Membahas Lengkap Apa Manfaat Emas

04 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 04 Oct 2021

Tahukah Sobat Pintar apa manfaat emas? Ternyata ada banyak sekali loh manfaat emas yang bisa didapatkan, bahkan dalam berbagai macam bidang kehidupan. Mulai dari bidang ekonomi, keagamaan, sosial, elektronik dan bahkan kesehatan. Lalu seperti apa saja sih manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari emas? Simak ulasan lengkapnya disini.

Membahas Lengkap Apa Manfaat Emas

Emas adalah salah satu logam mulia yang memiliki sifat uniknya sendiri, seperti mudah dibentuk, lunak, bisa menghantarkan listrik dan sifat lainnya. Emas sendiri memiliki bentuk mentah seperti batu yang memiliki bentuk abstrak namun berwarna kuning emas. Tapi ada juga bentuk-bentuk emas lain setelah emas selesai diolah, mulai dari emas batangan, emas koin dan bentuk emas lainnya.

Untuk harganya sendiri emas memiliki harga yang cukup tinggi karena memang sumber daya alam ini tidak dapat diperbaharui sehingga harganya kian meningkat setiap tahun. Bentuk emas yang paling mahal adalah emas batangan karena emas ini memiliki bentuk yang padat dan berat. 

Tapi apakah Sobat Pintar tahu manfaat emas? Nah, ternyata emas itu memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari dalam berbagai macam bidang loh. Lalu bidang apa saja yang menggunakan emas dalam ekosistemnya? Yuk simak ulasan lengkapnya!

1. Apa peran emas dalam bidang ekonomi?

Bidang pertama yang banyak sekali memanfaatkan emas adalah bidang ekonomi. Bidang ini berkaitan dengan perekonomian masyarakat dan cara hidup manusia. Dalam bidang ekonomi ini emas menjadi sebuah alat transaksi terutama pada zaman dulu agar bisa jual beli barang, namun proses jual beli barang menggunakan emas ini dihentikan karena memang jumlah emas yang terbatas sehingga menyulitkan dalam proses perdagangan. Setelah itu, emas digantikan dengan kertas yang bernilai atau biasa disebut dengan uang karena dengan adanya inovasi ini manusia bisa lebih fleksibel dalam hal jual beli.

Sekarang emas dijadikan sebagai cadangan keuangan negara atau devisa karena memang nilai penjualan emas yang tidak pernah surut sehingga membuat banyak negara menyetok emas sebagai cadangan keuangan. Dengan cadangan keuangan menggunakan emas maka negara bisa terhindar dari inflasi dan tetap mempertahankan nilai keuangan dalam emas yang semakin lama harganya terus naik.

Disisi lain juga, dengan melihat harga emas yang kian naik setiap tahunnya menjadikan nya bahan untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang oleh para investor. Biasanya emas yang digunakan adalah emas batangan yang memiliki nilai jual paling tinggi. Selain itu, emas juga merupakan alat pembayaran sah secara internasional dan juga emas dapat diperjualbelikan dalam bentuk fisik maupun non-fisik, salah satunya adalah bentuk saham.

Butuh rekomendasi laptop untuk belajar online? Cek di sini.

2. Apa peran emas dalam bidang keagamaan?

Selain ekonomi, emas juga berperan penting dalam bidang keagamaan, salah satunya seperti banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah agama hindu ataupun budha yang konon meninggalkan harta berupa emas batangan, emas koin dan harga lainnya. Banyak juga kerajaan-kerajaan yang memiliki bangunan menggunakan emas dalam beberapa sejarah agama hindu dan budha. Selain itu, ada beberapa agama juga yang memiliki kebudayaan untuk menggunakan emas saat mereka beribadah sehingga sangat penting sekali emas dalam ekosistem keagamaan.

Disisi lain, agama islam juga sudah menerapkan peranan penting emas karena pada zaman kerajaan islam terdahulu, emas dijadikan sebagai alat untuk pertukaran jual beli. Sehingga pada zaman kerajaan tersebut emas merupakan sesuatu yang sangat penting dan layak untuk dipergunakan dengan baik.

3. Apa peran emas dalam bidang sosial?

Mungkin Sobat Pintar sudah mengetahui jika emas itu secara tidak langsung memberikan nilai sosial tinggi bagi kehidupan bermasyarakat karena memang emas dinilai sebagai sesuatu yang mewah dan bernilai tinggi, bahkan emas sendiri melambangkan kemakmuran. Sehingga secara tidak langsung jika ada seseorang yang menunjukan dirinya memiliki emas maka orang lain akan menganggap tinggi status sosialnya. Semakin banyak emas yang dimiliki, entah itu anting emas, gelang emas, kalung emas, cincin emas ataupun emas batangan maka tentu tingkat kemakmurannya semakin tinggi.

Selain itu, karena emas dinilai sebagai sesuatu yang mewah dan bernilai tinggi maka emas sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuatan trophy ataupun medali penghargaan. Trophy ataupun medali adalah sebuah benda yang biasanya terbuat dari emas untuk diberikan kepada seseorang yang sudah memenangkan suatu hal, seperti perlombaan ataupun semacamnya. Nah, dalam pembuatan trophy ataupun mendali ini emas sangat berperan penting karena selain untuk bahan dasar pembuatannya, emas juga melambangkan status sosial yang tinggi sehingga cocok diberikan kepada seorang pemenang.

4. Apa peran emas dalam bidang elektronik?

Jika Sobat Pintar pernah melihat suatu komponen dalam komputer yang kecil itu memiliki warna kuning emas, ternyata komponen tersebut memang dilapisi oleh emas agar bisa menghantarkan listrik dengan baik. Ada banyak komponen-komponen dalam alat elektronik seperti untuk radio, televisi, laptop, komputer atau bahkan handphone yang bagian dalamnya dilapisi oleh emas. Penggunaan emas ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk penghantar panas dan penghantar listrik dalam alat elektronik agar dapat memperlancar dalam hal transfer data ataupun sistem elektronik lainnya.

Bahkan, bukan hanya untuk alat elektronik sehari-hari saja, emas juga sering digunakan untuk pelapis pesawat luar angkasa. Dengan menggunakan logam mulia seperti emas yang ditempatkan di bagian dalam pesawat bisa digunakan untuk konduktor agar pesawat semakin baik saat digunakan. Lalu untuk emas yang digunakan di bagian luar pesawat adalah sebagai pelapis material agar bisa menangkal radiasi tingkat tinggi saat pesawat melewati area atmosfer. 

5. Apa peran emas dalam bidang kesehatan?

Terakhir, emas memiliki banyak manfaat juga dalam bidang kesehatan. Salah satunya untuk gigi, para medis biasanya menggunakan emas sebagai pelapis untuk gigi yang berlubang karena emas adalah sesuatu yang tidak bisa berkarat sehingga jika dibuat untuk gigi berlubang maka tentu akan lebih tahan lama. Selain itu, warna kuning dari emas juga memiliki nilai estetikanya tersendiri sehingga banyak percaya diri untuk menambal gigi dengan emas.

Lalu emas juga memiliki manfaat untuk merawat serta menjaga kulit, mencerahkan kulit, menyamarkan flek hitam, mencegah penuaan dini, menjaga elastisitas kulit, merangsang pertumbuhan sel kulit, mencegah dan mengatasi kulit rusak akibat sinar matahari, menghilangkan jerawat, mengatasi ruam dan mencegah serta mengatasi peradangan pada kulit. Banyak sekali kandungan-kandungan dalam emas batangan terutama yang sangat bermanfaat sekali untuk kulit meskipun memang manfaat emas untuk kulit itu masih dalam proses pembuktian sehingga belum bisa dijadikan sebagai acuan.

Selain itu, ternyata emas juga sering dijadikan sebagai campuran alat kosmetik lho! Seperti yang Sobat Pintar tahu, kosmetik tentu berhubungan dengan kesehatan terutama pada kulit, nah karena emas memiliki banyak manfaat untuk kulit maka emas sering dijadikan sebagai bahan campuran untuk produk-produk kosmetik.

Nah, itulah tadi beberapa rangkuman pembahasan mengenai apa manfaat emas dalam bidang-bidang kehidupan. Banyak yang tahu emas tapi tidak tahu apa manfaat emas itu sendiri. Dengan ini, semoga pembahasan ini bisa lebih memberikan informasi ataupun edukasi tentang emas dan berbagai macam bentuk emas lainnya, salah satunya seperti emas batangan. 

Ingin sukses tes psikotes online? Terapkan tips berikut ini

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Oct 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download