Cara Membuat Tape Homemade Sendiri di Rumah

29 Sep 2021 by Laruan, Last edit: 29 Sep 2021

Tape adalah salah satu camilan klasik yang banyak disukai. Selain bisa dinikmati langsung, tape juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Seperti kolak, donat, jus, puding, hingga gorengan dan berbagai makanan lainnya. Tahukah Anda kalau cara membuat tape bisa dilakukan dengan mudah di rumah? Berikut ini adalah cara membuat tape anti gagal yang bisa Anda coba.

Cara Membuat Tape Homemade Sendiri di Rumah

Cara Membuat Tape Singkong di Rumah

Sebelum membuat tape, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan lebih dulu. Yaitu singkong dan ragi tape. Untuk 2 kg singkong, Anda cukup menyiapkan 2 keping ragi tape. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah cara membuat tape berikut ini:

1. Siapkan wadah kosong

Anda bisa menggunakan wadah apa saja yang bisa ditutup rapat. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengalasi wadah tersebut dengan daun pisang. Jika tidak ada daun pisang pun tidak apa.

2. Pilih singkong berkualitas

Untuk membuat tape yang enak, Anda membutuhkan singkong yang berkualitas pula. Singkong yang bagus biasanya ditandai dengan kulit yang berwarna pink keunguan.

3. Kupas dan potong-potong singkong

Setelah itu, kupas singkong dan potong sepanjang 5-10 cm sesuai selera. Lalu cuci singkong hingga bersih dengan menggunakan air mengalir.

4. Kukus singkong sampai matang

Selanjutnya, Anda perlu mengukus singkong hingga matang. Biasanya, pengukusan selama 20 menit sudah cukup untuk mematangkan singkong. Jika kurang yakin, Anda bisa memastikannya dengan menusuk singkong menggunakan garpu. Jika singkong sudah cukup lunak, garpu akan mudah keluar. Jika sudah, angkat dan tiriskan singkong.

5. Haluskan ragi tape

Setelah singkong matang, Anda bisa menyiapkan ragi tapenya. Masukkan ragi ke dalam plastik dan gerus sampai halus.

6. Masukkan singkong dan ragi ke wadah

Taburkan ragi tape ke bagian alas wadah sambil diayak. Lalu tata singkong yang sudah matang dalam wadah. Jika sudah, taburkan lagi ragi tape yang tersisa di atas tape. Lakukan tahap ini sampai seluruh singkong ditata dan ragi habis ditaburkan secara merata.

7. Tutup wadah dan simpan

Tutup wadah dengan rapat kemudian simpan di tempat yang hangat. Biasanya, tape sudah bisa dinikmati setelah 2-3 hari masa fermentasi. Jangan buka toples setidaknya selama dua hari. Setelah dua hari, tape sudah matang dan rasanya sedikit manis. Semakin lama disimpan, rasa tape akan semakin asam.

8. Penyimpanan tape

Jika tape sudah mencapai kematangan yang Anda inginkan, Anda bisa memindahkan tape ke tempat yang lebih dingin. Bagian dalam kulkas atau chiller adalah tempat yang baik untuk menyimpan tape yang sudah matang. Pastikan Anda menyimpannya dalam wadah tertutup agar kualitas tape tetap terjaga.

Tips Anti Gagal Cara Membuat Tape Sendiri

Kadang kala, membuat tape di rumah bisa saja gagal. Karena itu, kalau Anda baru pertama kali mencoba membuat tape, Anda bisa mulai dari jumlah yang sedikit dulu. Selain itu, ada beberapa tips cara membuat tape anti gagal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Jangan menyentuh singkong yang matang

Setelah singkong selesai dikukus, mungkin Anda tergoda untuk menyentuhnya sedikit. Untuk mencicipi ataupun memotong singkong ke ukuran yang lebih kecil. Tapi jangan lakukan. Menyentuh singkong yang sudah matang akan membuat singkong terkontaminasi bakteri dari tangan Anda dan membuatnya gagal menjadi tape.

Jika memang harus menyentuh singkong, Anda bisa menggunakan garpu atau tusuk sate untuk mengecek kematangan singkong. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan penjepit makanan untuk menata singkong ke wadah.

  1. Jangan Membuka Toples Sebelum Dua Hari

Proses fermentasi singkong menjadi tape setidaknya berjalan selama dua hari. Setelah dua hari, singkong akan menjadi tape yang manis, legit, dan tidak terlalu berair. Jika Anda menyukai tape yang manis, waktu dua hari cukup untuk membuat tape Anda matang. Jika Anda menyukai tape yang lebih asam, Anda bisa membukanya di hari ketiga.

Sebelum tape matang, sebaiknya Anda tidak membuka toplesnya terlebih dahulu. Dengan begitu, proses fermentasi akan berjalan maksimal. Membuka toples terlalu cepat bisa membuat proses fermentasi tidak maksimal, terhambat, atau singkong Anda gagal menjadi tape.

  1. Simpan Toples di Tempat yang Hangat

Proses pembuatan tape membutuhkan ragi untuk mengubah singkong menjadi tape. Agar bisa tumbuh dengan baik, ragi membutuhkan tempat yang hangat. Anda bisa menyimpan tape Anda di tempat yang menurut Anda hangat. Misalnya di dalam lemari makanan, di atas kulkas, atau di lokasi lain yang cukup hangat di dapur Anda.

Setelah proses pembuatan tape selesai, Anda bisa memindahkannya ke tempat yang lebih dingin seperti kulkas. Dengan begitu, proses fermentasi akan melambat dan tape Anda tidak cepat menjadi lebih asam.

Cara Membuat Tape Homemade Sendiri di Rumah

5 Inspirasi Olahan Tape Singkong

Setelah tape selesai dibuat, Anda bisa menyantap tape langsung sebagai cemilan atau mengolahnya menjadi makanan dan minuman lain. Berikut ini adalah beberapa olahan tape singkong yang bisa Anda coba buat di rumah:

1. Kolak Tape Singkong

Kolak adalah salah satu makanan yang enak dinikmati bersama keluarga. Untuk membuat kolak, Anda tinggal memasak tape yang sudah dipotong bersama dengan air. Setelah mendidih, tambahkan gula pasir dan santan dan aduk sampai rata. Tambahkan sedikit vanili dan garam. Lalu koreksi rasa.

2. Puding Tape Singkong

Bosan dengan rasa puding yang itu-itu saja? Anda bisa berkreasi dengan membuat puding tape singkong. Rasa puding yang manis dan segar akan terasa pas dengan campuran tape singkong yang nikmat. Jangan lupa untuk menikmatinya bersama vla favorit Anda.

3. Donat Tape Singkong

Umumnya, donat dibuat hanya dengan tepung atau kentang. Cobalah untuk membuat donat tape singkong. Tambahan tape pada adonan donat akan membuat tekstur donat menjadi lebih lembut. Rasa tape yang legit juga akan memberikan keunikan rasa tersendiri pada donat Anda.

4. Tape Singkong Goreng Tepung

Salah satu cemilan tape singkong yang paling mudah dibuat adalah tape singkong goreng tepung. Anda tinggal membalut potongan tape dengan adonan tepung manis. Kemudian, goreng di atas minyak panas hingga berwarna keemasan. Cemilan ini nikmat disantap di pagi hari saat masih hangat.

5. Tape Singkong Bakar Teflon

Menu olahan tape singkong lain yang mudah dibuat adalah tape singkong bakar teflon. Cara membuat tape bakar teflon hanya tinggal dibakar di atas teflon saja. Hasilnya, tape akan terasa lebih renyah dan harum. Anda bisa menikmati tape ini sebagai cemilan di malam hari.

Itulah cara membuat tape dan beberapa resep olahan tape singkong yang bisa Anda coba di rumah. Selain bisa dinikmati sendiri, cara membuat tape ini juga bisa Anda jadikan ide usaha rumahan. Dan kalau Anda bingung dengan modal usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Kredit Pintar. Pengajuan pinjaman di Kredit Pintar cukup mudah, simpel, dan cepat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Sep 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download