Miliki 8 Mindset Orang Sukses yang Bikin Hidup Optimis

17 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 24 Jan 2022

Kesuksesan bukanlah sesuatu yang dapat diraih dalam semalam. Ada hal yang harus dilakukan, misalnya memiliki dan menerapkan mindset orang sukses dalam hidup. Mengapa demikian? Simak ulasan di bawah ini untuk menjawab rasa penasaranmu. 

Miliki 8 Mindset Orang Sukses yang Bikin Hidup Optimis

Sekilas Tentang Mindset Orang Sukses

Mindset merupakan serangkaian pola pikir yang terbentuk karena pengalaman, kebiasaan serta keyakinan. Hal inilah yang akan mempengaruhi perilaku, cara berpikir serta memberikan pandangan tentang suatu hal sebelum mengambil keputusan. 

Tanpa disadari, mindset dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman. Nah, secara umum, jenis mindset sendiri terdiri dari 2, yakni Fixed Mindset dan Growth Mindset. 

Fixed Mindset (Mindset Tetap)

Miliki 8 Mindset Orang Sukses yang Bikin Hidup Optimis

Fixed Mindset merupakan jenis mindset tetap pemikiran yang menetap pada suatu hal. 

Contohnya ada seseorang meyakini bahwa kepintaran yang dimiliki adalah bawaan lahir. Nah, orang semacam ini biasa merasa malas untuk mendalami hal lainnya, karena merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki. 

Sederhananya, orang dengan fixed mindset cenderung akan menutupi diri jika ada perubahan. 

Padahal, segala bentuk kemampuan seseorang harus terus mengikuti perkembangan zaman. 

Growth Mindset

Growth mindset merupakan pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri yang ingin berkembang dalam segala bidang. Orang yang mempunyai mindset jenis ini akan merasa ingin belajar terus hingga keinginan terwujud. 

Seorang Psikolog, Carol Dweck bahkan mengungkapkan bahwa orang yang memiliki mindset ini dapat meraih banyak hal daripada fixed mindset. 

Lantas, bagaimana kunci mindset orang sukses yang harus Sobat Pintar miliki? Cek di bawah ini.

Baca juga : Ketahui 4 Cara Bangkit Dari Kegagalan Secara Tepat 

8 Cara Membangun Mindset Seperti Orang Sukses

Miliki 8 Mindset Orang Sukses yang Bikin Hidup Optimis

Untuk meraih kesuksesan, Sobat Pintar harus terinspirasi dan memiliki mindset orang sukses. Begini cara membangun mindset orang sukses.

1. Fokus

Kunci pertama adalah fokus. Tidak menampik, sejak teknologi internet semakin berkembang, Sobat Pintar tidak akan kesulitan  mendapatkan akses informasi. 

Namun, kemajuan ini kerap kali membuat tidak fokus. Untuk dapat kembali fokus ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti:

1. Melakukan metode “Fully on” serta “Fully off”

Agar tetap fokus pada suatu tujuan, maka Sobat Pintar harus menerapkan metode “Fully On” atau menghindari segala hal yang dapat mengalihkan perhatianmu. 

Jadi, matikan ponsel, TV atau musik yang mempunyai potensi untuk membuatmu terdistraksi. 

Sebaliknya, apabila Sobat Pintar berada dalam fase “Fully Off”, jangan sekalipun memikirkan pekerjaan dan beristirahat sepenuhnya. 

2. Membagi Waktu Untuk Setiap Jenis Pekerjaan

Multitasking itu baik, namun tidak selalu mudah untuk dilakukan. Selain mengganggu konsentrasi, juga berpotensi membuat kualitas pekerjaan menjadi tidak baik. 

Sebaiknya, Sobat Pintar mulai menjadwalkan apa saja yang harus dilakukan dan berilah deadline waktu selesai untuk masing-masing pekerjaan tersebut. Selain membuatmu menjadi lebih fokus, juga memotivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan itu. 

2. Komitmen

Mempunyai komitmen membuat target keinginan dapat terwujud dengan mudah. Mulaikan berkomitmen untuk hal-hal kecil, misalnya menyelesaikan 1 proyek sebelum berganti ke proyek yang lain. 

Berkomitmenlah pada hal-hal yang sanggup ditepati, sebab hal ini menjadi sesuatu yang harus dikuasai untuk jangka panjang. 

Mulailah dengan pertanyaan pada diri sendiri “ Apa yang hendak diraih dari hidup ini”. Perlu diketahui, bahwa kebanyakan orang sukses akan mempunyai pola pikir yang lebih matang. Sehingga Sobat Pintar sudah harus memetakan banyak hal di awal demi meraih  kesuksesan. 

3. Memaksimalkan Waktu

Selanjutnya, kunci dan cara membangun mindset seperti orang sukses adalah menggunakan waktu secara maksimal. Cobalah mengoptimalkan 3 jam pertama di dalam harimu. 

Berdasar hasil sebuah penelitian, otak manusia dapat bekerja dengan optimal setelah bangun tidur, tepatnya di 3 jam pertama. 

Mengapa? Karena pada waktu tersebut, otak masih fresh dan masih banyak energi untuk aktivitas. Ikuti tips berikut untuk memaksimalkan waktu tersebut, seperti:

  • Hindari mengecek sosial media
  • Fokus pada pekerjaan yang menghasilkan
  • Membuat jurnal kegiatan 
  • Melakukan meeting ketika pagi hari
  • Berolahraga, ibadah atau meditasi agar rileks serta bersemangat

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Rekomendasi situs Untuk Mencari Ide Bisnis

4. Cintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri dapat memberikan dampak psikologis yang luar biasa. Selain itu, Sobat Pintar bisa mengetahui mana yang menjadi prioritas utama sehingga tidak akan terganggu. 

5. Learn , Relearn dan Unlearn

Pahami, bahwa ilmu yang diperoleh tak selamanya  relevan dan belum tentu dapat bertahan di masa datang. Oleh karena itu, Sobat Pintar tidak boleh merasa lelah saat belajar mengembangkan kemampuan baru. 

Kebanyakan orang sukses mengembangkan growth mindset, dengan mengakui kegagalan. Dengan demikian, Sobat Pintar akan terus belajar dan termotivasi untuk meraih kesuksesan.

6. Berani Ambil Risiko

Cara membangun mindset orang sukses lainnya adalah tidak takut mengambil risiko. Dengan pemikiran seperti ini, Sobat Pintar akan menunjukkan kegigihan dalam meraih sesuatu, terus melangkah dan siap mengambil risiko. 

Beberapa orang sukses melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk memulai hal baru yang membawa kesuksesan. Sobat Pintar pun sebaiknya meniru hal tersebut. 

7. Mempunyai Rasa Keingintahuan Yang Tinggi

Mindset dari orang sukses yang harus dimiliki adalah rasa keingintahuan yang tinggi. Dengan begitu, Sobat Pintar akan merasa haus untuk terus belajar. Hal ini menjadi kunci sukses. 

8. Selalu Mengapresiasi Kesuksesan Orang Lain

Berikutnya, cara membangun mindset yang dapat dilakukan adalah memberi apresiasi kepada orang lain. Merasa iri dengan kesuksesan orang lain hanya akan menghambat kesuksesanmu. Mengapresiasi orang lain yang sukses dapat mengurangi rasa isi, dendam. Selain itu, Sobat Pintar juga dapat fokus pada hal-hal yang positif. 

Baca Juga : Ketahui 4 Cara Bangkit Dari Kegagalan Secara Tepat

Demikianlah ulasan tentang mindset orang sukses yang bisa menjadi kunci dalam menjalankan hidup. Fokus, punya komitmen, berani mengambil risiko dan beberapa cara membangun mindset di atas dapat diterapkan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.  Selamat mencoba, ya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download