Jangan Bingung, Ini Cara Memulai Bisnis Online di Masa Pandemi!

30 Apr 2021 by kreditpintar, Last edit: 30 Apr 2021
cara memulai bisnis

Situasi pandemi ini memang menuntut kita untuk menjadi lebih kreatif dan juga inovatif. Tentu bila berbicara kedua hal tersebut maka salah satunya adalah dengan cara memulai bisnis online.

Hanya saja tidak sedikit orang yang bingung tentang sebenarnya bagaimana sih cara memulai sebuah bisnis-nya itu sendiri. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa berbisnis itu memerlukan pinjaman modal yang besar.

Padahal sebenarnya ada juga lho berbisnis tapi tanpa mengeluarkan modal. Salah satunya adalah dengan cara memulai bisnis secara daring. Nah, bagaimana caranya? Baca selengkapnya di bawah ini.

1. Siapkan Mental

Langkah pertama yang harus kamu siapkan sebagai salah satu cara memulai bisnis dengan memanfaatkan internet adalah menyiapkan mental terlebih dahulu. Berbisnis adalah sesuatu yang beresiko, namun dapat membawa kamu ke puncak lebih cepat daripada menggunakan cara biasa. 

Bila diibaratkan, berbisnis merupakan kabut yang bisa jadi membuat kita tersesat, namun di sisi lain dapat membawa kita ke tempat tujuan dengan cepat dan tanpa disangka-sangka. 

Terlepas dari apakah bisnis tersebut merupakan pekerjaan sampingan kamu atau yang utama, keduanya tetap harus memiliki mental yang kuat. Karena berbisnis tidak selamanya mulus dan bahkan setiap harinya merupakan sebuah ketidakpastian.

2. Atur Strategi

Strategi sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa setiap keputusan yang kamu ambil ada solusi atau jalan keluarnya. Seperti misalkan ketika kamu memutuskan untuk melakukan pinjaman modal ke Kredit Pintar, maka Sobat Pintar harus benar-benar memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi.

Mark Zuckerberg seorang pendiri Facebook pernah mengatakan bahwa “Di dunia yang berubah sangat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil resiko.” 

Dari perkataan tersebut dapat disimpulkan adalah, bahwa resiko pasti akan selalu ada, entah sebaik apapun kamu menyusun strategi kamu untuk zero risk atau istilahnya tanpa resiko. Namun hal tersebut bukanlah cara memulai bisnis online yang baik, memulai tanpa resiko? Dapat dipastikan apa yang kamu dapatkan pun tidak akan benar-benar dapat dikatakan berhasil.

3. Mulai Keluar Dari Zona Nyaman

Terlepas dari apapun jenis usaha dalam bisnis kamu nanti, satu hal yang pasti adalah kamu perlu untuk keluar dari zona nyamanmu. 

Bila tidak melakukan update di sosial media adalah zona nyaman-mu, maka ketika kamu memutuskan untuk berbisnis hal yang kamu lakukan adalah update lah sosial media mu dengan produk atau jasa mu yang menjadi bisnis kamu tersebut.

Cara memulai bisnis dengan memanfaatkan internet yang dapat kamu terapkan pada fase awal adalah dari sosial media sekitar kamu dahulu. Buat teman-teman, followers, bahkan strangers di luar sana mulai mengetahui produk dari bisnismu dengan kamu melakukan update yang berkala. 

membuka bisnis

4. Persiapkan Modal

Tips keempat ini memang sedikit loncat dari sebelumnya, tetapi ditempatkan di posisi keempat ini tentu dengan alasan yang jelas. Mengapa? Karena tentunya sebelum kamu mempersiapkan bahkan memiliki modal, hal yang perlu kamu lakukan adalah melawan zona nyamanmu sendiri.

Oleh karena itu, apabila kamu sudah melewati tips yang ketiga dari cara memulai bisnis secara online ini, maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan modal. 

Nah, modal di sini tidak melulu hanya masalah uang kok. Hal yang perlu kamu siapkan adalah modal barangnya atau jasanya dahulu. Ada dua cara memulai bisnis online dengan modal ini: 

  1. Yang pertama adalah modal stock
  2. Yang kedua adalah modal koneksi (atau lebih dikenalnya berbisnis tanpa modal alias dropshipper). 

Entah cara yang pertama atau yang kedua, tentu dua-dua nya memiliki makna yang sama yaitu mempersiapkan modal atau dalam hal ini mungkin lebih bisa dikatakan amunisi sebelum pergi ke medan pertempuran, yaitu berbisnisnya.

Tapi tentu cara yang pertama itu memerlukan modal uang. Nah kalo masalah uang… dan kamu tidak memiliki modal uang yang cukup untuk memulai bisnis kamu. Bisa coba mengajukan pinjaman modal di Kredit Pintar. 

Kredit Pintar merupakan sebuah aplikasi pinjaman online yang diperuntukkan untuk kamu yang membutuhkan dana cepat. 

5. Lakukan Baby Step

Semua sudah dipersiapkan, dari mulai mental, strategi sampai barang maupun jasanya itu sendiri. Nah, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah tinggal memulai.

“Just do it!” adalah kata yang tepat tentang bagaimana cara memulai bisnis online pada akhirnya dapat terwujud. 

Untuk “do it” nya itu, kamu lakukan saja terlebih dahulu Baby Step. Perlahan demi perlahan namun pasti. Manfaatkan momen-momen awal tersebut sebagai salah satu cara untuk membangun kultur bisnis yang kamu inginkan, seperti membalas pesan, melakukan pengerjaan, dan lain sebagainya. 

Bagaimana? Itu dia tadi kelima cara melakukan bisnis online. Jangan lupa, ketika bisnis online kamu sudah mulai meningkat, kamu dapat mengajukan pinjaman dana ke Kredit Pintar untuk membantu bisnis kamu semakin meroket. Tunggu apalagi? Kunjungi kami sekarang pada tautan berikut ini.

kredit pintar
30 Apr 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download