Manfaat Air Lemon yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

28 Apr 2022 by kreditpintar, Last edit: 06 May 2022

Selain mengkonsumsi teh atau kopi di pagi hari, Sobat Pintar juga bisa mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi air perasan jeruk lemon. Manfaat air lemon terbukti dapat membuat tubuh segar bugar dikarenakan adanya kandungan beberapa vitamin, kalsium, asam folat, fosfor, zat besi dan lain sebagainya..

manfaat air lemon

Baca juga : Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Lemon

Mengkonsumsi air lemon memang sangat bagus untuk tubuh, terutama jika diminum dalam keadaan hangat. Salah satu manfaat air lemon hangat dapat menyegarkan napas.

Tidak hanya itu, berikut ini adalah sejumlah manfaat minum air lemon yang perlu diketahui.

1.Sebagai Sumber Vitamin C Untuk Tubuh

Manfaat air lemon yang utama adalah sebagai sumber vitamin C yang berfungsi menjaga sel tubuh dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Pada 1 gelas air lemon, ada kandungan vitamin C sekitar 18,6 milligram.

Vitamin C tak hanya mampu melindungi sel dari adanya kerusakan sebab radikal bebas, tapi juga bantu kurangi risiko penyakit jantung, turunkan tekanan darah sampai mengatasi stroke.

2.Mengatasi Masalah Kerutan Pada Kulit

Kerutan salah satu masalah pada kulit yang menurunkan rasa percaya diri. Banyak pilihan perawatan wajah yang dapat menghilangkan kerutan kulit, mulai dari penggunaan bahan-bahan alami, sampai melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Jika Sobat Pintar salah satu yang menyukai bahan alami untuk perawatan kulit, konsumsi air lemon bermanfaat untuk mengatasi masalah kerutan. Mengatasi masalah kerutan pada kulit merupakan salah satu manfaat minum air lemon yang dapat dibuktikan dengan konsumsi air lemon hangat setiap pagi.  

3.Bantu Penurunan Berat Badan

Berat badan berlebih meningkatkan risiko terkena penyakit kritis. Manfaat air lemon lainnya yang bisa dirasakan adalah penurunan berat badan.

Tentu fakta satu ini bukan tanpa alasan, sebab dalam buah lemon memang terdapat kandungan polifenol yang mampu membakar lemak sehingga berperan pada penurunan berat badan.

4.Cegah Terjadinya Batu Ginjal

Banyak manfaat air lemon hangat bagi tubuh, salah satunya adalah mencegah terjadinya batu ginjal. Kandungan asam sitrat pada lemon mampu mencegah tubuh dari dehidrasi.

manfaat air lemon hangat

Dengan mengonsumsi air lemon hangat secara rutin, tubuh akan memiliki cukup cairan sehingga mengurangi potensi terbentuknya batu ginjal.

5.Bantu Segarkan Nafas

Kerap kali saat habis menyantap makanan yang mengandung bawang, bau mulut akan lebih menyengat daripada biasanya. Lemon dapat merangsang pembentukan air liur dan hal ini akan mencegah terjadinya kekeringan pada mulut yang disebabkan oleh bakteri.

Itulah mengapa banyak orang yang membuktikan manfaat air lemon hangat sebagai penyegar nafas dengan cara meminum campuran sari lemon dan air hangat.

Baca juga: Rekomendasi Menu Sarapan Diet Bergizi

6.Bantu Melancarkan Sistem Pencernaan Sekaligus Mampu Mendetoks Tubuh

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat membuat racun dalam tubuh semakin menumpuk, untuk itu perlu dilakukan detoks agar tubuh tetap sehat, dengan cara meminum air buah lemon. Manfaat minum air lemon tak hanya untuk mendetoksifikasi tubuh, tapi juga mampu melancarkan sistem pencernaan.

Hal itu dikarenakan air lemon memiliki fungsi sebagai pencahar yang bisa atasi sembelit. Sehingga jika rutin mengkonsumsinya setiap pagi, sistem pencernaan bisa menjadi lebih baik.

7.Bantu Atasi Sakit Pada Tenggorokan

Sakit tenggorokan memang seringkali kita alami, untuk mengatasinya pun bisa dilakukan dengan banyak cara salah satunya dengan minum sari buah lemon. Campuran antara perasan lemon, madu dan juga air hangat akan mampu meredakan sedikit sakit pada tenggorokan dan menjadikannya lebih lega.

Oleh karenanya, bisa dikatakan bahwa salah satu manfaat minum air lemon adalah melegakan tenggorokan.

8.Bantu Kecilkan Perut yang Buncit

Perut buncit seringnya akan membuat kita tidak nyaman sekaligus tidak percaya diri dengan penampilan.  Mengecilkan perut bukan hal mudah, butuh proses yang panjang agar memperoleh hasil yang diinginkan, menggunakan jeruk lemon merupakan cara efektif agar perut kembali rata.

Karena salah satu manfaat minum air lemon adalah mengecilkan perut, Sobat Pintar dianjurkan mengonsumsi minuman ini setidaknya setiap sore minimal 3 kali dalam seminggu.

Konsumsi rutin air lemon hangat, dipadukan dengan pola makan teratur dapat mempermudah proses pengecilan perut buncit. Sobat Pintar pun bisa kembali percaya diri dengan penampilan dan bisa lebih nyaman dengan diri sendiri.

Efek Samping

Manfaat air lemon terbilang cukup banyak apabila dikonsumsi secara rutin. Namun, ada beberapa hal yang juga wajib diperhatikan karena ada efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Kandungan asam sitrat yang ada dalam lemon berpotensi mengikis enamel pada gigi. Untuk mencegahnya, usahakan untuk selalu memakai sedotan saat minum air lemon dan berkumur dengan air putih setelahnya.

manfaat minum air lemon

Hal ini dilakukan agar asam yang menempel pada gigi bisa dibilas dengan baik, sehingga bisa mengurangi potensi kerusakan enamel gigi. Selain Itu, asam sitrat juga membuat ulu hati terasa nyeri pada beberapa orang jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Jika Sobat Pintar salah satu yang mengalami keluhan tersebut, sebaiknya makan dulu sebelum meminum air lemon hangat. 

Baca juga: Manfaat Clean Eating Untuk Kesehatan Tubuh

Tak dapat dipungkiri, banyaknya manfaat minum air lemon terkadang membuat kita ingin mengkonsumsinya sesering mungkin agar bisa merasakan lebih banyak manfaatnya. Namun, ingatlah bahwa konsumsi air lemon berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.  


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

06 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download