7 Ide Usaha Sampingan Menjanjikan saat Pandemi

12 Aug 2021 by Laruan

Saat ini usaha sampingan menjadi andalan bagi siapapun yang harus mencari penghasilan terutama di masa pandemi seperti ini.  Banyak yang harus merasakan pahitnya kehilangan pekerjaan karena di-PHK oleh kantor. Namun, kebutuhan pokok tetap harus terpenuhi.  Bagaimana solusinya? Sobat Pintar bisa mencoba bisnis atau usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Ide Usaha Sampingan Menjanjikan

Apa Saja Ide Usaha Sampingan yang Bisa Sobat Pintar Coba?

Berikut ini adalah contoh rancangan bisnis sampingan paling menjanjikan dilakukan di masa pandemi, antara lain:

1. Berjualan masker

Berjualan masker merupakan salah satu rancangan bisnis sampingan yang mampu memberikan keuntungan menjanjikan di masa pandemi.  Siapa saja, anak kecil, tua muda, semua memerlukan masker untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. 

Bahkan item ini sekarang sudah masuk list belanjaan bulanan para ibu rumah tangga. Dalam sebulan bisa menghabiskan lebih dari 1 box masker berisi 50 pcs. Hitung saja jika terdapat lebih dari 2 anggota keluarga di setiap rumah. Maka Sobat Pintar bisa menjual dalam jumlah banyak setiap bulan. Mengingat permintaannya cukup tinggi dari berbagai daerah, Sobat Pintar bisa memulai bisnis sampingan ini secara online.

Cukup dengan memanfaatkan media sosial atau marketplace, pekerjaan ini sudah bisa dilakukan. Sobat Pintar bisa memulainya dengan upload foto produk dan posting secara rutin sehingga usaha Sobat Pintar bisa banjir orderan!

2. Menjadi dropshipper, usaha sampingan tanpa modal!

Rancangan bisnis sampingan yang satu ini sebenarnya sudah sangat umum. Hal ini sudah dilakukan sejak tahun  2000-an dimana penggunaan internet dan sosial media semakin berkembang dan banyaknya penjual online yang bermunculan.

Menariknya lagi, Sobat Pintar tidak perlu membuat sendiri produk jualannya. Dalam hal ini, Sobat Pintar bisa menjadi seorang dropshipper di mana lebih untung karena tidak perlu modal di awal untuk stok barang, atau membuatnya sendiri.

Sobat Pintar hanya ikut menawarkan produk orang lain, kemudian mengambil untung dari margin selisih penjualan. Proses lainnya seperti packing dan pengiriman sudah di-handle sendiri oleh penjual tangan pertama. 

Jadinya pekerjaan Sobat Pintar menjadi lebih ringan dan mudah, namun keuntungan yang didapat sangat menjanjikan. Sobat Pintar bisa tetap melakukan pekerjaan utama, karena menjadi seorang dropshipper bisa dilakukan di sela rutinitas.

3. Bisnis lauk makanan

bisnis sampingan paling mudah untuk dilakukan salah satunya adalah menjual lauk makanan. Terutama bagi yang tinggal di area perkotaan dimana lingkungan sekitar mayoritas pekerja dan mahasiswa, usaha katering cukup potensial dalam memberikan keuntungan. 

Banyak pekerja maupun mahasiswa umumnya tidak sempat memasak karena kesibukan bekerja dan kuliah. Mereka akan merasa jauh lebih praktis jika membeli dalam keadaan matang.

Maka dari itu, sebaiknya jual lauk makanan saat memasuki jam makan. Misalnya bila menjualnya di pagi hari, maka bisa menjualnya mulai dari jam 6 pagi hingga jam 9 pagi, atau sekitar jam 12 siang. 

Sedangkan bila menjual di sore hari bisa dimulai dari jam 4 sore. Waktu-waktu ini adalah jamnya para ibu pekerja sedang sibuk menyiapkan persediaan sayur dan lauk untuk keluarga di rumah. Jadi lebih banyak peluang terjual bila menjualnya di jam tersebut. 

4. Bisnis sayuran segar

Sayuran segar menjadi rancangan ataupun peluang bisnis sampingan yang tak kalah menjanjikan. Saat ini semua lapisan masyarakat sedang menggalakkan pola hidup sehat dengan cara banyak makan serat. 

Salah satu yang banyak dicari adalah sayur hijau, contohnya seperti bayam, bok choy, kangkung, caisim, kacang panjang, dan sebagainya. Mengingat sayur adalah pelengkap gizi keluarga sehingga harus dimasukkan ke dalam daftar menu makan harian setiap hari.

Bisnis sampingan sayuran segar tidak akan terpengaruh oleh waktu dan pesaing, sebab setiap hari selalu dibutuhkan oleh konsumen. Cara berjualan sayur segar sangat praktis karena bisa dimulai dengan membuka layanan pre-order sehingga konsumen mendapatkan sayur dalam kondisi benar-benar segar. 

Selain itu, bisa juga mencoba berjualan di pagi hari dimana kebanyakan ibu rumah tangga selalu membeli sayur di jam tersebut. Sehingga peluang untuk mendapat banyak pembeli semakin besar.

Artikel lainnya: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Ide Usaha Sampingan Menjanjikan

5. Bisnis sembako dengan layanan delivery

Jual beli online sedang menjadi tren. Bahkan prediksi kedepannya transaksi belanja online akan mengalahkan belanja offline. Maka tak heran bila beberapa bisnis retail saat ini mulai mengembangkan fasilitas belanja online bagi konsumen. 

Perkembangan teknologi menjadikan gaya hidup serba instan. Sudah bukan jamannya lagi membeli barang harus datang ke toko, pasar atau mall secara langsung. 

Trend belanja online bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis sampingan yang sangat menjanjikan. Misalnya saja dengan menyediakan stok sembako di rumah, kemudian menawarkannya secara online melalui sosial media. 

Pembeli tidak harus datang sendiri ke toko, mereka bisa memesannya melalui smartphone. Sedangkan untuk proses pembayarannya bisa dilayani melalui transfer rekening maupun layanan COD atau Cash on Delivery, jadi barang diantar baru langsung dibayar.

6. Bisnis Minuman Kesehatan

Bisnis minuman kesehatan juga memiliki potensial yang tidak kalah dengan usaha lainnya.  Masa pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang harus selalu menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik. Tujuannya adalah agar tidak mudah terkena paparan virus. 

Salah satu yang bisa diupayakan adalah mengkonsumsi minuman kesehatan secara rutin. Banyak jenis minuman kesehatan yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah. 

Jamu tradisional adalah contoh sederhana peluang bisnis sampingan yang menjanjikan. Kunyit asam, dikenal sebagai antibiotik sekaligus ramuan yang dapat menjaga tubuh agar imunitas maksimal dan tidak mudah sakit. 

Bahan pembuatnya mudah ditemui di pasaran dan tersedia melimpah dengan jumlah peminat dari segala kalangan usia. Modal terjangkau dengan peluang penghasilan yang menjanjikan sebagai bisnis sampingan yang harus dicoba saat ini.

7. Menjadi content creator

Apakah Sobat Pintar bercita-cita menjadi content creator? Sebelum pandemi mungkin Sobat Pintar tidak kepikiran untuk mencoba profesi satu ini. 

Namun melihat beberapa Youtuber Tanah Air berhasil memiliki penghasilan hingga milyaran rupiah per bulan, agaknya profesi ini perlu dipertimbangkan sebagai bisnis sampingan paling menjanjikan. 

Alasannya karena Youtube bisa dikerjakan dari mana saja, termasuk dari rumah dengan mengandalkan perangkat sederhana seperti kamera atau HP dan koneksi internet. Sobat Pintar bisa membagikan rutinitas keseharian Sobat Pintar dengan hal-hal positif dan mampu memberi inspirasi atau hiburan kepada audience. 

Konten yang bisa Sobat Pintar bagikan seperti tutorial make up, tutorial merajut, tips senam atau olahraga, cake decoration, masak-memasak dan sebagainya. 

Upload video secara konsisten sehingga jumlah viewer meningkat. Hanya dengan pekerjaan yang sederhana ini, Sobat Pintar bisa menghasilkan puluhan juta rupiah per bulan bila dilakukan secara konsisten.

Melihat hal tersebut, sekarang Sobat Pintar bisa memilih salah satu ide bisnis sampingan terbaik dilakukan di masa pandemi. Selain bisa dikerjakan secara online dari rumah, peluangnya cukup bagus mengingat semua orang pasti butuh lauk, sayuran segar, sembako, minuman kesehatan, dll.

Dapatkan Modal untuk Usaha Sampingan Sobat Pintar Melalui Aplikasi Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah perusahaan fintech yang telah terdaftar dan diawasi oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dapat memberikan Sobat Pintar pinjaman dengan proses yang mudah tanpa berbelit-belit. Sobat Pintar bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 8 juta dengan tingkat bunga yang rendah. Sobat Pintar bisa mengajukan langsung secara online. 

Download segera aplikasinya agar dapat modal untuk menjalankan ide bisnis sampingan yang membawa keuntungan!

Artikel lainnya: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload