Jangan Lakukan 12 Kebiasaan Buruk Setelah Makan Ini!

29 Jun 2021 by Laruan, Last edit: 29 Jun 2021
Jangan Lakukan 12 Kebiasaan Buruk Setelah Makan Ini!

Makan makanan yang sehat dan bergizi saja tidak cukup bagi kesehatan tubuh. Apa yang Sobat Pintar lakukan setelah makan sama pentingnya. Beberapa kebiasaan buruk setelah makan di bawah ini mungkin bermanfaat bagi kesehatan Sobat Pintar. Hanya saja, jika dilakukan setelah makan dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Tentunya hal ini berdampak buruk bagi kesehatan.  

Kebiasaan buruk setelah makan yang harus dihindari

Berikut adalah 12 kebiasaan berbahaya yang harus dihindari setelah makan.

1. Minum air terlalu banyak setelah makan

Meminum segelas air setelah makan dapat membantu pencernaan. Hanya saja, jika air yang Sobat Pintar minum terlalu banyak, hal ini bisa menghambat proses pencernaan dalam tubuh. 

Hal ini disebabkan karena air yang terlalu banyak dapat mengencerkan enzim pencernaan pada lambung dan meningkatkan tingkat insulin. 

Minum air dingin setelah makan juga tidak disarankan. Air dingin dapat menyebabkan penggumpalan makanan dan menunda proses pencernaan.

Para ahli menyarankan minum air hangat atau air suhu kamar 30-45 menit setelah makan.

2. Berolahraga adalah kebiasaan buruk setelah makan

Tubuh Sobat Pintar butuh waktu untuk mencerna makanan. Jika Sobat Pintar langsung melakukan aktivitas berat seperti olahraga setelah makan, maka akan mengganggu proses pencernaan. 

Kebiasaan buruk berolahraga setelah makan ini dapat menyebabkan Sobat Pintar merasa mual, sakit perut dan pusing. 

Sebaiknya tunggu paling tidak 45 menit setelah makan baru kemudian berolahraga. 

3. Berjalan, melompat, berlari 

Beberapa ahli menyarankan untuk jalan santai setelah makan. Sebaiknya tunggu setelah 30 menit karena jika Sobat Pintar langsung jalan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. 

Meskipun melompat bukan termasuk olahraga intensitas tinggi, melakukan kegiatan ini dapat meningkatkan detak jantung dan mengguncang lambung Sobat Pintar. 

Berlari juga merupakan kebiasaan buruk setelah makan. Ketika Sobat Pintar mulai lari dengan perut kenyang, Sobat Pintar akan merasakan sakit pada bagian perut. 

4. Berenang 

Berenang membuat Sobat Pintar merasa segar terutama di cuaca yang panas. Tetapi, jangan berenang setelah makan. Perut Sobat Pintar bisa saja kram dan kondisi terburuknya bisa menyebabkan Sobat Pintar tenggelam. 

5. Tidur, jangan lakukan kebiasaan buruk ini setelah makan

Biasanya setelah makan pasti merasa ngantuk. Ingin rasanya untuk tidur sebentar. Tetapi kebiasaan tidur setelah makan buruk bagi kesehatan Sobat Pintar. 

Tidur setelah makan dapat menyebabkan sakit maag dan gangguan pernafasan ketika tidur. 

Maka dari itu, hindari kebiasaan buruk tidur setelah makan untuk menjaga kesehatan tubuh. 

6. Makan buah

Buah-buahan adalah sumber makanan yang kaya dengan vitamin, nutrisi, dan mineral. Tubuh Sobat Pintar tidak dapat menyerap nutrisi dari buah jika langsung dikonsumsi setelah makan berat. 

Buah yang Sobat Pintar makan setelah makan siang atau malam yang berat dapat ikut menggumpal. Buah yang tidak dapat dicerna dengan baik akan mulai membusuk di dalam perut Sobat Pintar dan menghasilkan gas. 

Waktu yang tepat untuk makan buat adalah 1-2 jam setelah makan berat. 

7. Minum teh atau kopi

Teh mengandung senyawa fenolik yang dapat menghalangi proses penyerapan zat besi pada tubuh. Maka dari itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan tubuh Sobat Pintar mengalami kekurang zat besi sehingga tingkat hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh Sobat Pintar menurun. 

Minum kopi langsung setelah makan juga kurang baik karena dapat memperlambat proses penyerapan mineral lain dan zat besi di dalam tubuh. 

Sobat Pintar boleh minum teh hijau, teh jahe, atau minuman herbal lainnya untuk memperlancar proses pencernaan. 

8. Melonggarkan tali pinggang, hindari kebiasaan buruk setelah makan ini

Sebagian orang cenderung melonggarkan tali pinggang karena merasa terlalu sesak setelah makan. Hal ini menandakan bahwa Sobat Pintar makan terlalu banyak. 

Kebiasaan buruk setelah makan ini dapat memberikan ruang pada usus untuk menekuk sehingga dapat menghambat proses pencernaan. 

Selain itu, kebiasaan meregangkan bagian perut juga dapat menyebabkan lemak perut semakin bertambah. 

Karena itulah, Sebaiknya makan secukupnya saja sehingga Sobat Pintar tidak merasa harus melonggarkan tali pinggang. 

9. Mandi 

Mandi setelah makan adalah sebuah kebiasaan buruk karena aliran darah langsung menuju kulit untuk menyeimbangkan suhu badan. 

Hal ini dapat menghambat proses pencernaan. Jika Sobat Pintar memang ingin mandi, sebaiknya tunggu sekitar 30 menit setelah makan. 

10. Kebiasaan merokok setelah makan buruk bagi kesehatan

Bagi Sobat Pintar yang merokok, ingin rasanya untuk langsung menyalakan rokok setelah makan. Bagaimanapun merokok adalah kebiasaan buruk, tidak hanya setelah makan saja. 

Merokok setelah makan dapat memperburuk kesehatan Sobat Pintar. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan sindrom iritasi pada usus besar dan menimbulkan penyakit lainnya. 

11. Menggosok gigi

Menggosok gigi adalah kebiasan yang baik sebelum tidur. Hanya saja, menggosok gigi setelah makan tidak baik karena dapat merusak gigi karena konsumsi makanan yang asam. 

Gosok gigi setelah makan juga dapat merusak lapisan gigi. Paling tidak tunggu sekitar 30 menit untuk jika Sobat Pintar ingin menggosok gigi setelah makan. 

12. Menyetir

Setelah makan, secara alami persediaan darah akan meningkat juga untuk membantu pencernaan. 

Akibatnya, pasokan darah ke otak akan terpengaruh sehingga mungkin saja Sobat Pintar kehilangan daya konsentrasi. 

Karena alasan itulah, bukan ide yang bagus untuk langsung menyetir kendaraan setelah makan makanan berat. 

Tunggu sekitar 30 menit agar konsentrasi Sobat Pintar lebih baik dan memastikan Sobat Pintar selamat dalam perjalanan. 

Tips yang bisa Sobat Pintar lakukan setelah makan

Setelah mengetahui apa saja hal yang tidak boleh Sobat Pintar lakukan, berikut beberapa tips dan rekomendasi apa yang bisa Sobat Pintar lakukan setelah makan:

1. Jalan kaki selama 10 menit (selang 30 menit setelah makan)

Berjalan-jalan di luar dapat membantu menjernihkan pikiran dan juga membantu meningkatkan kadar gula darah. Bukan berarti Sobat Pintar bisa jadi kurus. Hal ini hanya membantu mengatur tubuh dan membantu pencernaan.

2. Santai dan jangan stress

Merasa bersalah setelah makan berlebihan dapat menyebabkan perilaku makan berlebihan.

Banyak orang merasa jika terlanjur makan berlebihan, mereka tetap harus melanjutkan kebiasaan itu sepanjang hari. Daripada stress, karena kebanyakan makan, ya santai saja dan hindari mengulangi perilaku tersebut

3. Minum air secukupnya saja

Minum air dapat membantu mengeluarkan sebagian natrium yang telah Sobat Pintar konsumsi.

Jangan minum terlalu banyak air jika Sobat Pintar terlalu kenyang. satu gelas saja cukup. Pastikan Sobat Pintar terhidrasi.

4. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang ditemukan dalam yogurt dan makanan kultur lainnya yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan.

5. Rencanakan menu selanjutnya

Buatlah rencana untuk waktu makan selanjutnya, contohnya makan malam agar terhindar dari makan berlebihan. Pikirkan makanan apa yang akan Sobat Pintar konsumsi untuk menyeimbangkan gizi, mencakup protein tanpa lemak, buah-buahan dan sayuran.

6. Melatih kesadaran ketika makan

Latih makan dengan penuh perhatian selama makan berikutnya, yang akan mengharuskan Sobat Pintar mengunyah makanan dengan saksama,

Cobalah untuk mengunyah sebanyak 20-30 kali. Hindari makan sambil duduk di depan televisi atau menggunakan ponsel. Fokus saja pada makanan yang Sobat Pintar makan. Sobat Pintar akan semakin puas dan menikmati makanan Sobat Pintar. 

Itulah 12 kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari setelah makan. Jika pun ingin melakukan kegiatan tersebut, Sobat Pintar bisa menunggu terlebih dahulu paling tidak selama 30 menit.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Jun 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download