Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

13 Sep 2021 by Laruan

Ajakan membuka usaha atau bisnis sudah banyak digaungkan di mana-mana mulai dari Artis, Pengusaha hingga guru-guru ngaji. Tak heran jika sekarang banyak anak-anak muda membuka bisnis kecil hingga perusahaan startup. Merekapun giat mencari dan mempelajari contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Semakin menjamurnya jenis usaha di Indonesia memaksa para pemula untuk mencari peluang dan inovasi baru dalam dunia bisnis. Jika tidak maka akan kalah dengan pemain-pemain lama yang sudah punya pelanggan. Tepi memang sedikit susah untuk mempunyai ide bisnis dengan persaingan kecil tapi untung besar.

Tenang saja kamu tidak usah khawatir PT. Kredit Pintar akan berikan beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Kamu bisa pelajari dan coba praktekkan semoga berhasil. Tapi sebelumnya yuk kita belajar tips-tips berbisnis!

11 Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

Mulailah Usaha Dengan Modal Kecil

Modal adalah suatu hal yang wajib dalam membuka suatu usaha. Tapi bukan berarti setiap kali ingin membuka usaha harus ada modal besar. Kamu bisa menjadi dropshipper suatu produk hanya dengan modal HP dan internet untuk mengiklankan. Kamu bisa jual jasa kamu dll.

Intinya mulailah membuka usaha dengan modal yang ada. Jangan berpatokan jika ingin sukses harus modal besar, tidak itu salah. Orang-orang yang sukses itu memulai suatu usaha dengan modal kecil yang mereka punya.

Kalau kamu ingin tahu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, baca terus artikel ini ya! 

Kuasai Bisnis Yang Ingin Dijalankan

Sudah menjadi suatu keharusan untuk menguasai bisnis yang akan dijalankan. Mulai dari apa keunggulan produk yang akan dijual, target marketnya siapa saja. berapa biaya produksinya dan lain-lain.

Penguasaan ilmu tentang bisnis yang akan dijalankan membantu kamu untuk menjalankan dan mempromosikannya dengan mudah. Logikanya seperti ketika seorang ingin menjalankan mobil maka dia harus benar-benar menguasai cara-cara mengemudikan mobil.

Jika kamu sudah menguasai bisnis kamu, bisa meminimalisir kegagalan atau kerugian pada bisnismu.

Perkenalkan Bisnismu

Kita realistis saja, sebagai pemula dalam bisnis, sedikit orang tahu atau melirik produk bisnis kita. Lantas bagaimana cara agar bisnis produk kita dikenal orang?

Kamu harus mulai aktif memperkenalkan bisnis kamu ke orang lain bisa dimulai dari keluarga, teman dekat dan tetangga-tetangga sekitar. Kamu bisa menggunakan media sosial (Facebook, Instagram dll) sebagai alat iklan bisnis kamu. Buatlah konten-konten menarik dan konsisten di media sosial tentang bisnis kamu.

Untuk cara membuat konten atau foto dan video yang bagus banyak kok tutorialnya di internet atau di youtube.

Dengan begitu bisnismu akan dikenal orang dan menjadikan mereka sebagai customer produk bisnismu.

Jangan Mudah Bosan

Setiap perjalanan bisnis pasti ada masa pasang surutnya. Di tengah-tengah masalah kadang muncul rasa bosan, pesimis yang menyebabkan patah semangat. Jika kamu mengalami hal seperti itu jangan menyerah, tetap harus berinovasi menari ide-ide untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Buat Target

Jika ingin memacu semangat maka harus ada target-target capaian. Seperti dalam jangka 1 bulan target omset 1 juta, dalam jangka 1 bulan harus mencapai 1000 kalin penjualan dan lain sebagainya.

Dengan adanya target seperti ini kamu akan meninggalkan hal-hal yang bukan menjadi prioritas dan bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya untuk mencapai target yang sudah ditentukan. 

Tekun dan Sabar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketekunan dalam merintis bisnis akan membuahkan hasil yang maksimal. Tidak mudah patah semangat walau badai cobaan terus berdatangan. Dan selalu belajar dan mencari solusi dari permasalahan.

Pribadi yang tekun adalah salah satu faktor penting dalam proses terwujudnya impian. Ketikan memulai pasti banyak godaan, susah, sedih bahkan sampai-sampai menguras emosi dan energi. Tapi yakinlah bahwa usaha tidak akan menghianati hasil, siapa yang tekun dan bersabar pasti akan beruntung dan tercapai impiannya di masa depan.

Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

1. Makanan Sehat Cepat Saji

Kebanyakan makanan cepat saji yang ada banyak mengandung bahan-bahan yang kurang sehat. Memang dari segi rasa sangat enak dan beragam jenisnya, tapi kalau ditinjau dari kesehatan jelas jauh dari kata sehat.

Ingat bisnis makanan siap saji di era serba cepat masih menjadi primadona. Maka kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk membuka usaha makanan cepat saji.

Tapi kamu pilih menu-menu yang sehat dengan rasa yang nikmat. Walaupun banyak penjual makanan siap saji, usahamu tetap bisa bertahan dan bersaing karena jualanmu menawarkan menu yang sehat daripada penjual-penjual lain.

2. Produk-Produk Daur Ulang

Sampai saat ini masih sedikit yang berminat untuk membuat produk kreatif dari bahan daur ulang. Walaupun hasil kreasi dari bahan-bahan daur ulang sudah diperkenalkan. Nah ini bisa menjadi peluang buat para pemula bisnis.

Tidak butuh modal banyak untuk membuat produk kreasi dari bahan yang bisa dibilang tidak bernilai (sampah). Kamu bisa bikin kerajinan tangan, lukisan, tas, pot yang unik dan kreatif dari botol atau plastik-plastik bekas.

3. Jasa Menulis

Menjual jasa adalah alternatif paling mudah untuk dijalankan. Sebab ketika mempunyai suatu keahlian maka itu sudah menjadi modal utama untuk memasarkan keahlian itu. Untuk membuka jasa tidak butuh modal mahal, cukup ada keahlian dan keberanian untuk menawarkan jasa tersebut.

Salah satu ide bisnis jasa minim modal tapi menguntungkan adalah jasa penulisan. Ingat jumlah website dan blog semakin meningkat di era digital. Pemilik web membutuhkan tenaga penulis untuk update artikel webnya.

Nah kamu bisa tawarkan keahlian kamu dalam menulis kepada pemilik-pemilik web yang mencari tenaga penulis.

4. Jasa Mengajar Online

Semenjak pandemi covid-19 melanda Indonesia, Pemerintah memberlakukan aturan sosial distancing dan ini berdampak pada kegiatan KBM. Mau tidak mau sekolah harus merubah sistem belajar tatap muka (luring) menjadi secara online (daring).

Nah kamu bisa ambil kesempatan ini untuk membuka jasa mengajar online. Karena sekarang seluruh siswa sekolah di Indonesia belajar di rumah. Jam pembelajaran daring itu terbatas tidak seperti ketika luring. Sehingga mereka butuh jam tambahan belajar dan ada guru yang menyampaikan materi, atau istilahnya butuh tambahan les privat, 

Bagaimana kamu berminat?

Kesimpulan

Jika ingin membangun bisnis tidak harus dengan modal yang besar. Kamu bisa kok berbisnis dengan modal yang minim atau seadanya. Yang terpenting punya ilmu dulu tentang bisnis yang akan dijalankan. Kemudian tekun, sabar dan jangan gampang menyerah.

Kamu bisa coba contoh-contoh Usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di atas. Semoga sukses.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload