10 Brand Terkenal di Dunia yang Perlu Anda Kenal

12 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Pernahkah Anda mencari tahu bagaimana sebuah brand bisa mendunia? Brand terkenal di dunia yang kita kenal, ternyata memiliki sejarah yang panjang agar bisa dikenal ke seluruh dunia. Kita bisa mencari tahu apa saja brand terkenal di dunia yang banyak diketahui dan mempelajari bagaimana cara bisa perusahaan-perusahaan bisa menjadi perusahaan yang sukses. 

Watch City, Menit, Rolex, Waktu

Mulai dari fashion, gadget, otomotif, hingga brand pengembang aplikasi. Bahkan di Indonesia sendiri, ada salah satu brand yang mendunia, produknya ada di banyak negara. Anda bisa mengenal brand dunia seperti yang ada di bawah ini.

1. Nike

Siapa yang tak kenal perusahaan yang menjual pakaian, sepatu, dan aksesoris olahraga, satu ini?. Nike menjadi salah satu produk fashion paling terkenal yang hingga berpuluh-puluh tahun selalu menjadi top image di mata konsumen di seluruh dunia. 

Nike didirikan oleh Philip Knight sebagai pendiri Nike, menciptakan Nike pada tahun 1964. Kesuksesan Nike dimulai pada tahun 1971 produk sepak bola yang banyak digemari banyak orang di seluruh dunia. 

Brand dunia yang dikenal dengan slogan “Just Do It” memiliki logo yang simple dan mudah diingat semua orang. Logo yang dinamakan swoosh, sudah sangat melekat di benak para konsumennya. Hingga saat ini, Nike menjadi pelopor pakaian olahraga mendunia yang memiliki banyak atlet, artis, influencer yang berpengaruh dalam kesuksesan dunia.

Baca juga: Mempelajari analisis SWOT

2. Apple

Produsen produk-produk elektronik yang memiliki branding exclusive, Apple, adalah perusahaan Amerika yang sangat terkenal. Produk Apple yang sering kita dengar, seperti iPhone, iPad, dan Mac, menjadi pionir produk gadget. Steve Jobs, sebagai pendiri Apple, memegang peran penting dalam kesuksesan semua produk Apple. 

Brand dunia sekelas Apple, selalu mengedepankan inovasi dalam berbagai produk yang akan diberikan pada konsumen. Apple berevolusi dengan berbagai software dan hardware yang paling canggih. Tak heran, produk-produk Apple ditiru oleh perusahaan lain.

Baca juga: Daftar berbagai harga HP murah

Apple bukan hanya menjual produk bagi konsumen, namun Apple menjual gaya hidup dengan memberikan gambaran bahwa siapapun yang menggunakan produk Apple adalah seseorang yang berada di kelas atas. Apple juga gemar mempromosikan aksesoris pendamping, seperti Airpods dan AirTag.

3. Facebook

Platform sosial media yang paling terkenal hingga saat ini adalah Facebook. Mark Zuckerberg sebagai pendiri dari Facebook, telah berhasil membuat Facebook sebagai sosial media yang memiliki banyak pengguna dan bisa memberikan banyak fitur yang bisa digunakan siapapun dari kalangan manapun. Facebook mulai dikenal luas di seluruh dunia pada tahun 2006. Pada saat itu, Facebook belum memiliki tampilan seperti yang Anda gunakan saat ini.

Facebook menjadi raksasa sosial media karena brand terkenal di dunia yang satu ini berhasil mengakuisisi sosial media lain seperti WhatsApp dan Instagram. Kedua sosial media tersebut dikuasai Facebook. Apalagi saat ini Facebook akan semakin melebarkan sayapnya dengan memperkenalkan Metaverse kepada dunia.

4. Zara

Produk fashion Zara asal Spanyol, menjadi perusahaan yang menguasai pasar fashion kelas menengah. Zara menyediakan beragam pakaian pria dan wanita dengan harga yang terjangkau. Di Indonesia sendiri, Zara menjadi produk yang banyak digemari. Banyaknya outlet yang bermunculan menjadi pertanda mendunianya Zara.

Produk Zara memiliki kelebihan yakni produksi yang cepat atau biasa disebut fast fashion. Menurut sebuah sumber, Zara bisa memproduksi 12.000 desain baru setiap tahunnya. Mendunianya Zara tentu tak terlepas dari jasa pendirinya, yakni Armancio Ortega.

Desain-desain produk Zara berbeda dengan brand lain. Desain Zara disesuaikan dengan lokasi geografis dari konsumennya. Zara dikenal sebagai brand yang tidak memerlukan banyak promosi namun tetap menarik banyak konsumen untuk membelinya.

5. McDonald’s

Jika berbicara tentang restoran siap saji, pasti saja nama McDonald’s menjadi salah satu brand yang terpikirkan. Restoran siap saji yang satu ini sudah tidak perlu lagi diragukan. Rasanya semua orang pasti pernah mencicipi produk yang dijual oleh McDonald’s. 

Kesuksesan McDonald’s menjadi pemicu munculnya brand-brand baru sebagai pesaing. Produk McDonald’s yang dijual antara satu negara dengan negara lain berbeda. Jika di negara barat seperti Amerika dan Eropa, hamburger dan kentang goreng adalah produk yang disajikan serta paling banyak dikonsumsi.

Kesuksesan McDonald’s tidak bisa dikalahkan oleh brand lainnya. McDonald’s memiliki cita rasa yang khas bagi konsumennya. Di Indonesia sendiri, produk McDonald’s selalu ramai dibeli dan restoran tak sepi pengunjung. 

6. Rolex

Jam tangan dengan image luxury, yang lekat dengan kalangan orang-orang kaya raya, memiliki sejarah panjang hingga bisa mendunia. Sparepart yang diproduksi oleh Rolex memang berasal dari bahan-bahan berkualitas yang langka untuk dicari. Rolex sangat erat dengan sejarah panjang hingga bisa menjadi brand terkenal di dunia. 

Rolex selalu berinovasi, seperti inovasi pada strap yang diproduksi. Rolex selalu mengedepankan kenyamanan serta kemewahan. Mendunianya Rolex menjadikan brand yang satu ini semakin memiliki harga jual yang tinggi. Selain itu, hal yang mendukung Rolex sebagai brand terkenal di dunia adalah para kolektor yang gemar mengoleksi jam-jam Rolex dari produksi awal tahun 90-an. 

7. Toyota

Merk otomotif legendaris satu ini mendunia karena kualitas dan ragam tipe dan jenis yang diproduksi. Toyota laris di pasaran. Walaupun merk satu ini berasal dari Jepang, namun popularitasnya dapat menyaingi produk-produk dari negara lain, seperti negara-negara yang ada di Eropa. 

Toyota berhasil menguasai pasar menengah ke atas dengan produksi mobil yang dapat disesuaikan dengan pendapatan target pasarnya. Kesuksesan Toyota yang mampu bertahan hingga saat ini, di mana banyak merk lain dengan produk yang bersaing, menjadi bukti bahwa produk buatan Asia tidak kalah di pasaran. 

8. Starbucks

Anda pecinta kopi? Jika iya, merk yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Merk asal Amerika satu ini memiliki julukan sebagai ‘kopi mahal’. Mengonsumsi kopi di Starbucks dianggap sebagai gaya hidup yang  perlu dipenuhi. Mendunianya Starbucks sebagai kopi favorit semua orang, tentu bukanlah hal yang instan.

Starbucks nyaman bagi para konsumen untuk betah berlama-lama di setiap kedai Starbucks. Konsep ini mengubah bagaimana para pemilik kedai kopi melayani para produsennya. Keberadaan Starbucks menjadi game changer bagi dunia bisnis kopi. 

9. Samsung

Selain Apple, Samsung menjadi brand terkenal di dunia yang memiliki banyak konsumen dan mampu bersaing dengan Apple. Di kelas Android, Samsung menjadi raja yang berkuasa. Tak hanya mengandalkan produk ponsel, Samsung juga dikenal dengan produk elektronik yang sering digunakan oleh konsumen di berbagai belahan dunia.

Samsung menjadi merk Asia yang berhasil mendapat banyak penghargaan dan mampu mendunia bahkan sampai menguasai pasar dunia. Kesuksesan ini bisa ditiru oleh perusahaan lain agar percaya diri bisa menjadi merek yang mampu menembus pasar internasional.

10. Indomie

Jika dari tadi kita membicarakan tentang merk luar negeri, merk Indonesia yang mendunia adalah Indomie dari perusahaan Indofood. Indomie sudah berhasil menembus pasar internasional seperti di Timur Tengah, India, HongKong, hingga pasar Amerika.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download