11 Pilihan Makanan Pengganti Nasi, Cocok Untuk Diet

23 Aug 2021 by Laruan

Agar asupan karbohidrat tetap ada, Sobat Pintar harus mencari makanan pengganti nasi dalam program diet. Meskipun Sobat Pintar sedang menjalani proses diet, namun tetap saja membutuhkan asupan karbohidrat. Karena karbohidrat sendiri berperan sangat penting bagi tubuh, yakni sebagai sumber energi. Di Indonesia sendiri sumber karbohidrat yang wajib dikonsumsi setiap harinya adalah nasi, namun makanan pokok ini sering dihindari oleh orang yang diet.

Ternyata ada banyak makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat selain nasi. Bagi Sobat Pintar yang mencari daftar makanan apa saja yang dapat dikonsumsi, berikut akan kami berikan informasi lengkapnya.

Beberapa Makanan Pengganti Nasi 

1.Jagung

Jagung menjadi daftar pertama sebagai sumber karbohidrat yang dapat menggantikan peran nasi. Dalam 100 gram biji jagung mengandung 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B. Jagung juga kaya akan serat, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Karena mengandung sumber karbohidrat melimpah, jagung menjadi sumber karbohidrat selain nasi yang paling populer di kalangan orang berdiet. Sobat Pintar bisa mengkonsumsi jagung dalam berbagai bentuk seperti dalam bentuk nasi, bentuk tepung bahkan dalam bentuk jagung asli. 

2.Shirataki

Mungkin bagi masyarakat umum Shirataki ini terdengar asing ditelinga mereka. Namun makanan yang satu ini cukup populer di kalangan tertentu, misalnya pada kalangan orang yang berdiet. Shirataki ini merupakan jenis mi yang terbuat dari Glucomannan, berupa serat yang berasal dari akar tanaman konjac atau konnyaku. 

Makanan yang berasal dari Jepang ini memang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Satu porsi Shirataki sekitar 85 gram, mengandung kalori sebanyak 3 kkal. Cara mengolah makanan ini juga sangat sederhana dan mudah, cukup rebus dalam air selama 2 menit. Kemudian Sobat Pintar bisa panaskan kembali menggunakan wajan anti lengket. Sobat Pintar juga bisa mengkonsumsi mie ini bersama makanan cocok lainnya.

3.Kentang

Selain jagung, kentang juga menjadi sumber karbohidrat selain nasi paling populer dikalangan masyarakat. jenis umbi-umbian ini mengandung banyak serat, sehingga sangat baik untuk pencernaan. Dalam mengolahnya pun sangat sederhana, Sobat Pintar bisa merebus atau mengukusnya. Kemudian bisa disantap bersama lauk lain yang Sobat Pintar sukai.

Orang yang sedang menjalani program diet, biasanya mengkonsumsi kentang rebus dengan jagung rebus. Dua jenis makanan ini seperti menjadi komponen wajib dikonsumsi ketika sedang diet. Untuk memperoleh kentang juga tidak sulit Sobat Pintar bisa membelinya di minimarket, pasar, atau warung terdekat. 

4.Nasi Merah

Makanan pengganti nasi putih yang satu ini memang sangat populer dikalangan masyarakat. Bahkan tak hanya dikonsumsi bagi mereka yang sedang program diet, tapi orang-orang biasa pun banyak yang lebih memilih nasi merah. Nasi merah mengandung sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik yang rendah, kaya akan kandungan vitamin B6, Zinc dan zat besi.

Sobat Pintar bisa mengkonsumsi nasi merah ini sama seperti nasi putih biasanya. Hanya saja pada saat membuat nasi merah, air yang digunakan lebih banyak sedikit dibandingkan nasi putih biasa. Keunikan lain dari nasi merah ini, Sobat Pintar akan merasa lebih cepat kenyang saat memakannya. Maka tidak heran jika orang yang sedang berdiet lebih mengkonsumsi nasi merah, dibandingkan dengan nasi putih. 

5.Ubi Jalar

Perlu Sobat Pintar ketahui 100 gram ubi jalar, mengandung kalori sebanyak 86 kkal. Selain itu ubi jalar memiliki kandungan protein sebanyak 1,6 gram, maka ubi jalar ini bisa menggantikan nasi. Ubi jalar dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara mulai direbus, dikukus atau bisa juga digoreng. Bahkan Sobat Pintar juga bisa menambahkan makanan lainnya untuk disantap bersama ubi jalar. Meskipun begitu Sobat Pintar juga perlu memperhatikan makanan yang akan ditambahkan tersebut.

Meskipun terkadang makanan ini sering disebut sebagai makanan “kampung”, tapi manfaatnya tidak bisa dianggap rendah sedikitpun. Mengenai harganya pun ubi jalar ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika Sobat Pintar mencari sumber karbohidrat selain nasi yang murah meriah namun berjuta manfaat, ubi jalar bisa menjadi alternatif terbaik.

6.Kembang Kol

Tidak banyak yang tahu, jika kembang kol yang direbus dapat berperan sebagai pengganti nasi. Perlu Sobat Pintar tahu jika sayuran ini mengandung karbohidrat dan kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Sobat Pintar bisa membuat nasi dari kembang kol dengan cara memotong bagian bunganya lalu diparut. Parutan kol ini dapat Sobat Pintar kukus atau rebus selama 15 menit. 

Informasi yang harus Sobat Pintar simak baik-baik, bahwasannya satu cangkir nasi kembang kol atau sekitar 57 gram mengandung 13 kkal. Meskipun banyak orang yang tidak terlalu menyukai makanan satu ini, bukan berarti tidak pantas dicoba ya

7.Singkong 

Makanan pengganti nasi ini memang memiliki kalori yang tidak begitu berbeda dari nasi putih. Namun tetap saja singkong sangat rekomendasi untuk dijadikan sebagai pengganti nasi putih. Di Indonesia sendiri singkong bagaikan primadona, dimana banyak disajikan dengan berbagai macam hidangan. 

Sederhananya Sobat Pintar bisa mengkonsumsi singkong dengan cara direbus, dikukus atau bisa dijadikan nasi juga. Nah nasi yang terbuat dari singkong sendiri dikenal dengan nama tiwul, yang mana merupakan makanan khas Wonogiri dan Gunung Kidul. Di daerah tersebut tiwul sering dijadikan alternatif menggantikan nasi, ketika ekonomi sedang sulit. 

8.Brokoli

Setiap 57 gram brokoli rebus mengandung kalori sebanyak 15 kkal, kemudian kandungan seratnya mencapai dua gram. Sama seperti kembang kol, brokoli juga dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus untuk menggantikan nasi.

Selain itu brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C. Setiap 57 gram brokoli mengandung vitamin C, yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin harian sebanyak 25 persen. Selain kaya akan manfaat sayuran berwarna hijau ini memang banyak menarik perhatian orang. 

9.Oatmeal

Sumber karbohidrat selain nasi ini kaya akan serat, sehingga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu secara tidak langsung, dapat mempengaruhi berat badan Sobat Pintar. Perlu Sobat Pintar ketahui setiap 100 gram oatmeal mengandung kalori sebanyak 68 kkal. Terdapat kandungan nutrisi lainnya seperti Vitamin A, Potasium, Vitamin B6 dan Kalsium. Mengkonsumsi oatmeal secara rutin dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol.

10.Bulgur

Bagi yang belum mengetahui Bulgur ini termasuk kedalam salah satu jenis gandum, yang dapat menggantikan nasi pada saat diet. Bahkan tekstur dan rasa dari biji Bulgur ini sangat mirip dengan nasi, dan cara memasaknya pun sama. Satu cangkir Bulgur kurang lebih 100 gram mengandung sekitar 76 kkal, lebih rendah daripada nasi putih.

11.Kuskus

Kuskus memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, namun kaya akan protein dan serat. Sehingga Kuskus ini bisa dijadikan alternatif biji-bijian lain yang dapat membantu menurunkan berat badan. Meskipun begitu banyak manfaat dari Kuskus ini, namun makan ini tidak bebas Gluten.

Ternyata ada banyak sekali jenis sumber karbohidrat selain nasi, seperti yang telah disebutkan di atas. Baik jagung, kentang, ubi jalar, oatmeal dan lainnya ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang dapat menggantikan nasi. 

Baca Juga:Ciri 4 Modus Penipuan Telepon Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload