9 Manfaat Daun Singkong Yang Wajib Kamu Ketahui!

17 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 21 Jan 2022

Siapa sih yang tidak tahu daun singkong? Benar, daun yang sering dijual di pasar dengan harga yang terjangkau ini ternyata dapat diolah menjadi masakan yang enak. Selain itu, daun singkong juga memiliki berbagai manfaat. Berikut kami berikan 10 manfaat daun singkong yang wajib untuk diketahui.

Sebelum Sobat Pintar lanjut ke daftar manfaat daun singkong, ada baiknya untuk tahu kandungan gizi apa aja yang ada di dalam daun singkong.

Kandungan Gizi dalam Daun Singkong

Daun singkong yang seringkali dimasak sebagai sayuran, ternyata mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk tubuh. Beberapa contoh nutrisi yang daun singkong kandung adalah mineral, protein, vitamin, serta asam amino esensial.

Selain itu, protein yang ada di dalam daun singkong juga mempunyai peranan yang penting dalam pembentukan sel-sel tubuh yang bertugas untuk menyusun enzim. Kandungan lainnya yang ada di dalam daun singkong dan tak kalah pentingnya adalah zat klorofil dan antioksidan. Kedua zat ini memiliki peranan penting dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh dan baik untuk kulit. 

Baca juga artikel berikut: Makanan Pengganti Nasi

Untuk nutrisi lain yang terkandung di dalam daun singkong ada serat, karbohidrat, fosfor, kalium, natrium, tiamin, vitamin C, dan lain-lain.

Manfaat Daun Singkong

Inilah berbagai manfaat daun singkong yang bisa didapatkan dengan berbagai cara pengolahannya.

1. Membantu Penyembuhan Luka

Daun singkong memang bukan obat untuk menyembuhkan luka, tetapi zat yang ada di dalam kandungan daun singkong dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun singkong memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu penyembuhan luka ringan.

Caranya adalah dengan mencampurkan daun singkong dengan gel lidah buaya atau lidah buaya asli. Lalu, Sobat Pintar dapat menumbuk keduanya bersamaan hingga mencampur dan rata. Setelah itu, oleskanlah pada kulitmu yang luka.

2. Membantu Kelancaran Sirkulasi Darah

Berikutnya, daun singkong memiliki manfaat untuk membantu peredaran darah atau sirkulasi darah di dalam tubuhmu agar tetap lancar. Daun singkong mengandung asam amino dan antioksidan. Nah, kedua zat tersebut dapat membantu untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah.

Kandungan asam amino dan antioksidan yang daun singkong kandung dapat membantu kelancaran oksigen yang darah angkut. Dengan demikian, oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh. Dengan kata lain, organ-organ lainnya dapat bekerja dengan lebih optimal.

3. Baik Untuk Kekebalan Tubuh

Daun singkong ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu, lho. Di dalam daun singkong, terkandung beberapa zat yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti, adanya asam folat dan vitamin C yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem imun.

Selain itu, zat di dalam daun singkong juga memiliki manfaat sebagai penghancur bakteri juga menurunkan tingkat radikal bebas di dalam tubuh. Dengan kandungan folatnya, daun singkong juga turut membantu untuk materi genetik dan peningkatan sel DNA.

3. Mendorong Nafsu Makan

Jika Sobat Pintar sering merasa tidak nafsu makan, mungkin Sobat Pintar dapat menjadikan daun singkong sebagai salah satu lauk di rumah. Ya, ternyata daun singkong dapat meningkatkan nafsu makan, lho!

Pada dasarnya, daun dan batang singkong sering dijadikan obat tradisional untuk meningkatkan nafsu makan. Caranya adalah olahlah daun singkong dengan bawang putih dan garam. Selain itu, Sobat Pintar juga dapat menambahkan tomat di dalamnya. Dengan demikian, sayur daun singkong dapat dikonsumsi dan niscaya akan membantu nafsu makananmu agar meningkat.

4. Mengatasi Peradangan Sendi

Siapa yang akan menyangka jika daun singkong ternyata baik untuk menyembuhkan peradangan sendi?

Benar. Daun singkong sangat baik untuk mengatasi peradangan sendi. Ini karena tubuh manusia membutuhkan zat magnesium harian sebagai upaya untuk memadatkan dan mengembangkan tulang.

Dengan kata lain, zat magnesium yang ada di dalam daun singkong dapat membantu asupan magnesium harian tubuhmu. Selain itu, kandungan mineral yang ada di dalam daun singkong juga dapat membantu untuk mencegah arthritis atau peradangan sendi.

5. Sangat Baik Untuk Wanita Hamil

Berikutnya, daun singkong sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Dengan mengkonsumsi daun singkong, ibu hamil dapat mengurangi resiko anemia atau kekurangan darah. 

Baca juga artikel berikut: Usaha Keripik Singkong

Akan tetapi, untuk ibu hamil lebih dianjurkan untuk memakan daun singkong yang telah diolah, seperti direbus atau dimasak.

6. Membantu Untuk Mengatasi Kwashiorkor

Kwashiorkor atau yang memiliki nama lain marasmus adalah suatu kondisi dimana manusia mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi. Umumnya, penyakit jenis ini banyak terjadi pada anak-anak yang asupan gizinya kurang terpenuhi. Sehingga, mereka mengalami asupan gizi yang tidak seimbang.

Kondisi ini tentunya sangat berbahaya untuk anak-anak. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan mengonsumsi daun singkong secukupnya. Tetapi, Sobat Pintar harus memastikan bahwa Sobat Pintar memasak daun singkong dengan baik dan benar. 

7. Membantu Untuk Meningkatkan Energi

Manfaat daun singkong yang berikutnya adalah untuk membantumu dalam meningkatkan energi harian.

Jika Sobat Pintar sering merasa lemas atau tidak bertenaga, mungkin Sobat Pintar dapat memasukan daun singkong di dalam lauk harianmu karena, daun singkong yang telah dimasak memiliki kandungan serat dan asam amino yang sangat baik untuk tubuhmu.

Selain itu, kandungan ini juga membantumu agar merasa kenyang lebih lama. Jadi, daun singkong juga dapat memberikan energi sekaligus membantumu yang sedang di fase diet agar tidak lemas.

8. Dapat Obati Diare

Berikutnya, daun singkong juga dapat membantumu untuk mengatasi diare dan sembelit. Tetapi, Sobat Pintar harus mengkonsumsi daun singkong secukupnya untuk mengurangi efek yang diberikan oleh sembelit atau diare.

Selain itu, Sobat Pintar juga harus memastikan jika daun singkong telah dimasak baik agar tidak menimbulkan zat beracun dan menjadi bahaya untuk dikonsumsi.

9. Membantu Asupan Protein

Selanjutnya, daun singkong juga dapat membantumu dalam memenuhi kebutuhan protein. Jadi, tidak hanya telur dan daging saja yang dapat menyokong kebutuhan protein harianmu, tetapi daun singkong juga, lho!

Bahkan, jumlah asam amino esensial atau protein yang ada di dalam daun singkong hampir sama banyaknya dengan protein yang telur ayam miliki. Dengan kata lain, daun singkong mengandung protein yang lebih banyak daripada daun bayam, oats, kedelai, bahkan bulir padi.

Maka dari itu, daun singkong dapat menjadi pilihanmu untuk memenuhi kebutuhan protein harian. 

Baca juga artikel berikut: Cara Membuat Tape dari Singkong

Demikianlah manfaat daun singkong yang ternyata sangat beragam. Jadi, tertarik untuk mengkonsumsi daun singkong mulai hari ini? Jangan khawatir, ada banyak resep daun singkong yang dapat dicoba. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download