7 Rekomendasi Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis

09 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Akan lebih homey rasanya jika dinding ruang tamu dilengkapi dengan hiasan. Tak hanya itu, keberadaan hiasan dinding ruang tamu dan tentunya dipadukan dengan penataan furniture yang ada bisa menambah kesan aesthetic pada ruangan tersebut. 

Tak perlu biaya mahal, ada banyak pilihan hiasan dinding ruang tamu yang bisa kalian pilih sesuai dengan budget. Mulai dari lukisan, poster, bahan bermaterial kayu, hingga cermin. 

Tips Memilih Hiasan Dinding Ruang Tamu

Memilih hiasan ruang tamu tak hanya harus disesuaikan dengan budget tetapi juga selera dan konsep ruang tamu kalian. Kalau tidak, bukannya ruang tamu terlihat aesthetic, bisa-bisa malah tampak berantakan dan tidak teratur. Sebab itulah, Kredit Pintar telah merangkum beberapa tips memilih hiasan dinding yang tepat.

  1. Konsep Ruangan

Sebelum mendekorasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan agar hiasan tersebut akan sesuai dengan konsep ruangan. Misalnya saja jika ruang tamu memiliki konsep rustic yang memberikan penekanan pada alam dan unsur natural, kalian bisa memilih hiasan yang berbahan kayu. Sehingga bisa match dengan konsep ruangan. 

Baca juga: Tips Memilih Desain Rumah Minimalis Terbaik

Sebab desain interior gaya rustic banyak menggunakan bahan-bahan dan material dari alam seperti kayu, bambu atau bebatuan. 

  1. Tentukan Ukuran Hiasan

Hal terpenting selanjutnya adalah menentukan ukuran hiasan. Sebab jika kalian salah pilih ukuran hiasan dinding, maka bukannya ruangan bakal terlihat aesthetic tetapi malah merusak keindahan. 

Misalnya saja kalian ingin menghiasi dinding dengan lukisan. Karya seni kecil tidak akan cocok dengan ruang keluarga berukuran besar. Namun jika kalian ingin memasang lukisan ukuran kecil, coba pilih lebih dari satu karya. Jika ingin memasang lukisan tersebut di belakang sofa, pastikan hiasan tak lebih besar daripada sofa. 

  1. Titik Fokus

Hiasan dinding bisa menjadi titik fokus sebuah ruangan. Untuk ruang tamu dengan dinding lebar dan memiliki warna pucat, kalian bisa memilih hiasan dengan warna yang lebih cerah. Sehingga ruangan terasa lebih hidup. Atau kalian bisa juga meletakkan foto keluarga sebagai hiasannya.   

  1. Sesuaikan Selera

Ada begitu banyak jenis hiasan dinding yang bisa kalian pilih. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu selera kalian. Sesuaikan dengan kepribadian kalian. Sehingga kalian akan merasa nyaman saat berada di ruangan tersebut nantinya. 

Jangan lupa, sesuaikan hiasan tersebut dengan furniture ruangan. Rumah kontemporer memang terlihat menarik dengan potongan dinding modern asimetris nan estetis. Namun jika kalian bingung menentukan, pilih hiasan monokrom sebab seni ini cocok untuk sebagian besar jenis ruan keluarga. 

  1. Warna

Jika dinding ruang tamu kalian berwarna pucat, pilih hiasan yang colorful.Namun jika dinding berwarna gelap, maka memilih lukisan berwarna cerah adalah langkah yang tepat. 

Sebab dalam sebuah ruangan, warna memainkan peran penting. Dengan memilih warna yang tepat, suasana ruangan akan terasa lebih homey. Begitu juga sebaliknya. 

Rekomendasi Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis

Nah jika kalian sudah memahami beberapa tips yang harus dilakukan sebelum memilih hiasan dinding, berikut rekomendasi hiasan dinding untuk ruang tamu minimalis. 

  1. Lukisan Abstrak Minimalis
Oil painting Hand made Extra Large by HuiXinZhaiArtStudio on Etsy |  Minimalism interior, Minimalist home decor, Interior

Untuk ruang tamu dengan konsep minimalis modern, lukisan abstrak bisa menjadi pilihan tepat sebagai hiasan dinding. Tak hanya itu, lukisan-lukisan dengan konsep minimalis seperti guratan atau pun goresan juga cocok. 

Bukan hanya motif lukisan yang perlu diperhatikan, bingkai lukisan juga harus jadi pertimbangan. Agar menyatu dengan konsep minimalis, pilih bingkai yang sederhana tanpa dihiasi dengan banyak ukiran atau pun ornamen-ornamen lainnya. 

  1. Kaligrafi
Modern Minimalist Home Living Room Islamic Paintings - China Home  Decoration Wall Art and Canvas Painting price | Made-in-China.com

Sumber foto: m.made-in-china.com

Selain lukisan, kaligrafi juga bisa jadi pilihan tepat sebagai hiasan dinding ruang tamu minimalis. Kalian bisa memilih kaligrafi seperti lafadz Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Tak hanya itu, kaligrafi kutipan ayat Al Quran atau pun Asnmaul Husna juga bisa jadi opsi tepat. 

Selain itu, kaligrafi tak melulu menggunakan bahasa Arab. Ada pula sejumlah kaligrafi menarik lainnya. Salah satunya menggunakan huruf China. Karya ini juga bisa memberikan sentuhan menarik di ruang tamu kalian. 

  1. Rak Kayu Tempel
Buy Hold Wall Shelf 210cm - Oak Online | RJ Living

Sumber foto: Instagram @studio.lux.interiors

Tak sekadar lukisan atau kaligrafi, hiasan dinding lain yang bisa diaplikasikan di ruang tamu adalah rak kayu tempel sederhana. Rak tempel tak hanya memberikan kesan aesthetic di ruang tamu. Hiasan ini juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan beberapa objek. 

Misalnya saja, letakkan buku favorit kalian di rak tempel tersebut. Atau kalian juga bisa meletakkan tanaman hias, action figure, atau pun foto-foto kecil. 

  1. Foto
minimalist gray living room - Online Discount Shop for Electronics,  Apparel, Toys, Books, Games, Computers, Shoes, Jewelry, Watches, Baby  Products, Sports & Outdoors, Office Products, Bed & Bath, Furniture, Tools,  Hardware, Automotive

Sumber foto: ww-99.xyz

Foto portrait atau pun foto keluarga bisa menjadi opsi tepat sebagai hiasan dinding minimalis. Jika kalian memilih konsep ruangan monokrom, akan lebih manis jika memilih hiasan foto hitam putih. 

  1. Cermin
29 Minimalist Living Room Ideas - How to Use Minimalism in Living Rooms |  Apartment Therapy

Sumber foto: Pinterest

Salah satu kendala yang dihadapi saat mendekorasi ruang tamu minimalis adalah ukurannya yang terbatas. Masalah ini bisa diatasi dengan memasang hiasan berupa cermin. 

Cermin tak hanya membuat ruangan tampak lebih cantik. Hiasan ini juga menciptakan kesan luas pada ruang tamu yang berukuran kecil. Kalian bisa memilih jenis cermin dinding (wall/hanging mirror) atau cermin lantai (floor/standing mirror) sebagai hiasan.

Baca juga: 9 Ciri-Ciri Rumah Sehat? Yuk Simak Ulasan Berikut Ini!

Setiap jenis cermin memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri. Misalnya saja, cermin dinding cenderung lebih mudah untuk didapatkan. Cermin jenis ini juga tidak terlalu memakan tempat. Di sisi lain, cermin ini juga rawan terjatuh jika pemasangannya tidak tepat. 

Sementara cermin lantai memiliki kaki sandaran yang lebih stabil. Namun jika ditempatkan di ruang tamu minimalis, cermin ini akan memakai terlalu banyak tempat. 

  1. Karya Tradisional
hiasan dinding ruang tamu minimalis

Sumber foto: Pinterest

Kerajinan dari kayu bisa juga menjadi opsi tepat untuk hiasan dinding ruang tamu. Salah satu ide hiasan dinding sederhana adalah dengan menggunakan nampan anyaman. Hiasan dinding ini tak hanya memberikan kesan cantik, namun juga menyisipkan suasana tradisional. 

  1. Kain Tradisional
Penggunaan Kain Tradisional Untuk Dekorasi Rumah

Sumber foto: Bahankain.com

Kalian juga bisa memanfaatkan kain tradisional sebagai hiasan dinding ruang tamu. Kain tradisional ini bisa memberikan kesan elegan dan etnik di ruangan tersebut. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download