9 Ciri-Ciri Rumah Sehat? Yuk Simak Ulasan Berikut Ini!

16 Aug 2021 by Laruan

Memiliki sebuah tempat tinggal berlokasi strategis dan nyaman merupakan sebuah dambaan semua orang. Hampir semua orang menginginkan rumah yang sehat dan bersih. Ternyata ada loh ciri-ciri rumah sehat yang direkomendasikan oleh ahlinya.

Rumah yang memiliki tanda rumah yang jauh dari penyakit tidak selalu besar dan mewah saja Sobat Pintar. Ternyata, rumah yang terlihat sederhana pun bisa menjadi lebih baik daripada rumah sehat.

Ciri-Ciri Rumah Sehat? Yuk Simak Ulasan Berikut Ini!

Jangan mau jadi korban penipuan, baca: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut 

Karena itu, untuk menilai sebuah rumah sehat tidak bisa kita lihat pada visual dan luas rumahnya saja. Buat kalian yang penasaran mengenai tanda rumah yang jauh dari penyakit, yuk simak enam ciri-ciri rumah sehat yang kalian harus ketahui sebelum membeli rumah baru!

6 Ciri-Ciri Rumah Sehat

  1. Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik

Tanda rumah yang jauh dari penyakit yang wajib dimiliki oleh sebuah hunian adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara tersebut bisa menggunakan sistem alami atau menggunakan bantuan alat-alat elektronik yang dapat kita temukan di toko elektronik ataupun marketplace online.

Memangnya kenapa jika rumah memiliki sirkulasi yang baik, sih? Sirkulasi udara itu sangat penting Sobat Pintar. Dengan adanya sirkulasi udara di rumah, maka udara kotor yang mengendap di dalam ruangan akan digantikan dengan udara yang lebih segar dan lebih bersih karenanya.

Jadi, pastikan rumah idaman yang ingin kalian miliki sudah memiliki ventilasi udara yang baik dan lancar. Baik itu jendela, ventilasi udara, exhaust fan untuk di kamar mandi, kitchen hood untuk di daerah dapur ataupun alat elektronik seperti air purifier yang dapat membersihkan kualitas udara di dalam ruangan.

  1. Memiliki Pencahayaan Yang Baik

Tanda rumah yang jauh dari penyakit yang kedua adalah rumah yang memiliki pencahayaan yang baik.  Pastinya kalian tidak mau bukan tinggal di tempat yang gelap? Maka dari itu, pastikan rumah Sobat Pintar memiliki pencahayaan yang baik.

Cahaya merupakan salah satu hal yang penting seperti ventilasi udara. Selain memberikan cahaya yang baik saat berada di dalam ruangan, cahaya matahari pun juga membantu menjaga kesehatan tubuh.

Kelebihan lainnya, memiliki pencahayaan yang baik dapat mengurangi kelembaban di dalam ruangan, jadi Sobat Pintar tidak perlu khawatir akan lumut yang tumbuh pada dinding rumah Sobat Pintar.

Intensitas cahaya yang disarankan oleh ahli adalah 60 lux (lumens/m2) karena jarak ini dianggap mampu menjangkau seluruh ruangan di dalam rumah.

  1. Memiliki Sumber Air Bersih

Memiliki sirkulasi udara yang baik sudah, pencahayaan yang baik sudah oke, tapi rumah Sobat Pintar tidak memiliki sumber air bersih? Sama saja bohong, dong?

Air itu merupakan salah satu sumber alam yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Dengan air bersih, kita bisa mengkonsumsi air tersebut atau menggunakannya untuk keperluan rumah tangga seperti mencuci baju, masak, dan lain-lain.

Jadi pastikan kembali ya, rumah Sobat Pintar memiliki sumber air yang bersih, setidaknya 60 liter air per orang untuk seluruh penghuni rumah Sobat Pintar.

  1. Memiliki Pembuangan Limbah Yang Baik

Untuk yang satu ini jangan dilupakan ya Sobat Pintar. Sarana pembuangan limbah padat dan cair merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki sebuah rumah yang sehat.

Kenapa rumah yang sehat harus memiliki sarana pembuangan limbah yang baik? Hal ini ditujukan supaya hunian Sobat Pintar tidak menimbulkan bau pada lingkungan sekitar. Sobat Pintar tidak mau kan, rumahnya terkenal dengan bau yang tidak sedap oleh tetangga? Maka dari itu, siapkan sarana pembuangan limbah yang baik untuk menghindari masalah tersebut.

Selain itu, dengan memiliki sarana pembuangan limbah cair di rumah, Sobat Pintar turut menjaga kesuburan dan kesehatan sumber air tanah dan tidak mencemari tanah di sekitar perkarangan rumah.

Tanah yang berada di sekitar rumah kita merupakan sumber daya alam yang bisa kita manfaatkan untuk menanam pohon dan tanaman. Jika tanah tersebut sudah tercemar polusi, maka Sobat Pintar tidak dapat menanam pohon atau tanaman di halaman.

  1. Memiliki Bahan Bangunan Yang Ramah Kesehatan

Selanjutnya, rumah yang benar-benar sehat adalah rumah yang menggunakan material yang ramah kesehatan. Apa sih, maksudnya ini?

Ya, material yang digunakan dalam membuat rumah tersebut menggunakan material yang tidak menggunakan material yang berbahaya seperti menggunakan cat yang memiliki zat timbal, material berbahaya seperti asbes, wallpaper dinding yang mengandung arsenik, dan lain sebagainya.

Pastikan juga material yang digunakan untuk rumah tersebut tidak mudah menjadi sarang berkembang biak mikroorganisme yang berbahaya, dan memiliki lantai, dinding, dan langit-langit yang mudah dibersihkan oleh penghuninya.

  1. Memiliki Layout Rumah Yang Baik

Meskipun ini bukan tanda rumah yang jauh dari penyakit yang paling utama, rumah yang baik memiliki pembagian ruangan atau layout rumah yang baik. Memiliki layout rumah yang baik dapat memberikan kenyamanan bagi para penghuninya karena dapat mempengaruhi kesehatan mental penghuni.

Dengan pembagian ruangan yang baik, penghuni rumah dapat beraktivitas dengan efisien dan berinteraksi dengan keluarga dengan nyaman. Pastinya, layout rumah yang baik ini juga dapat memudahkan kita untuk membersihkan ruangan rumah.

  1. Bebas dari Kecoa

Siapa sih yang suka dengan serangga yang satu ini? Hampir semua orang pastinya tidak suka dengan keberadaan serangga yang satu ini ketika berada di rumah.

Kecoa yang ada di dalam rumah merupakan tanda bahwa hunian rumah tidak sehat dan bersih. Maka dari itu, Sobat Pintar yang ingin terbebas dari serangga parasit yang satu ini, selalu pastikan menjaga kebersihan rumah Sobat Pintar.

  1. Memiliki Pondasi Rumah Yang Kokoh

Tanda rumah yang jauh dari penyakit selanjutnya adalah rumah yang kokoh dan kuat yang memberikan kestabilan bangunan yang menghubungkan konstruksi bangunan dengan tanah.

Memiliki pondasi rumah yang kokoh juga dapat melindungi kita ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi maupun banjir. Rumah yang kokoh dapat berdiri dengan tegap dan tidak mudah roboh ketika terjadi guncangan akibat gempa bumi.

  1. Memiliki Pekarangan Yang Asri

Tanda rumah yang jauh dari penyakit yang terakhir adalah rumah yang memiliki pekarangan yang asri. Buat Sobat Pintar yang memiliki halaman yang cukup luas, kalian bisa memanfaatkan halaman tersebut dengan menanam pohon dan tanaman untuk membuat hunian rumah Sobat Pintar terlihat lebih asri dan nyaman.

Jika rumah Sobat Pintar tidak memiliki halaman yang cukup luas, Sobat Pintar bisa menggunakan tanaman hidroponik dengan cara tanam vertikal yang dikaitkan pada dinding rumah Sobat Pintar.

Jadi itulah sembilan ciri-ciri rumah sehat yang baik untuk para penghuninya. Setelah membaca artikel ini, apakah Sobat Pintar sudah mulai tertarik untuk mengupgrade rumah Sobat Pintar menjadi lebih sehat? 

Jangan mau jadi korban penipuan, baca: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload