7+ Manfaat Pisang bagi Kesehatan

28 Apr 2021 by kreditpintar, Last edit: 24 Mar 2022

Pisang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat pisang inilah yang menjadi alasan kenapa buah satu ini banyak digemari. Pisang memiliki nama latin Musa acuminata dan buah satu ini umumnya berkulit kuning dan ada juga yang berwarna hijau.

manfaat pisang

Pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia dan menjadi buah yang umum dikonsumsi. Selain dimakan langsung, banyak olahan lainnya yang berbahan dasar pisang. Misalnya pie pisang, pisang keju, kolak pisang, dan masih banyak lagi.

Harganya juga cukup terjangkau dan mudah ditemukan di pasar tradisional ataupun pasar modern. Lalu seperti apa manfaat pisang yang dapat Sobat Pintar rasakan untuk kesehatan? Berikut ini penjelasannya:

Kandungan Nutrisi dalam Buah Pisang

1. Vitamin B6

Vitamin B6 yang dimiliki pisang mudah diserap oleh tubuh dan pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian Anda. Apa saja manfaat dari vitamin B6 ini?

  • Menghasilkan sel darah merah;
  • Memetabolisme karbohidrat dan lemak, kemudian mengubahnya menjadi energi;
  • Metabolisme asam amino;
  • Menghilangkan bahan kimia yang tidak diinginkan dari hati dan ginjal;
  • Memelihara sistem saraf yang sehat.
  • Vitamin B6 baik untuk ibu hamil karena membantu memenuhi kebutuhan perkembangan bayi mereka.

Baca Juga: Cara Membuat Bolu Pisang Kukus dan Panggang

2. Vitamin C

Vitamin C pada pisang sering kali diabaikan, padahal pisang berukuran sedang memiliki sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin C memiliki manfaat, antara lain:

  • Melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan:
  • Tubuh dapat menyerap zat besi lebih baik;
  • Tubuh dapat memproduksi kolagen, yakni protein yang menyatukan kulit, tulang, dan tubuh;
  • Mendukung kesehatan otak dengan memproduksi serotonin, yakni hormon yang mempengaruhi siklus tidur kita, suasana hati, pengalaman stres dan rasa sakit.

3. Kalium

Pisang berukuran sedang akan menyediakan sekitar 320-400 mg potasium, yang dapat memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan potasium harian. Kalium ini dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

Selain itu, pisang juga rendah sodium. Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi membantu untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

4. Serat

Pisang berukuran sedang akan menyediakan sekitar 10-12% dari kebutuhan serat harian. Badan Promosi Kesehatan Singapura merekomendasikan asupan serat makanan harian 20g untuk wanita dan 26g untuk pria.

Serat larut dan tidak larut memainkan peran penting dalam kesehatan. Serat larut membantu tubuh mengontrol kadar gula darah dan membuang zat lemak seperti kolesterol.

Serat tidak larut menambah berat dan kelembutan tinja, sehingga memudahkan buang air besar secara teratur. Ini membantu menjaga usus Anda tetap sehat dan aman dari bakteri berbahaya.

Manfaat pisang, terutama yang baru matang, mengandung pati yang tidak dapat dicerna (pati resisten) di usus kecil dan dapat masuk ke usus besar. Pisang semacam itu dapat membantu mengatur berat badan dengan lebih baik karena tetap kenyang lebih lama.

Selain itu, manfaat pisang juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan maag.

Manfaat Pisang yang Wajib Diketahui

Manfaat pisang tidak dapat diragukan lagi. Berikut penjelasannya terkait manfaat pisang yang wajib Sobat Pintar ketahui:

  1. Tekanan Darah Stabil

Memiliki kandungan kalium yang tinggi, pisang dikatakan memiliki peran penting untuk mengelola tekanan darah yang sehat. Hal ini dikemukakan oleh penelitian di Hypertension Institute.

Kalium juga dapat membantu meredakan ketegangan pembuluh darah, yang menjadi penyebab tekanan darah meningkat. Tidak hanya itu, pisang yang mengandung serat juga berfungsi untuk mengikis kolesterol jahat sehingga turut menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat pisang lainnya adalah membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Pisang mengandung prebiotik yang merupakan makanan untuk bakteri baik dalam usus, yang bersumber dari karbohidrat kompleks pada pisang yaitu fruktooligosakarida. Hal inilah yang membuat saluran pencernaan Sobat Pintar lebih sehat dan lancar.

  1. Cegah Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi salah satu ketakutan sebagian besar orang, seperti kulit mengendur, kulit kusam, flek hitam, dan keriput. Namun Sobat Pintar tidak perlu cemas lagi karena jika rutin mengonsumsi pisang, maka dapat membantu memperlambat penuaan dini karena adanya kandungan vitamin C dan B6, yang adalah antioksidan sehingga dapat membantu kulit terhindar dari penuaan dini. 

  1. Menekan Rasa Lapar

Sobat Pintar sering merasa mudah lapar? Nah, pisang cocok untuk Sobat Pintar karena manfaat dari buah yang satu ini adalah dapat membuat kenyang lebih lama. Pisang mengandung serat yang dapat memperlambat pengosongan lambung.

Inilah yang membuat Sobat Pintar merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk ngemil berlebihan dapat terhindari. Dikatakan pisang yang berwarna hijau akan berperan lebih dalam hal ini, karena adanya kandungan pati didalamnya. 

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat selanjutnya yang dapat Sobat Pintar rasakan untuk kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi pisang, maka akan membantu menjaga kesehatan ginjal. Fakta menunjukkan seorang wanita yang mengonsumsi 2 sampai 3 buah pisang dalam seminggu, memiliki 33% risiko terkena penyakit ginjal lebih rendah. Bahkan dikatakan jika seseorang rutin mengonsumsi pisang 4 sampai 6 buah dalam seminggu, dapat mengurangi risiko terkena penyakit ginjal sebesar 50%.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam pisang akan memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga nafsu ingin makan juga akan lebih terkontrol, hal ini tentunya akan berdampak terhadap berat badan Sobat Pintar. Selain itu, pisang juga mengandung serat pektin yang dapat membatasi penyerapan lemak dalam sel.

Adanya kandungan magnesium juga membantu pemecahan sel dalam tubuh. Hal-hal tersebutlah yang membantu menurunkan berat badan Sobat Pintar, apalagi jika dibarengi dengan penerapan pola makan dan gaya hidup yang sehat dan olahraga teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat yang terakhir adalah membantu menjaga kesehatan mata karena adanya kandungan antioksidan seperti vitamin A, vitamin, C, vitamin E dan karotenoid yang dapat membantu melindungi dan memperbaiki sel yang rusak.

Manfaat pisang juga dapat Sobat Pintar rasakan, untuk menurunkan risiko degenerasi kulit dan kerusakan mata akibat penuaan. Hal ini karena adanya kandungan lutein dalam pisang.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Singkong yang Wajib Kamu Ketahui

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai manfaat pisang yang wajib Sobat Pintar ketahui. Bagi Sobat Pintar yang ingin mendapatkan semua manfaat di atas, pastikan Sobat Pintar mengonsumsi buah pisang secara teratur. Sobat Pintar bisa dengan mudah menemukan di pasar atau supermarket terdekat.Artikel manfaat pisang ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download