-Mayassa binti Hamad Al-Thani. 

Lukisan Karya Jackson Pollock – Number 17 A 

Lukisan termahal di dunia selanjutnya adalah lukisan karya Jackson Pollock. Jackson Pollock sendiri terkenal dengan lukisan-lukisan abstraknya yang selalu bisa terjual pada harga fantastis. Bahkan, untuk lukisan ini berhasil dijual seharga 200 juta dollar atau setara dengan Rp 2.8 triliun. 

Lukisan yang dibuat pada tahun 1948 ini dibeli oleh Kenneth C. Griffin. Untuk saat ini, kamu bisa melihat Number 17 A di Museum of Modern Art (MOMA) yang berada di New York. 

Lukisan Karya Mark Rothko – No. 6 (Violet, Green, and Red)

Selanjutnya ada lukisan karya dari Mark Rothko yang bernama No. 6 (Violet, Green, and Red). Lukisan seni kontemporer ini berhasil terjual seharga 186 juta dollar atau sekitar Rp. 2,6 triliun. Ternyata No.6 bisa terkenal karena masuk ke dalam 36 karya Bouvier Affair. 

Dalam karyanya ini, kamu bisa melihat unsur warna ungu dan merah yang terbilang kental. Menariknya memang Mark Rothko ini dikenal dengan gaya lukisan abstrak dengan beberapa blok warna.

 

Lukisan Jasper John – Flag 

Lukisan termahal di dunia yang selanjutnya adalah Flag, karya dari Jasper John. Mendengar namanya saja, kamu sudah bisa memastikan bahwa lukisan yang satu ini menggambarkan sebuah bendera Amerika Serikat. Dibuat pada tahun 1954, lukisan bendera ini berhasil terjual dengan harga sekitar Rp. 1,5 triliun. 

Jasper John sendiri merupakan seorang pelukis yang dikenal dengan aliran Exspresionis dan Pop Art. Saat ini, kamu bisa melihat lukisan flag di Museum of Modern Art, New York. 

Lukisan Pablo Picasso – Les Femmes d’Alger (Version O)

Lukisan selanjutnya yang akan dibahas adalah lukisan karya Pablo Picasso yang bernama Les Femmes d’Alger (Version O). Pablo Picasso sendiri memang dikenal sebagai pelukis yang memiliki lukisan dengan nilai jual tinggi. Untuk karyanya yang satu ini saja berhasil dijual dengan harga 179,4 dollar. 

Menariknya, serangkaian 15 lukisan ini terinspirasi dari lukisan karya Eugene Delacroix. Seri lukisan ini memang sangat menarik dan tentunya memiliki nilai seni yang tinggi. 

Lukisan Karya Andy Warhol – Silver Car Crash (Double Disaster)

Lukisan termahal di dunia yang terakhir adalah lukisan karya Andy Warhol yang memiliki nama Silver Car Crash (Double Disaster). Karya yang memiliki gaya Pop art ini berhasil dijual dengan harga sekitar Rp. 1,3 triliun. 

Itulah deretan lukisan termahal di dunia yang bisa kamu temukan. Sudah pasti berbagai karya di atas memiliki latar belakang yang menarik, sehingga hasilnya pun memiliki banyak nilai tak terduga. 

Baca juga: Panduan Bagaimana Prosedur Mengajukan HAKI 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download