Anak Sulit Makan? Atasi Dengan Cara Berikut

01 Sep 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar!

Menghadapi anak yang sedang tidak ingin makan merupakan salah satu tantangan bagi orang tua. Banyak orang tua yang merasa stress dan frustasi menghadapi keadaan ini.

Menolak makanan merupakan salah satu fase normal yang akan dilalui anak-anak, tak terkecuali usia 6-9 tahun, pada saat masa perkembangan.

Banyak penyebab mengapa anak sulit makan, mulai dari karena ketakutan atas tekstur, aroma, bahkan rasa makanan itu sendiri, ada juga yang dikarenakan hal yang lebih serius, seperti intoleransi makanan, atau sedang dalam keadaan kurang fit.

Lalu, bagaimana cara mengatasi anak yang sulit makan? Berikut ini adalah cara yang dapat kamu coba :

1.Beri makanan berkala dalam porsi kecil

Kamu bisa mencoba untuk memberikan anak makan secara berkala atau sering dalam porsi yang kecil, dibandingkan dengan porsi yang langsung besar.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan untuk memberi jarak minimal tiga jam sebelum masuk ke waktu makan selanjutnya.

Dengan begitu, anak akan lebih merasakan kapan lapar dan kapan kenyang. Hal ini membuat porsi makannya lebih pas saat waktu makan tiba.

2. Sajikan makanan dengan tampilan menarik

Kamu bisa berkreasi dengan menghias makanan sehingga terlihat menarik untuk menarik perhatian anak.

Kamu bisa membentuk bahan-bahan makanan menjadi bentuk yang lucu, sehingga anak menjadi tertarik untuk mencicipi makanan.

Kamu juga dapat melihat inspirasi bentuk makanan untuk di contoh di internet loh, seperti contoh dibawah ini

3. Makan bersama

Waktu makan merupakan waktu yang baik untuk berkomunikasi dan mempererat bonding. Kamu bisa mencoba untuk mengajak anak untuk makan bersama dan memberikan contoh untuk ditiru oleh anak.

Apakah artikel ini membantu kamu? Berikan komentar kamu dibawah ini ya!

mobile-closeKredit PintarDownload