Kenali Pola Pikir Out of The Box dan 6 Cara Melatihnya

23 Aug 2021 by Laruan

Apakah Sobat Pintar familiar dengan pola pikir out of the box? Biasanya, pola pikir ini tidak hanya dituntut untuk orang-orang yang bekerja di dunia kreatif saja, tetapi juga untuk semua kalangan. 

Dari pola pikir ini, biasanya muncul berbagai macam ide-ide kreatif dan cemerlang. Tidak heran memang jika setiap orang dituntut untuk bisa memiliki pola pikir seperti ini. Berpikir out of the box sendiri bisa dikatakan sebagai istilah yang menggambarkan cara berpikir tanpa dibatasi oleh batasan diri atau bisa juga disebut dengan cara melatih untuk berpikir di luar dari yang umum. 

Kenali Pola Pikir Out of The Box dan 6 Cara Melatihnya

Model berpikir ini memang bermuara pada kreativitas. Di mana memang cara berpikir ini membutuhkan sebuah kemampuan dan keberanian untuk bisa mematahkan suatu kebiasaan tertentu. Tentu saja di sini, Sobat Pintar harus bisa memikirkan sesuatu sejauh mungkin dan sekreatif mungkin. 

Sebenarnya cara berpikir satu ini memiliki makna tersendiri. Untuk box diartikan sebagai batasan diri. Sehingga, berpikir out of the box ini banyak yang mengartikan sebagai pemikiran seseorang yang bisa melampaui batasan dirinya. Jika melihat dari pengertiannya, maka cara berpikir ini dianggap sulit untuk dilakukan. 

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih diri agar bisa berpikir secara out of the bos. Adapun beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

Cara Untuk Melatih Pola Pikir Out of The Box 

1.Melakukan Pencarian Informasi yang Sebanyak-banyaknya 

Sebenarnya cara untuk melatih pola pikir yang tidak biasa ini bisa dilakukan dengan pencarian informasi. Di mana, informasi yang didapat tidak hanya berasal dari internet saja, melainkan dari Koran, buku dan lain sebagainya. Tentu saja, kunci dari mendapatkan informasi ini berasal dari membaca. Banyaknya sumber literatur yang dibaca bisa menambah wawasan Sobat Pintar. 

Untuk buku atau informasi yang dibaca tidak hanya tentang sains saja, tetapi juga bisa tentang kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya menata kamar secara estetik, menata buku, menata rumah minimalis dan lain sebagainya. Semakin banyak informasi yang didapatkan, maka semakin mudah juga untuk Sobat Pintar bisa berpikir out of the box. Nantinya, cabang ilmu yang didapatkan pun tidak stuck pada satu bidang saja, melainkan pada beberapa bidang. 

2.Memperluas Jaringan Relasi 

Cara melatih pola pikir yang tidak biasa yang selanjutnya adalah dengan memperluas jaringan relasi. Perlu diketahui bahwa memang lingkungan pergaulan bisa mempengaruhi pola pikir seseorang. Sobat Pintar tidak akan bisa memiliki pola pikir ini jika memang hanya bergaul dengan lingkungan yang toxic. Biasanya lingkungan seperti ini hanya menyebarkan rasa iri dan dengki saja. 

Cobalah untuk bisa bergaul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran out of the box. Sehingga nantinya, Sobat Pintar juga bisa belajar dari lingkungan tersebut. Biasanya, di dalam lingkungan ini terdapat beberapa diskusi mengenai berbagai macam hal. Selain itu, dengan lingkungan seperti ini, maka Sobat Pintar bisa bertukar pendapat, mencari ide yang bisa diterapkan di kehidupan nyata dan lain sebagainya. 

3.Selalu Mencari Banyak Pengalaman 

Kemudian, untuk bisa melatih pola pikir ini, maka Sobat Pintar harus mencari banyak pengalaman. Pengalaman ini nantinya bisa membuatmu menjadi pribadi yang baik dari hari ke harinya. Untuk bisa mendapatkan pengalaman dalam berpikir out of the box, maka bisa mengikuti komunitas, pelatihan, seminar, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. 

Ketika memilih untuk mencari pengalaman, maka Sobat Pintar harus siap bersedia mengorbankan tenaga, waktu, sampai dengan uang. Bagi beberapa orang yang bersungguh-sungguh, maka tidak akan masalah jika harus mengorbankan semua itu. Justru, hal ini akan sangat menyenangkan bagi dirinya, karena bisa mendapatkan berbagai macam hal baru. 

4.Melakukan Berbagai Hal Baru Pada Rutinitas Sehari-hari 

Cara untuk bisa melatih pola pikir yang tidak biasa yang selanjutnya adalah dengan melakukan berbagai hal baru pada rutinitas sehari-hari. Ada banyak sekali rutinitas baru yang mungkin bisa Sobat Pintar coba. Seperti misalnya berolahraga setiap pagi hari, membaca buku, dan lain sebagainya. Ada baiknya jika rutinitas baru yang dilakukan disesuaikan dengan hobi atau kesukaan. Sebab, nantinya bisa membuatmu menjadi lebih bahagia. 

5.Bisa Terbuka Terhadap Masukan Orang Lain 

Kebanyakan orang kerap tidak bisa menerima masukan orang lain. Tentu saja hal ini tidak hanya sekadar karena ego saja, melainkan merasa dijatuhkan oleh masukan orang lain pun bisa menjadi faktornya. Sebenarnya, jika lingkunganmu adalah orang-orang yang berpikir out of the box, maka masukan yang diberikan selalu bisa membangun diri. Sehingga memang Sobat Pintar harus belajar dan melatih diri agar bisa menerima masukan orang lain. 

Sebenarnya, ketika ada orang yang memberi masukan, tidak sepantasnya jika sakit hati. Nyatanya, Sobat Pintar harus bersyukur karena itu artinya mereka masih peduli. Biasanya, ruang lingkup dari masukan sendiri sangatlah luas, tidak hanya sekedar ucapan saja, melainkan sikap, sikap, sifat, cara berpikir dan cara berpakaian. 

6.Selalu Mencoba Untuk Berpikir Positif 

Cara mengatasi pola pikir yang tidak biasa yang selanjutnya adalah dengan mencoba untuk selalu berpikir kritis. Dalam berpikir kritis, Sobat Pintar akan dituntut untuk tidak langsung setuju dengan apa-apa yang dilontarkan oleh orang lain. Jika memang apa yang diucapkannya terasa kurang atau sedikit janggal, maka akan lebih baik jika Sobat Pintar memutuskan untuk menanyakan atau menyanggahnya. 

Berpikir kritis tidak hanya mengasah otak untuk bisa berpikir lebih jauh, tetapi juga membuat diri disenangi oleh siapa saja. Namun, ketika berpikir kritis, maka soroti berbagai hal yang sangat penting saja. Jangan sampai pembahasan menjadi melebar dan ujung-ujungnya tidak disukai orang lain. 

Cara Untuk Bisa Memiliki Pola Pikir Out of The Box 

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai cara mengatasi pola pikir ini, maka langkah selanjutnya Sobat Pintar harus mengetahui mengenai cara untuk bisa memiliki pola pikir ini. Perlu diketahui bahwa setiap orang bisa berpikir out of the box dengan beberapa cara di bawah ini. 

1.Mulai Keluar Dari Zona Nyaman 

Setiap orang nyatanya akan kesusahan untuk bisa keluar dari zona nyamannya. Hal ini tentu bisa menjadi penghambat, karena memang zona nyaman sendiri bisa menjadi penghalang bagi siapa saja yang ingin bisa berpikir out of the box. Oleh sebab itu, Sobat Pintar harus bisa keluar dari zona nyaman ini secara perlahan. 

2.Meninggalkan Keraguan berhasil 

Keraguan seringkali membuat seseorang kembali lagi untuk berpikir di dalam kotak. Bahkan, bisa membuatnya meninggalkan pemikiran out of the box. Tentu saja hal ini tidak baik dan hanya akan membuatmu susah berkembang. Oleh sebab itu, cobalah untuk meninggalkan keraguan. 

Itulah beberapa hal mengenai pola pikir out of the box. Pola pikir ini memang harus dimiliki oleh setiap orang, agar kehidupan yang dijalani bisa lebih berkembang. Untuk bisa melatihnya ada banyak cara melatih pola pikir out of the box yang bisa dilakukan. 

Baca juga: 2 Cara Menghubungi Kredit Pintar Call Center  

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload