Jarang Diketahui! Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat!

17 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 22 Nov 2021

Marshaller atau biasa kita kenal dengan tukang parkir pesawat belakangan ini ramai diperbincangkan di dunia maya dengan profesinya yang cukup unik. Bayangkan saja, ternyata gaji tukang parkir pesawat ini memiliki nominal yang cukup besar.

Tidak seperti tukang parkir yang sering kita temukan di minimarket, marshaller ini memiliki kemampuan dan keahlian untuk memarkirkan pesawat yang masuk ke bandara. Tentunya, mereka bekerja secara legal, ya.

Berdasarkan beberapa sumber yang kami temukan, gaji tukang parkir pesawat ternyata bisa mencapai mulai dari Rp.500.000.000 atau 500 juta hingga Rp.1.000.000.000 atau 1 miliar per tahunnya. Tentu, gaji mereka ini tergantung dari maskapai penerbangan tempat mereka kerja hingga pengalaman yang mereka miliki.

Lalu, bagaimana dengan prospek kerja marshaller di Indonesia? Apakah mereka memiliki potensi gaji yang setara seperti di luar negeri? Cari tahu jawabannya disini!

Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat (Marshaller)

Mereka mungkin memang mendapatkan gaji yang terbilang cukup besar. Namun, tingkat resiko pekerjaan mereka juga terbilang sangat tinggi karena mereka harus teliti dan berhati-hati saat memarkirkan pesawat. 

Untuk kisaran gaji tukang parkir pesawat di Indonesia sebenarnya mengikuti standar gaji di UMR, tapi mereka juga mendapatkan tunjangan-tunjangan lainnya seperti keahlian, pengalaman, dan faktor-faktor lain.

Jadi, rata-rata gaji tukang parkir pesawat di Indonesia sekitar 5-6 juta per bulan. Namun, itu diluar tunjangan yang mereka dapatkan, ya. Semakin banyak jam terbang yang mereka miliki, semakin besar pula gaji yang mereka dapatkan.

  1. Kebijakan Gaji Dari Pihak Maskapai

Setiap maskapai memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan gaji tukang parkir pesawat mereka. Jadi, kisaran gaji tukang parkir pesawat tidak bisa kita samaratakan besarannya. Bisa jadi di maskapai Z menawarkan gaji yang tinggi dan maskapai K menawarkan gaji setara UMR.

  1. Mengikuti Peraturan Negara

Selain kebijakan dari setiap maskapai, standar gaji tukang parkir pesawat juga sudah disesuaikan dengan peraturan dan kemampuan negara. Di Indonesia saat ini sistem minimum upah sudah di tetapkan dalam UMR yang berbeda-beda di setiap provinsi. Jadi, kemungkinan gaji yang mereka terima juga mengikuti UMR di provinsi lokasi mereka.

  1. Pengalaman Kerja

Seperti pekerjaan pada umumnya, gaji mereka juga diukur berdasarkan pengalaman kerja. Semakin lama mereka memiliki jam kerja, maka semakin tinggi pula maskapai mempertimbangkan untuk menggaji mereka dengan tinggi.

  1. Keahlian Khusus

Jika Sobat Pintar memiliki keahlian khusus seperti bisa berbahasa asing Jepang dan Bahasa Inggris, mungkin ini akan menjadi nilai lebih untuk menaikkan gaji Sobat Pintar. Selain itu, memiliki keahlian khusus atau ilmu penerbangan yang lebih juga menjadi patokan maskapai untuk memberikan gaji yang lebih tinggi.

Kenapa Harus Ada Profesi Juru Parkir Pesawat?

Pesawat memiliki ukuran yang sangat besar, tentunya memarkirkan kendaraan yang satu ini tidaklah mudah. Ada banyak blind spot yang tidak terlihat oleh pilot dan co-pilot. Makannya profesi ini sangat dibutuhkan di setiap bandara.

  1. Sebagai Pemandu Parkir

Seperti yang sudah kami jelaskan, badan pesawat memiliki ukuran yang besar. Maka dari itu marshaller dibutuhkan untuk memandu pilot ke lokasi parkir yang sudah ditetapkan.

Cara memarkirkannya pun tidak seperti tukang parkir pada umumnya yang mengandalkan suara “Mundur, Mundur!” Mereka mengandalkan gesture atau gerak badan untuk berkomunikasi dengan pilot. Tentunya, gesture yang mereka gunakan ini sudah ditetapkan secara internasional.

Selain itu, mereka juga dituntut untuk tetap memarkirkan pesawat di saat kondisi cuaca buruk juga. Bayangkan, di saat siang hari yang cerah saja, kita bisa kewalahan memarkirkan mobil, apalagi saat hujan?

  1. Memiliki Peran Penting

Mereka juga memiliki peran yang penting sebagai pengirim pesan pilot kepada pihak bandara sewaktu-waktu mereka membutuhkan teknisi pesawat.

  1. Minimal Memarkirkan 5 Pesawat Sehari

Bisa dibilang, profesi yang satu ini memiliki jam kerja yang cukup panjang, yaitu 13 jam sehari atau kurang dari 13 jam (jika menggunakan sistem shifting).

  1. Memiliki Peralatan Khusus

Meskipun mereka hanya juru parkir, tapi mereka memiliki peralatan khusus saat bertugas seperti penutup kuping, sepatu dengan ujung besi, jaket neon, dan tongkat LED.

Peralatan khusus ini diwajibkan dipakai untuk mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Seperti tidak dapat mendengar akibat bising mesin pesawat, cedera saat memarkirkan, dan lain-lain.

Bagaimana Caranya Untuk Menjadi Marshaller?

Buat Sobat Pintar yang sudah tertarik menjadi juru parkir pesawat ini pasti bertanya-tanya, “saya harus kuliah jurusan apa untuk bisa menjadi marshaller?” atau “persyaratan apa saja yang harus saya miliki untuk menjadi seorang marshaller?” Berikut persyaratannya:

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Namun, beberapa maskapai menetapkan umur maksimal juru parkir pesawat hingga 24 tahun.
  2. Memiliki tinggi badan minimal 158 cm-160 cm untuk wanita, dan 165 cm – 170 cm untuk pria.
  3. Memiliki berat badan ideal berdasarkan kalkulator body mass index
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Minimal pendidikan SMA dan sederajat
  6. Dapat berkomunikasi dengan baik
  7. Memiliki penampilan menarik dan kepribadian yang baik
  8. Memiliki kemampuan dalam menangani penumpang
  9. Harus mengikuti pelatihan khusus untuk mempelajari membaca sinyal

Persiapan Sebelum Menjadi Tukang Parkir Pesawat

  1. Sesuai Dengan Persyaratan

Sobat Pintar harus memastikan bahwa Sobat Pintar sudah memenuhi persyaratan umum yang sudah kami jelaskan di atas. Jika tidak, maka Sobat Pintar bisa berusaha lagi untuk mencapai persyaratan yang telah dibuat.

  1. Persiapkan Mental Sebaik Mungkin

Menjadi seorang marshaller tidak mudah. Sobat Pintar setidaknya harus memiliki kondisi fisik yang fit, karena kalian pasti akan lebih sering di luar dan terkena hujan saat kondisi buruk.

Selain itu, seorang marshaller juga harus memiliki penglihatan yang baik. Hal ini wajib dimiliki oleh setiap marshaller untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti menabrak badan pesawat lain atau kejadian-kejadian lain yang tidak diinginkan.

  1. Belajar Ilmu Penerbangan

Meskipun Sobat Pintar hanya berprofesi sebagai juru parkir pesawat, setidaknya Sobat Pintar harus memahami industri penerbangan. Mulai dari istilah-istilah yang mereka gunakan, sejarah penerbangan, dan ilmu-ilmu penerbangan lainnya. Dengan begitu, Sobat Pintar tidak akan terlalu kaget dan bingung saat berkomunikasi dengan rekan kerja.

Tertarik Dengan Gaji Tukang Parkir Pesawat?

Terlepas dari besaran gaji tukang parkir pesawat yang mereka terima, pekerjaan ini tidak bisa kita bilang mudah. Meskipun profesi ini jarang dikenal oleh masyarakat, mereka memiliki peran yang sama penting seperti pilot dalam menjaga keselamatan penumpang.

Makannya, untuk menjadi seorang marshaller, mereka harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh setiap maskapai atau pihak bandara. Makannya, gaji tukang parkir pesawat yang besar sangat sepadan dengan beban kerja mereka.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download