Inilah 6 Macam Online Board Games yang Seru

19 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 04 Mar 2022

Bermain online board games bisa menjadi alternatif kegiatan baru untuk menghabiskan waktu senggang saat liburan. Permainan ini juga bisa Anda lakukan saat sedang beristirahat dari aktivitas sehari-hari. 

online board games

Namun, bagi Anda yang mau mencari hiburan karena bosan, bermain game boarding seperti ini juga bisa menjadi keputusan yang tepat. Bermain game papan akan membuat Anda merasa terhibur dan tidak bosan lagi. 

Setiap kali Anda merasa bosan, coba alihkan rasa bosan tersebut dengan bermain game. Ada banyak opsi permainan yang bisa Anda pilih saat ini, dan salah satunya adalah bermain boarding game. 

Bagi Anda yang suka dengan konsep permainan sederhana, bermain boarding game sangat cocok buat Anda. Selain simple, bermain boarding game juga bisa dilakukan lewat HP karena sudah dirilis versi online-nya. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot lagi membeli papan permainan di toko-toko terdekat. Cukup dengan modal gadget dan sinyal wifi, Anda sudah bisa mengakses beberapa game online board ini sepuas-puasnya. 

1. Monopoli

Siapa yang tidak tahu permainan ini? Sewaktu masih kecil, permainan papan monopoli sangat populer dan sering dimainkan orang. Berkat kepopulerannya, papan permainan ini sudah tersebar di hampir setiap negara di dunia. 

Seiring dengan perkembangan zaman, papan permainan monopoli kemudian diadaptasi menjadi versi digital. Game monopoli versi digital ini jauh lebih mengasyikkan karena bisa dimainkan secara online. 

Baca juga: “7 Game Nomor 1 di Playstore Pada 2022

Meski sudah bertransformasi menjadi versi digital, monopoli tetap memiliki konsep dan cara permainan yang sama. Selama permainan, Anda diharuskan untuk membeli petak-petak lahan yang ada di papan, lalu menyewakannya kepada pemain lain. 

Ketentuan pemenang dari permainan ini diukur dari banyaknya penghasilan atau jumlah uang monopoli yang didapatkan. Jika di akhir permainan jumlah uang monopoli Anda lebih banyak dari pemain lainnya, maka Andalah pemenangnya. 

2. Othello

Online board games konvensional yang saat ini diadaptasi menjadi digital adalah game othello. Sebenarnya, game apakah ini? Bagi Anda yang masih merasa asing dengan papan permainan yang satu ini, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.  

Papan permainan othello adalah salah satu jenis papan permainan strategi yang booming sekitar tahun 1880-an. Mungkin karena alasan ini, Anda menjadi kurang begitu familiar dengan permainannya. 

Secara konsep, board game ini dimainkan melalui bidak berwarna hitam putih dengan papan berukuran 8×8. Untuk memenangkan permainan ini, Anda harus mengubah semua warna bidak menjadi sesuai dengan warna yang Anda pilih. 

Misalnya saja, Anda memilih warna putih. Maka, agar bisa memenangkan permainan othello, Anda wajib mengubah warna bidak milik pemain lain menjadi warna putih. Anda akan  menang ketika seluruh bidak sudah berubah warna menjadi putih. 

3. Ular Tangga

Buat Anda yang lahir di era 90-an pasti sudah familiar dengan permainan bernama ular tangga ini. Game ular tangga merupakan salah satu permainan papan yang populer pada masanya. Bahkan game ini memiliki kepopuleran yang setara dengan monopoli. 

Desain dan konsep permainan ini cukup sederhana. Makanya, game ular tangga akan cocok untuk dimainkan oleh semua kalangan. 

Sederhananya, game ini akan membutuhkan strategi dan taktik khusus dalam permainannya. Namun menariknya, game ini juga mengandalkan unsur keberuntungan yang jarang dipakai di papan permainan lain. 

Baca juga: “Berikut Ini Tempat Download Permainan Gratis Untuk HP

Setiap pemain akan diminta untuk mengocok dan melempar dadu. Karena game ini sudah dirilis dalam bentuk digital, maka dadu yang dikocok adalah dadu virtual. Dalam beberapa detik, dadu akan menunjukkan angka tertentu yang harus dijalankan pemain. 

Jika Anda beruntung, Anda berkesempatan untuk mendapatkan tangga. Namun sebaliknya, jika Anda sedang sial, maka Anda berkesempatan untuk mendapatkan ular. Kejutan-kejutan inilah yang membuat game boarding ular tangga seru untuk dimainkan. 

4. Catur

Inilah papan permainan paling populer sepanjang masa. Saking populernya, permainan catur sudah memiliki kompetisi resmi yang bertujuan untuk mengadu taktik para pemain catur profesional. Kompetisi untuk permainan catur bahkan sudah mendunia. 

Kini, papan permainan catur tidak hanya bisa Anda mainkan secara konvensional. Para generasi milenial dan Gen Z seperti Anda juga bisa memainkan permainan ini melalui gadget. Sebab, permainan catur sudah bisa Anda akses secara online. 

Bagi Anda yang menggemari online board games ini, sekarang Anda bisa memainkannya dari rumah. Cukup dengan modal HP dan sinyal wifi yang lancar, Anda sudah bisa ikut bermain dalam permainan catur online. 

5. Villainous

Game boarding selanjutnya yang direkomendasikan buat Anda adalah game villainous. Permainan ini memiliki konsep permainan yang segar dan seru dimainkan bersama-sama. Jadi, Anda harus mengajak teman saat bermain game yang satu ini. 

Secara konsep, villainous mengadaptasi dari konsep film-film Disney. Di beberapa film rilisan Disney, seorang karakter utama selalu diceritakan bisa mengalahkan penjahat (villain). Bedanya, villainous justru menerapkan konsep yang sebaliknya. 

Ketika memainkan papan permainan ini, Anda tidak akan berperan sebagai pahlawan. Sebaliknya, Anda akan memainkan peran sebagai seorang penjahat alias villain. Lalu, tugas Anda adalah mengalahkan sang pahlawan dari film-film Disney tersebut. 

Baca juga: “Game NFT: Main dapat Cuan

Untuk bisa memenangkan permainannya, Anda harus mengambil sebuah kartu takdir. Di dalam kartu itu akan tertulis sebuah rencana yang akan dilakukan sang pahlawan. Nah, tugas Anda adalah untuk menggagalkan rencana tersebut. 

Jika Anda berhasil merusak rencana sang pahlawan, maka Anda adalah pemenangnya. Namun jika Anda gagal merusak rencana sang pahlawan, maka Anda kalah. 

Sebagai informasi, game boarding villainous ini bisa Anda mainkan secara offline maupun online. Untuk versi online-nya sudah tersedia di Playstore. Anda bisa langsung mengunduh dan menginstal permainannya jika tertarik. 

6. Scrabble

Jika Anda gemar bermain game yang menguras otak, maka online board games scrabble bisa menjadi pilihan yang tepat. Game ini memiliki konsep permainan menyusun kata-kata dalam Bahasa Inggris. 

Cara bermain papan game scrabble cukup sederhana. Anda cuma perlu menyusun bidak-bidak huruf menjadi sebuah kata. Lalu, Anda akan mendapatkan nilai dari setiap bidak kata yang berhasil tersusun. 

Selain untuk hiburan, game scrabble juga bisa dimanfaatkan sebagai media belajar bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Game scrabble juga sudah tersedia secara online dan bisa Anda mainkan melalui layar HP. 

Setelah mengetahui macam-macam online board games yang bisa menjadi referensi hiburan Anda ketika bosan, coba mainkan salah satu permainannya. Kalau Anda masih ragu, coba mainkan satu per satu games di atas dan pilih yang paling Anda sukai. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download