Tips Memilih Desain Rumah Minimalis Terbaik

15 Nov 2021 by Laruan

Rumah minimalis telah menjadi tren rumah favorit sejak beberapa tahun belakangan. Hampir di setiap jalan dan perumahan, Anda pasti akan menemukan desain rumah minimalis dengan mudah. Meski sekilas terlihat mirip, sebenarnya ada beberapa tipe rumah minimalis yang perlu Anda ketahui.

Banyak orang mengatakan bahwa memilih rumah sama halnya dengan memilih jodoh. Anda perlu bersabar dan selektif sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Selain itu, Anda juga perlu memahami kebutuhan Anda lebih dulu agar tidak salah memilih rumah.

Tips Memilih Desain Rumah Minimalis

Nah, bagi Anda yang ingin mencari rumah dengan gaya minimalis, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Sehingga, Anda bisa mendapatkan rumah yang nyaman sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips memilih rumah minimalis yang bisa Anda gunakan:

1. Pahami Kebutuhan Anda Sendiri

Sebelum memilih desain rumah minimalis, pikirkan dulu bagaimana rumah yang Anda perlukan. Meskipun Anda menyukai rumah minimalis, bukan berarti Anda harus memilih rumah berukuran kecil atau compact. Tidak ada salahnya membeli rumah bergaya minimalis yang cukup besar jika memang dibutuhkan.

Sebagai gambaran, jika keluarga Anda berjumlah 3 orang tentu saja akan berbeda kebutuhannya dengan keluarga berjumlah 5 orang. Umumnya, rumah dengan tipe 36 atau 45 sudah cukup nyaman untuk keluarga berjumlah 3 orang.

Membeli rumah tipe 21 akan terasa terlalu sempit. Sedangkan rumah tipe 120 akan terasa terlalu luas. Baik terlalu sempit atau terlalu luas akan membuat Anda merasa kurang nyaman. Sementara, kenyamanan adalah hal yang penting saat memilih rumah.

Bagaimanapun, rumah akan menjadi tempat pulang setiap anggota keluarga. Karena itu, pengalaman tinggal di rumah harus disesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga. Sehingga pulang ke rumah tidak terasa membosankan atau justru meresahkan.

2. Pahami Tujuan Membeli Rumah

Setiap orang memiliki alasan masing-masing dalam membeli rumah. Secara umum, orang memberi rumah sebagai tempat berlindung dan beristirahat. Dan sebagian lagi membeli rumah untuk investasi. Tujuan membeli rumah dapat membantu Anda memilih tipe dan desain rumah yang akan Anda beli.

Jika tujuan Anda membeli rumah adalah untuk penggunaan pribadi dan keluarga, Anda perlu mengutamakan kenyamanan tempat tinggal. Desain interior rumah juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera anggota keluarga. Begitu juga dengan ukuran dan tipe rumah yang akan dibeli.

Sedangkan jika Anda membeli rumah untuk tujuan investasi, ada baiknya Anda memulai dengan rumah tipe 24 atau 36. Rumah tipe ini biasanya memiliki harga yang relatif terjangkau. Sehingga lebih mudah dijual dan dikontrakkan.

3. Pertimbangkan Lokasi Rumah

Setelah memahami kebutuhan dan tujuan membeli rumah, Anda perlu mempertimbangkan juga lokasi rumah yang akan Anda pilih. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan mengenai lokasi rumah. Baik rumah tersebut Anda gunakan sebagai tempat tinggal atau untuk investasi.

Pertama, lakukan pengecekan mengenai kondisi sekitar rumah. Periksa apakah lingkungan di sekitar rumah termasuk lingkungan yang ramai atau sepi. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tempat-tempat yang berada di sekitar area rumah.

Selanjutnya, perhatikan juga bagaimana lokasi rumah dengan bangunan atau fasilitas penting. Contohnya jalan besar, rumah sakit, kantor polisi, toserba, dan lain-lain. Rumah yang dekat dengan lokasi dan bangunan strategis cenderung lebih nyaman dan aman.

Selain itu, jarak rumah dengan lokasi strategis seringkali menentukan harga rumah. Semakin dekat dengan banyak lokasi strategis, semakin tinggi pula harga rumah tersebut seiring waktu. Rumah seperti ini bisa dikatakan ideal sebagai investasi di masa depan.

4. Pertimbangkan Masa Depan Rumah

Jika Anda sudah merasa cocok dengan lokasi rumah, selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan masa depan rumah. Pertimbangkan bagaimana proses pengembangan rumah nantinya.

Jika saat ini Anda memiliki keluarga berjumlah 3 orang, bisa jadi nantinya jumlah keluarga Anda akan bertambah. Karena itu, tanyakan pada pihak developer atau pengembang, apakah rumah Anda nantinya bisa dikembangkan atau tidak.

Jangan sampai jumlah keluarga Anda semakin banyak tapi ukuran rumah Anda tetap kecil dan tidak bisa diperbesar. Jika pihak pengembang mengatakan bisa, tanyakan juga seberapa jauh pengembangan rumah bisa dilakukan.

Rumah minimalis tipe 24 atau tipe 36 tentu saja berbeda pengembangannya dari tipe 120. Biasanya, rumah tipe 24 atau tipe 36 hanya bisa dibangun hingga 2 tingkat saja. Jika lebih dari 2 tingkat, desain rumah akan terlihat tidak cantik. Selain itu, pengembangan rumah melebihi batas normal juga tidak aman.

Kisaran Harga Desain Rumah Minimalis

Pada dasarnya, kisaran harga rumah minimalis cukup beragam. Tergantung tipe rumah yang Anda ambil, lokasi, dan juga kondisi rumah. Sebagai gambaran, berikut ini adalah kisaran harga rumah minimalis yang perlu Anda ketahui.

Kisaran Harga Rumah Minimalis Tipe 21

Desain rumah minimalis tipe 21 memiliki denah rumah yang berbeda-beda. Biasanya, rumah dengan tipe ini memiliki satu kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, area makan kecil, sudut untuk mencuci baju, ruang tamu, serta area parkir atau halaman.

Untuk luas rumah, rumah tipe 21 biasanya memiliki ukuran 3×7 meter. Rumah tipe ini cocok untuk orang yang tinggal sendiri atau pasangan yang belum memiliki anak. 

Harga rumah tipe 21 biasanya ada di kisaran Rp 80 juta hingga Rp 300 juta. Tergantung akses dan lokasi rumah yang Anda pilih.

Kisaran Harga Rumah Minimalis Tipe 36

Rumah minimalis tipe 36 biasanya sudah dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, serta ruang multifungsi yang bisa digunakan sebagai ruang tamu, area makan, dapur, dan sudut mencuci. Rumah tipe ini juga sudah dilengkapi dengan area parkir atau halaman.

Sebagian besar perumahan di Indonesia menggunakan rumah tipe 36. Karena luas rumah ini cukup ideal. Yaitu sekitar 6×6 m. Rumah tipe 36 juga dapat dikembangkan menjadi 2 sampai 3 lantai.

Harga rumah tipe 36 ada di kisaran Rp 100 juta hingga Rp 450 juta. Namun, harga standar rumah ini ada di kisaran Rp 300 juta. Tergantung seberapa strategis lokasi rumah yang ingin Anda beli.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Cara Membeli Rumah Minimalis

Setelah menentukan tipe dan lokasi rumah yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan rumah tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membeli rumah. Yaitu dengan cara cash, cash keras, atau kredit.

Umumnya, kredit KPR adalah cara yang paling diminati untuk membeli rumah. Untuk bisa mengajukan aplikasi KPR, pastikan rekam jejak kredit Anda sudah bersih. Sehingga, pengajuan Anda bisa lebih mudah diterima.

Selain mengajukan KPR ke bank, Anda juga bisa mengajukan pinjaman ke Kredit Pintar. Dengan sistem pengajuan yang mudah, dana yang Anda butuhkan bisa langsung cair ke rekening Anda. Sehingga, Anda bisa memiliki desain rumah minimalis impian Anda lebih cepat.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

15 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload