Cara Memanfaatkan Rekomendasi Situs Untuk Mencari Ide Bisnis

14 May 2021 by kreditpintar

Banyak pengusaha pemula mencari rekomendasi situs untuk mencari ide bisnis. Trend mencari ide bisnis ini berawal dari buntunya para eks karyawan yang terkena badai PHK di musim pandemic. Pandemi covid19 berdampak pada banyak sektor perekonomian terutama pengurangan karyawan di beberapa perusahaan. Tak ayal, banyak eks karyawan yang akhirnya harus mulai berbisnis

mencari ide bisnis

Alasan harus memulai berbisnis

Ada banyak alasan mengapa seseorang berpikir untuk memulai bisnisnya sendiri. Mereka telah menjadi karyawan terlalu lama atau ingin terbebas dari peraturan yang memang tidak sesuai dengan visi dan misinya. Salah satu alasan yang paling umum kenapa orang memulai berbisnis adalah penemuan kebebasan. Mereka berpikir bahwa dengan menjadi wirausahawan mereka bebas untuk menentukan tujuan mereka entah bekerja dalam berbisnis dan lainnya.

Keadaan juga menjadi faktor kenapa mereka juga ingin lebih mandiri. Kemandirian menjadi salah satu pendorong utama mengapa mereka memulai berbisnis. Pada tahun 2008 ada survei global tentang alasan orang memulai bisnis. Kemandirian menjadi alasan paling umum kenapa seseorang memulai berbisnis. Di Australia dan Jepang misalnya 57% pemilik bisnis kecil mempercayai bahwa kemerdekaan dan kemandirian adalah motivasi utama mereka.

Semangat kebebasan ini menggerakkan orang untuk terjun ke dunia bisnis yang sangat tidak aman dan nyaman karena perlu manajemen risiko yang tinggi. Selain kebebasan ada juga rasa kebanggaan yang bisa dicapai setelah memiliki bisnis baru. Seperti yang kita tahu bahwa kesombongan tidak melulu tentang dosa yang mematikan. Dalam tataran yang sehat kebanggaan memiliki manfaat untuk memperkuat harga diri seseorang dan jadi lebih percaya diri dengan apa yang sudah mereka lakukan.

Mulai mencari ide 

Ketika Sobat Pintar bisa memulai bisnis kecil, Sobat Pintar jadi mulai mudah bersyukur karena Sobat Pintar memulai semuanya dari awal. Sobat Pintar membayar dengan keringat Sobat Pintar sendiri. Bekerja keras untuk melangkah maju sekecil apapun laba yang Sobat Pintar akan dapat, Sobat Pintar akan tetap memiliki rasa bangga terhadap diri Sobat Pintar sendiri. Berawal dari kecil, Sobat Pintar bisa menjadi pebisnis yang luar biasa. Namun, bagaimana cara memulai bisnis? Di mana Sobat Pintar harus mencari rekomendasi situs untuk mencari ide bisnis?

Langkah pertama untuk mencari ide bisnis adalah dengan riset industry. Pada umumnya untuk inspirasi bisnis adalah dengan melakukan riset kecil-kecilan tentang industri apa yang Sobat Pintar inginkan. Biasanya ketika seseorang akan melakukan bisnis, mereka tidak tahu tentang industri atau produk apa yang akan mereka jual. Mereka juga tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana cara menjalankan bisnis di industri yang mereka inginkan. 

Riset industri yang paling mudah adalah dengan melihat beberapa situs yang ramai di internet. Sobat Pintar bisa mulai melihat potensi pasar yang ada di Amazon. Jika Sobat Pintar ingin bergerak di bisnis lokal, Sobat Pintar bisa melihat Amazon, Indonetwork, Wirabisnis, Kaskus, Waralabaku, Springwise dan lain-lain. Di sana akan ada banyak inspirasi bisnis yang bisa memberikan ide lebih banyak. 

Melihat Pengusaha Lain

Setelah mengetahui rekomendasi situs untuk mencari ide bisnis, seperti Indonetwork dan Wirabisnis, Kaskus, Waralabaku, dan Springwise, Sobat Pintar bisa memulai dengan melihat-lihat beberapa akun pengusaha yang ada di situs e-commerce yang sudah Sobat Pintar riset sebelumnya. Dengan melihat pengusaha lain, Sobat Pintar akan menemukan inspirasi untuk mendirikan bisnis. Sobat Pintar bisa memulai membaca beberapa profil bisnis mereka, produk mereka, cara mereka promosi dan lain-lain. 

Ada banyak pengusaha sukses yang berawal dari riset industri dan melihat pengusaha lain. Sobat Pintar bisa menggunakan cara ATM atau amati tiru dan modifikasi. Dengan begitu Sobat Pintar akan melihat beberapa peluang untuk memulai bisnis Sobat Pintar. Selain itu, di samping membaca rekomendasi situs untuk mencari ide bisnis, Sobat Pintar juga bisa membaca tentang kisah sukses pengusaha yang bisa dijadikan inspirasi dan motivasi untuk memulai bisnis. 

Mantap menetapkan Tujuan

Yang harus Sobat Pintar lakukan setelah menemukan ide bisnis dan juga melihat beberapa peluang yang Sobat Pintar ambil dari pengusaha-pengusaha lain, Sobat Pintar harus berani menetapkan tujuan berbisnis Sobat Pintar. Seringkali Sobat Pintar lupa apa tujuan Sobat Pintar berbisnis. Ketika Sobat Pintar sudah memiliki tujuan dalam berbisnis, Sobat Pintar akan bisa lebih fokus untuk mencapai tujuan. Fokus dengan tujuan akan jauh lebih mudah untuk mengontrol diri Sobat Pintar dan bersikap agar Sobat Pintar tetap berada di jalur kesuksesan. 

Pikirkan Masa Depan

Selain memiliki tujuan Sobat Pintar juga harus selalu berpikir masa depan. Pikirkan bisnis yang memiliki potensi besar di masa depan. Jika Sobat Pintar hanya ingin berbisnis untuk hari ini, Sobat Pintar tidak akan menemukan kesuksesan. Belajar menjadi lebih visioner. Cari lebih banyak inspirasi bisnis di Amazon, Indonetwork, Wirabisnis, Kaskus, Waralabaku, Springwise. Ambil peluang dan bayangkan masa depan dengan ide bisnis yang sudah Sobat Pintar dapatkan dari situs-situs tersebut. 

Kelola Modal Dengan Baik

Langkah terakhir untuk mengeksekusi ide bisnis agar menjadi pebisnis sukses adalah memanfaatkan modal dengan bagus. Banyak pebisnis pemula yang akhirnya memilih menjadi karyawan lagi karena mereka kebingungan mencari modal dan kebingungan memanfaatkan modal. Untuk mengembangkan bisnis, mereka perlu belajar tentang pengelolaan modal. Itulah mengapa penting bagi semua pengusaha untuk mengetahui detail bisnis dan juga strategi pemasaran sebelum memulai. 

Akan jauh lebih efisien ketika pebisnis belajar terlebih dahulu. Ibarat akan menyelam di lautan, Sobat Pintar perlu mengetahui kondisi cuaca, kondisi laut dan sebagainya. Memang banyak rekomendasi situs untuk mencari ide bisnis, tapi gak banyak orang memilih dengan tepat. Setelahnya, banyak dari mereka hanya menjalankan rencana yang di kepala tanpa merancang bisnis dengan baik. Memahami detail bisnis akan membantu pengelolaan modal lebih baik.  

Selain pandai menggunakan modal dengan baik, Sobat Pintar juga harus pintar untuk memilih siapa yang bisa memberikan Sobat Pintar modal. Ada banyak pinjaman modal yang tersedia di bank ataupun di bisa pinjam uang di pinjaman online legal untuk modal bisnis. Sobat Pintar bisa memulai bisnis kecil-kecilan dengan menggunakan layanan Kredit Pintar. Sobat Pintar cukup menggunakan identitas Sobat Pintar untuk mendaftarkan diri Sobat Pintar sebagai calon peminjam modal untuk usaha Sobat Pintar.

Dalam langkah ini, Sobat Pintar perlu benar-benar memperhatikan kemampuan finansial Sobat Pintar sebelum memulai pinjaman. Sobat Pintar bisa menggabungkan tabungan Sobat Pintar dan pinjaman modal dari layanan Kredit Pintar. Pikir matang-matang bagaimana Sobat Pintar akan menggunakan pinjaman tersebut. Sobat Pintar juga harus memikirkan dengan baik tentang jangka waktu yang akan Sobat Pintar pilih dalam membayar angsuran pinjaman. 

Sobat Pintar bisa mengukur pendapatan bisnis yang akan Sobat Pintar dapatkan ketika bisnis Sobat Pintar sudah berjalan. Selanjutnya Sobat Pintar juga perlu membuat rencana cadangan. Salah satu back-up plan yang bagus untuk memulai bisnis adalah menyisihkan uang untuk modal 3-4 bulan ke depan karena kemungkinan Sobat Pintar akan tidak menerima laba dalam waktu dekat. Mengelola modal dan cadangan dengan baik adalah langkah yang paling sederhana untuk menjadi pengusaha sukses.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload