Apa Saja Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Bila Dikonsumsi Dengan Rutin

28 Apr 2021 by kreditpintar
manfaat pisang

Pisang memiliki nama latin Musa acuminata, buah ini berkulit kuning. Pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia dan menjadi buah yang umum dikonsumsi. Selain dimakan langsung, banyak olahan lainnya yang berbahan dasar pisang. Misalnya pie pisang, pisang keju, kolak pisang, dan masih banyak lagi. Harganya juga cukup terjangkau dan mudah ditemukan di pasar tradisional ataupun pasar modern. Lalu seperti apa manfaat pisang yang dapat Sobat Pintar rasakan untuk kesehatan Sobat Pintar? Berikut ini penjelasannya.

Tekanan darah stabil

Memiliki kandungan kalium yang tinggi, pisang dikatakan memiliki peran penting untuk mengelola tekanan darah yang sehat. Hal ini dikemukakan oleh penelitian di Hypertension Institute. Kalsium juga dapat membantu meredakan ketegangan pembuluh darah, yang menjadi penyebab tekanan darah meningkat. Tidak hanya itu, pisang yang mengandung serat juga berfungsi untuk mengikis kolesterol jahat sehingga turut menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Bantu menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat pisang lainnya adalah membantu jaga kesehatan saluran pencernaan. Pisang mengandung prebiotik yang merupakan makanan untuk bakteri baik dalam usus, yang bersumber dari karbohidrat kompleks pada pisang yaitu fruktooligosakarida. Sehingga hal inilah yang membuat saluran pencernaan Sobat Pintar lebih sehat dan lancar.

Cegah penuaan dini

Penuaan dini menjadi salah satu ketakutan sebagian besar orang, namun Sobat Pintar tidak perlu cemas karena jika rutin konsumsi pisang, maka dapat membantu penuaan dini karena adanya kandungan vitamin C dan B6, yang adalah antioksidan sehingga dapat membantu kulit terhindar dari tSobat Pintar-tSobat Pintar penuaan dini. TSobat Pintar-tSobat Pintar penuaan dini adalah seperti kulit mengendur, kulit kusam, flek hitam, dan keriput.

Menekan rasa lapar

Sobat Pintar sering merasa mudah lapar? Nah, pisang cocok untuk Sobat Pintar karena manfaat dari buah yang satu ini adalah dapat membuat kenyang lebih lama. Pisang mengandung serat yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Inilah yang membantu Sobat Pintar untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk ngemil berlebihan dapat terhindari. Dikatakan pisang yang berwarna hijau akan berperan dalam hal itu, karena adanya kandungan pati didalamnya. 

Bantu menjaga kesehatan ginjal

Manfaat selanjutnya yang dapat Sobat Pintar rasakan untuk kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi pisang, maka akan bantu menjaga kesehatan ginjal. Fakta menunjukkan seorang wanita yang mengonsumsi 2 sampai 3 buah pisang dalam seminggu, memiliki 33% risiko terkena penyakit ginjal lebih rendah. Bahkan dikatakan jika seseorang rutin konsumsi pisang 4 sampai 6 buah dalam seminggu, dapat mengurangi risiko terkena penyakit ginjal sebesar 50%.

Bantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam pisang akan memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga nafsu ingin makan juga akan lebih terkontrol, hal ini tentunya akan berdampak terhadap berat badan Sobat Pintar. selain itu, pisang juga mengandung serat pektin yang dapat membatasi penyerapan lemak dalam sel. Adanya kandungan magnesium juga bantu pemecahan sel dalam tubuh. Hal-hal tersebutlah yang membantu menurunkan berat badan Sobat Pintar, apalagi jika dibarengi dengan penerapan pola makan dan gaya hidup yang sehat dan olahraga teratur.

Bantu jaga kesehatan mata

Manfaat yang terakhir ini adalah bantu menjaga kesehatan mata karena adanya kandungan antioksidan seperti vitamin A, vitamin, C, vitamin E dan karotenoid yang dapat membantu melindungi dan memperbaiki sel yang rusak. Manfaat pisang juga dapat Sobat Pintar rasakan, untuk menurunkan risiko degenerasi kulit dan kerusakan mata akibat penuaan. Hal ini karena adanya kandungan lutein dalam pisang.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload