4 Rekomendasi Pemberi Pinjaman Uang Pribadi

10 Mar 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Mencari pinjaman uang di tengah kondisi yang mendesak terkadang menjadi satu-satunya solusi. Mulai dari mencari pinjaman uang online maupun ke pemberi pinjaman uang pribadi. Beberapa orang terkadang lebih memilih untuk meminjam uang ke pemberi pinjaman uang pribadi dikarenakan bunga yang didapatkan tidak terlalu tinggi atau bahkan tak ada bunga sama sekali. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\2\PIC\4\Butuh Pinjaman Coba 4 Rekomendasi Pemberi Pinjaman Uang Pribadi Ini.jpg

Apabila kamu sekarang berada dalam kondisi membutuhkan pinjaman uang, terdapat beberapa rekomendasi pemberi pinjaman uang pribadi yang mungkin bisa membantu. Selain itu, ada pula beberapa tips yang patut untuk kamu perhatikan dalam memilih pemberi pinjaman tersebut. Mari simak seluruh penjelasannya di bawah ini! 

Alasan Orang Membutuhkan Pinjaman Uang Pribadi

Masyarakat yang mencari pemberi pinjaman uang pribadi tentunya memiliki alasan atau faktor tertentu. Beberapa diantaranya karena keperluan usaha, berobat, pendidikan, hingga kebutuhan rumah tangga. Alasan selengkapnya bisa disimak sebagai berikut.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\2\PIC\4\Alasan Orang Membutuhkan Pinjaman Uang Pribadi.jpg

Untuk Keperluan Usaha

Untuk membuka usaha, dana atau modal yang dibutuhkan memang tidaklah sedikit. Terlebih jika kamu ingin membuka usaha dalam skala besar secara langsung. Namun, memiliki dana yang sedikit tidak harus mengurungkan niat untuk membuka usaha. Oleh karenanya, beberapa orang yang hendak membuka usaha memilih untuk mencari pinjaman, salah satunya ke pemberi pinjaman uang pribadi.

Untuk Keperluan Berobat

Sakit kerap datang tiba-tiba dan kebanyakan orang tentu tidak mengharapkannya. Apalagi kondisi ini terutama sakit yang parah pastinya membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit. Jumlah uang tabungan yang harus rela terkuras untuk proses penyembuhan pun biasanya cukup banyak. 

Sehingga, hal ini kerap menjadi salah satu faktor atau alasan kenapa orang membutuhkan pinjaman dari pemberi pinjaman uang pribadi. Cara ini dipilih karena pencairan juga tidak membutuhkan waktu lama, mengingat keperluan berobat juga sifatnya sangat genting. 

Untuk Biaya Pendidikan

Selain dua alasan yang telah disebutkan, beberapa orang mencari pemberi pinjaman uang pribadi untuk alasan biaya pendidikan. Di masa sekarang ini, biaya pendidikan terbilang tidak sedikit, apalagi jika orang tua harus menyekolahkan lebih dari satu anak. Sehingga, wajar bila alasan ini menjadi salah satu faktor mengapa semakin banyak orang mencari pinjaman uang untuk biaya pendidikan anaknya maupun pendidikannya sendiri. 

Untuk Pembangunan Rumah

Memiliki rumah sendiri barangkali jadi impian bagi setiap pasangan suami isteri. Namun, sama halnya seperti biaya pendidikan, biaya pembangunan rumah juga tidaklah murah. Bukan hanya harus membeli tanah saja, pembangunan rumah juga membutuhkan pembelian material hingga perabotan rumah. 

Untuk itu, sebagai tambahan biaya, terkadang pasangan suami istri mencari pemberi pinjaman uang pribadi. Meminjam ke pemberi pinjaman uang pribadi lebih menguntungkan. Ditambah lagi prosesnya tidak sesulit meminjam uang ke bank. Sehingga, lebih cepat dan pastinya lebih praktis bagi orang-orang yang sedang butuh dana darurat. 

Baca juga: Inspirasi 5 Pengusaha Sukses yang Merintis Usahanya

Rekomendasi Pemberi Pinjaman Uang Pribadi

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa orang membutuhkan pinjaman uang, di bawah ini sudah ada 4 rekomendasi pemberi pinjaman uang pribadi. Rekomendasi tersebut diantaranya:

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\2\PIC\4\Rekomendasi Pemberi Pinjaman Uang Pribadi.jpg

Kerabat Dekat

Kerabat dekat menjadi rekomendasi pertama yang bisa kamu jadikan pemberi pinjaman uang pribadi. Setidaknya, mereka adalah orang terdekat yang bisa kita jangkau untuk dimintai tolong. Selain kerabat dekat, teman terkadang juga bisa menjadi pilihan lain untuk mendapatkan pinjaman. 

Namun, demi menjaga hubungan baik dengan kerabat maupun teman dekat, alangkah baiknya jika kamu juga berkomitmen untuk bisa membayar pinjaman sesuai kesepakatan. Jangan sampai urusan meminjam uang justru menyebabkan perselisihan atau pertikaian antar keluarga dan pertemanan.

Koperasi

Jika kamu merasa gengsi atau sungkan bila harus meminjam langsung ke kerabat, ada pilihan lain yang bisa kamu lakukan. Caranya dengan meminta pinjaman ke koperasi simpan pinjam. Koperasi memiliki sistem yang berbeda dengan bank. Sistem pencairan hingga tenggat waktu pembayarannya pun tergolong lebih ringan. 

Lembaga Keuangan Non-Bank

Rekomendasi ketiga untuk pemberi pinjaman uang pribadi adalah lembaga keuangan non-bank. Di beberapa kota besar, lembaga keuangan ini tersedia cukup banyak. Untuk prosedur pengajuannya tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan bank. Akan ada jaminan yang diminta misalnya kendaraan bermotor, alat elektronik, maupun barang berharga lainnya. 

Pegadaian

Pilihan lain yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mendapatkan pinjaman uang pribadi adalah lewat Pegadaian. Lembaga satu ini tersedia hampir di seluruh Indonesia dan proses pengajuannya bahkan bisa kamu lakukan lewat aplikasi. 

Baca juga: 10 Brand Terkenal di Dunia yang Perlu Anda Kenal

Jenis produk pinjaman yang ada di Pegadaian juga cukup beragam, sehingga kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Pada intinya, Pegadaian bukan cuma berfungsi untuk menggadaikan barang saja. Tetapi, kamu juga bisa menjadikannya sebagai salah satu pilihan mendapatkan dana darurat. 

Tips Memilih Pemberi Pinjaman Uang Pribadi

Dalam memilih pemberi pinjaman uang pribadi, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Hal ini bertujuan untuk keamanan dan memastikan kedua belah pihak tidak dirugikan oleh satu sama lain. Nah, apa saja tipsnya? Berikut penjelasannya.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\2\PIC\4\Tips Memilih Pemberi Pinjaman Uang Pribadi.jpg

Sumber: Karolina Grabowska from Pexels

Pastikan Keamanannya

Hal pertama yang harus kamu pastikan tidak lain adalah keamanan dari pinjaman uang pribadi. Jika kamu meminjam dari lembaga keuangan non-bank, cari tahu apakah lembaga tersebut sudah memiliki izin atau belum. Umumnya, lembaga otoritas seperti OJK akan memberikan izin kepada lembaga-lembaga keuangan non-bank.

Izin tersebut membuktikan jika lembaga tersebut memang memiliki kredibilitas dan keamanan yang terjamin. Sebaliknya, apabila sebuah lembaga non-bank belum memiliki izin, maka biasanya lembaga tersebut perlu untuk diwaspadai. 

Gunakan Surat Perjanjian

Dalam hal utang piutang, ada baiknya memang kedua belah pihak membuat perjanjian untuk menghindari perselisihan. Apalagi jika utang piutang tersebut terjadi antar kerabat atau keluarga. Dengan adanya surat perjanjian tersebut, setidaknya kedua belah pihak akan lebih diuntungkan. 

Surat perjanjian itu pun nantinya bisa dijadikan sebagai bukti sah di mata hukum bila terjadi permasalahan di kemudian hari. Hal tersebut dikarenakan surat perjanjian umumnya ditandatangani oleh kedua belah pihak di atas materai. 

Perhatikan Manfaat yang diterima

Saat memilih pinjaman uang pribadi terutama dari lembaga keuangan, ada hal lain yang perlu kamu perhatikan selain keamanannya. Hal tersebut terkait dengan benefit atau manfaat yang kamu terima dari pinjaman tersebut. Misalnya terkait dengan bunga yang dibebankan apakah termasuk bunga rendah atau tinggi.

Kemudian, denda yang diberlakukan masuk akal atau tidak. Perhatikan pula terkait dengan waktu angsuran yang diberikan. Patikan jika kamu mampu melunasi pinjaman tersebut dalam tepat waktu guna menghindari adanya denda atau permasalahan lainnya.

Selain beberapa rekomendasi yang telah disebutkan di atas, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan alternatif pinjaman uang pribadi lewat pinjaman online. Contohnya seperti pada Kredit Pintar yang sudah terdaftar di OJK. Kredit Pintar juga memberikan benefit yang cukup menguntungkan dengan adanya waktu angsuran yang fleksibel mulai dari 91 hari hingga 360 hari. 

Baca juga: Butuh Pinjaman Online Bunga Kecil? Pilih Kredit Pintar!

Sekian untuk seluruh penjelasan mengenai 4 pilihan pemberi pinjaman uang pribadi yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa untuk mengikuti tips yang disebutkan supaya kamu tetap terhindarkan dari berbagai penipuan atau perselisihan akibat utang piutang di kemudian hari.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download