Inilah Etika Ketika Pinjam Uang Teman Anda

27 Feb 2018 by Edwin

Salah satu tempat terbaik untuk meminta bantuan pinjaman uang adalah kepada teman / sahabat. Namun, meskipun anda memiliki sahabat dekat, akan selalu ada etika yang harus anda junjung ketika meminjam uang teman anda.

Etika Pinjam Uang Teman

Permintaan meminjam uang merupakan salah satu hal yang dapat merusak persahabatan. Oleh sebab itu, etika harus selalu dijunjung ketika anda hendak meminjam uang teman anda.

Beberapa etika yang harus anda pahami di antaranya adalah:

  1. Berikan Kepastian Kapan Anda Akan Membayar
    Banyak orang yang meminjam uang kepada sahabatnya dengan berkata akan mengganti uang yang dipinjam ketika usaha sudah jalan. Sejatinya, sebagai seorang sahabat, anda harus memberikan kepastikan kapan tanggal pasti akan membayar pinjaman uang tersebut.
  2. Jangan Memaksa
    Banyak yang mencoba meminjam uang namun dengan paksaan (baik secara halus, dan secara terang-terangan). Beberapa paksaan yang sering digunakan antara lain adalah:
    – Memaksa diberikan pinjaman tanpa bunga
    – Memaksa harus diberikan pinjaman sekarang juga
    – Memaksa harus diberikan pinjaman yang nominalnya besar
  3. Perhatikan Kapan Sebaiknya Mengutarakan Ingin Meminjam Uang
    Ada beberapa orang yang sebelumnya tidak pernah datang bersilahturahmi, namun tiba-tiba datang untuk berhutang. Secara sopan santun, hal tersebut sangatlah salah. Oleh sebab itu, beberapa sopan santun yang perlu dipelajari agar pinjam uang teman yang hendak anda lakukan dapat berjalan lancar. Beberapa sopan santun tersebut adalah:- Jangan pinjam uang ketika ekonomi keluarga yang hendak anda pinjam sedang terpuruk
    – Perhatikan waktu yang tepat, jangan mengutarakan keinginan pinjam uang ketika keluarga besar teman anda sedang berkumpul.
  4. Berusaha untuk Melunasi Hutang
    Etika yang paling sering dilanggar adalah etika bahwa utang haruslah dibayar. Bahkan terdapat beberapa kasus di mana pihak yang berhutang jauh lebih galak daripada pemberi pinjaman. Pokoknya, jangan pernah menunda untuk membayar hutang-hutang anda deh.

Pinjam uang teman memang menyenangkan. Selain karena pada umumnya tidak diberikan beban bunga, namun juga prosesnya yang mudah, cepat, dan tanpa agunan.

Namun tentunya bila mereka tidak memberikan pinjaman, anda bisa memanfaatkan KreditPintar sebagai fintech pemberi pinjaman uang.

Secara garis besar, KreditPintar mampu memberikan anda perspektif baru bagaimana proses pinjam meminjam uang yang lebih simple, cepat, dan memberikan dana yang sesuai dengan kebutuhan debitur. Yuk, langsung aja download app KreditPintar, app pemberi pinjaman tanpa ribet yang tersedia di google play.

Download aplikasinya di sini https://goo.gl/NpwFBz

mobile-closeKredit PintarDownload