Cara Usaha Online Tanpa Modal

04 May 2022 by Laruan, Last edit: 12 May 2022

Cara usaha online tanpa modal menjadi topik yang paling banyak dicari. Namun, apakah mungkin sebuah bisnis bisa kita mulai tanpa modal?

Di zaman yang serba canggih ini, hampir semuanya bisa dilakukan tanpa modal, termasuk membuka usaha. Ada banyak cara memulai bisnis online tanpa modal yang bisa memberikan keuntungan fantastis. 

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu strategi bisnis. Bisnis online juga memerlukan cara khusus agar tujuan bisnis yang diinginkan tercapai. Salah strategi, bisnis yang Anda jalani bisa saja berhenti di tengah jalan.

Strategi buka usaha online

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat membuka usaha online. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat mendirikan usaha online:

1. Lakukan riset

Cara usaha online pertama yang harus Anda lakukan adalah riset. Riset tak perlu yang rumit. Anda bisa melakukan riset kecil untuk melihat berbagai peluang usaha. 

Anda hanya perlu memeriksa hal atau komoditi apa yang saat ini dibutuhkan atau sedang populer di pasar.

Lalu tentukan juga target pasar yang ingin Anda tuju. Penentuan target bisa dari jenis kelamin, usia, atau demografi calon konsumen.

2. Teliti Harga di pasar

Setelah melakukan riset mengenai produk apa yang sedang populer atau dibutuhkan di pasar, cara usaha online berikutnya adalah mencari tahu harga dari produk yang sudah ada. 

Anda bisa membandingkan harga dari setiap kompetitor dengan melakukan survei kecil-kecilan di toko. Hasil dari survei tersebut bisa Anda jadikan patokan untuk harga jual 

Anda nantinya. Dalam hal ini, hinari memasang harga yang lebih mahal dari kompetitor. Namun, Anda juga harus memperhatikan kualitas produk.

Baca juga:Begini Cara Main Catur yang Tepat Untuk Pemula

3. Membuat akun media sosial

Cara buka usaha online berikutnya adalah membuat akun media sosial. Anda bisa memanfaatkan instagram, tiktok, atau facebook untuk memasarkan produk Anda.

Buat konten yang menarik agar produk Anda juga mendapat perhatian dari orang yang melihat akun media sosial Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak di akun media sosial Anda agar calon konsumen bisa melakukan pembelian produk dengan mudah.

4. Konsisten memasarkan produk

Konsistensi adalah kunci penting dalam mencapai kesuksesan, termasuk dalam berbisnis online. Jadi, Anda harus siap untuk mempromosikan produk Anda secara rutin. Kalau perlu, buat perencanaan postingan untuk satu bulan agar tidak ada yang terlewat. 

Lalu sediakan hari khusus dimana Anda wajib melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan sekali dalam sehari atau minimal tiga kali dalam seminggu. Buat konten semenarik mungkin agar calon konsumen juga tertarik. 

Jika memungkinkan, Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer. Biasanya, ada beberapa influencer yang menyediakan jasa endorse gratis untuk usaha kecil.

5. Gunakan email marketing

Anda juga bisa menggunakan email marketing untuk memasarkan produk Anda. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat email penawaran lalu mengirimkannya ke target konsumen. 

Saat ini, ada banyak aplikasi email marketing gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengirim ratusan email dalam waktu yang cepat. Jadi, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memperkenalkan produk Anda.

6. Bangun brand image

Agar produk Anda lebih dikenal, Anda juga perlu membangun brand image. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten berseri, seperti video pendek periodik. 

Anda juga bisa membuat promosi atau memberikan giveaway agar jangkauan pengunjung ke sosial media Anda lebih banyak. Dengan cara ini, jumlah orang yang tahu produk Anda juga lebih banyak.

Baca juga: Inilah 6 Macam Online Board Games yang Seru

Ide Bisnis online tanpa modal

Setelah mengetahui berbagai cara usaha online, hal yang tak kalah penting untuk Anda lakukan adalah mencari ide bisnis online yang bisa dilakukan tanpa modal. Ada banyak ide bisnis online yang bisa dilakukan tanpa modal, seperti berikut:

1. Menjadi dropshipper

Dropshipping adalah metode bisnis yang dilakukan dengan menjual produk pihak ketiga tanpa menyimpan produk dalam stok. Jadi, Anda tinggal membeli produk dari pihak ketika saat ada pesanan saja. Pihak ketiga bisa berupa grosir atau pabrikan. 

Ketika menjadi dropshipper, Anda hanya perlu membeli barang ketika ada pesanan saja dengan jumlah yang sesuai, dengan yang diminta konsumen.

Jadi, Anda tak perlu keluar modal terlebih dahulu atau menyediakan tempat khusus untuk menyimpan stok barang.

2. Bisnis makanan

Bisnis online makanan ini bisa kalian lakukan dengan sistem pre order. Jadi, kalian meminta customer untuk membayar terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa menawarkan beberapa menu terlebih dahulu. Lalu tunggu sampai ada beberapa orang yang memesan. 

Setelah jumlah pesanan dirasa cukup, Anda bisa meminta uang pembayaran terlebih dahulu dan menggunakan uang tersebut sebagai modal. Sebenarnya, penjualan sistem pre order ini juga bisa dilakukan tak hanya untuk bisnis makanan. Anda juga bisa menerapkannya untuk jual beli pakaian atau sejenisnya.

Baca juga: 7 Game Nomor 1 di Playstore Pada 2022

3. Jasa titip

Jasa titip adalah bisnis tanpa modal yang dilakukan dengan menawarkan pembelian barang dari suatu tempat untuk mendapatkan keuntungan dari barang yang menjadi titipan. Saat melakukan usaha jasa titip, Anda bisa membeli barang saat terdapat pesanan. Setelah itu, jual kembali dengan harga yang lebih tinggi sebagai ongkos penitipan.

Anda juga bisa meminta sang pemesan untuk membayar terlebih dahulu sebelum barang diterima. Jadi, uang yang dibayarkan nantinya bisa Anda gunakan untuk membeli barang titipan.

4. Jual jasa copywriting

Bagi Anda yang hobi menulis, Anda juga bisa melakukan bisnis online dengan menjual jasa copywriting. Di era digital ini jasa copywriting banyak dicari perusahaan. Sebagai promosi, 

Anda bisa membuat blog yang berisi tulisan Anda atau membuat microblog yang Anda posting di instagram. Anda juga bisa memanfaatkan platform yang mewadahi para freelancer untuk menjual jasa copywriting. 

Hal yang dibutuhkan untuk terjun ke bisnis ini adalah skill. Jadi, Anda harus mengasah kembali kemampuan menulis Anda dengan banyak membaca.

Itulah berbagai cara usaha online dan ide bisnis online tanpa memerlukan modal. Sebenarnya, ada banyak bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal. Kita hanya perlu melakukan riset untuk mengetahui jenis bisnis apa yang cocok dengan diri kita. Setelah memutuskan bisnis apa yang sesuai, komitmen adalah cara usaha online yang penting, Sebab tanpa komitmen, tak akan ada usaha yang bisa berjalan lancar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download