Usaha Keripik Singkong! Modal Minim, Untung Maksimal

09 Sep 2021 by Laruan

Saat ini banyak orang harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan demi bertahan hidup di tengah pandemi. Namun kebanyakan memilih untuk membuka usaha sendiri ketimbang mencari pekerjaan di perusahaan lain. Nah, salah satu bisnis yang layak kamu coba dan jalankan saat ini adalah usaha keripik singkong.  Kok usaha keripik singkong, sih? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

Usaha Keripik Singkong! Modal Minimal, Untung Maksimal

Peluang Usaha Keripik Singkong Yang Menjanjikan

Keripik singkong merupakan makanan ringan yang familiar di masyarakat. Dari kalangan anak-anak hingga dewasa banyak yang menyukai cemilan keripik singkong. Dengan pilihan rasa gurih, manis atau bahkan pedas memang cocok untuk menemani waktu luang kamu bersama keluarga. 

Terlebih ketika pandemi dan banyak melakukan aktivitas di rumah saja, pasti keinginan ngemil pun meningkat. Momen inilah yang bisa menjadi alasan mengapa kamu harus membuka usaha kuliner, yaitu cemilan keripik singkong.  

Membuka usaha keripik singkong memang menjanjikan, karena harganya relatif murah dan mudah memperoleh bahan bakunya. 

Siapa saja bisa menjalankan usaha keripik singkong ini, termasuk pemula seperti kamu. Jadi, tunggu apa lagi, simak tips berikut untuk memulai usaha keripik singkong yang menjanjikan keuntungan. 

9 Tips Usaha Keripik Singkong, Modal Minimal Untung Maksimal

  1. Tentukan Konsep Bisnis 

Tips yang pertama adalah menentukan konsep dalam mengawali usaha keripik singkong. Apakah keripik singkong yang kamu buat beraneka rasa atau hanya satu rasa original saja? Sebelumnya, kamu juga harus melakukan tes pasar untuk menyurvei selera masyarakat. 

Tidak menampik, usaha keripik singkong termasuk bisnis yang penuh kompetitor. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan bisnis dengan matang, termasuk rasa yang berbeda dari lainnya. 

  1. Memperkaya Info Tentang Jenis Singkong

Tips kedua adalah memperkaya informasi tentang singkong. Karena jenis singkong beragam, maka kamu perlu meriset manakah jenis yang pas untuk olahan keripik.

Ada beberapa singkong memiliki tekstur yang kurang cocok untuk olahan keripik. Di samping itu, kamu juga harus mengetahui supplier yang dapat memberikan singkong dengan kualitas baik. 

  1. Menyiapkan Kemasan Produk

Tips ketiga adalah mempersiapkan kemasan. Bukan hanya pada manusia, makanan pun akan mendapat nilai plus jika kemasannya bagus. Konsumen akan melihat kemasan produk sebelum mencicipi rasanya. 

Jika kamu mengemas keripik singkong sekadarnya, maka kemungkinan besar konsumen pun tidak melirik. Apalagi jika kamu mengabaikan ketahanan isi keripik di dalam kemasan. Sudah pasti orang tidak akan membeli untuk kedua kalinya. 

Jadi kemasan tidak hanya menarik, namun juga harus mampu membuat keripik tetap renyah dan tahan lama. 

  1. Menyiapkan Modal

Tips keempat adalah menyiapkan modal usaha. Meskipun harga bahan baku singkong relatif murah, namun kamu tetap harus memperhitungkan biaya operasional dll. 

Siapkan modal usaha sesuai dengan konsep yang kamu kehendaki. Kemudian bagilah  modal tersebut menjadi 2, sebagai investasi dan  produksi. 

Gunakan modal investasi untuk membeli peralatan masak, mesin pengemasan dan perlengkapan lainnya. Sedangkan modal produksi  untuk membeli bahan baku habis pakai, seperti singkong, gas elpiji dan sebagainya. 

  1. Mengutamakan Rasa

Tips kelima adalah mengutamakan rasa. Berbisnis di bidang kuliner memang harus mengutamakan rasa agar dapat bertahan di tengah persaingan. Begitu juga dengan usaha keripik singkong, di mana rasa menjadi syarat utama.  

Kemasan menarik, harga murah tapi rasa tidak enak juga akan mengecewakan konsumen. Oleh karena itulah, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memasarkan produk. 

  1. Membuat Marketing Plan

Tips keenam adalah membuat marketing plan sebelum mulai memasarkannya. Berikut beberapa cara pemasaran yang bisa kamu coba, antara lain:

  • Dengan Metode konsinyasi

Metode ini merupakan salah satu cara memasarkan produk camilan yang cukup familiar. Kamu hanya perlu menitipkan produk di toko-toko atau warung-warung. 

Beri toko/warung tersebut dengan komisi yang besar, agar mereka semangat untuk memasarkan produk kamu. 

  • Memasarkan Melalui Sosial Media

Memasarkan produk melalui sosial media merupakan cara pemasaran yang murah dan efisien. Kamu hanya perlu memajang foto produk dan membaginya di status WA, atau story IG. 

Jangan lupa untuk mendeskripsikan produk, termasuk cara pemesanan. Sehingga konsumen akan lebih mudah menghubungi kamu. 

  • Menggunakan Endorsement

Memanfaatkan ketenaran seseorang untuk memasarkan suatu produk sudah tidka asing lagi belakangan ini. Kamu bisa mengiklankan produk dengan batuan public figure atau selebgram dengan jumlah follower yang banyak. 

Pertimbangannya tentu saja agar produk keripik singkong lebih mudah terkenal dan menarik minat konsumen untuk membelinya. 

  1. Gigih Melakukan Promo

Setelah membuat marketing plan, kamu harus mulai menjual keripik secara langsung ke masyarakat. Termasuk menggunakan reseller atau agen. 

Pastikan kamu melakukan pemasaran secara masif dan proaktif. 

  1. Mencari Partner Usaha

Tips selanjutnya adalah mencari partner usaha yang tepat. Kamu bisa mengajak teman atau pasangan untuk memulai usaha keripik singkong. 

Dengan memiliki partner usaha, pembagian peran dan tugas menjadi lebih mudah. Meskipun mempunyai partner usaha rawan terjadi gesekan. Namun kehadiran seorang partner cukup mempermudah pekerjaan, terutama jika terjadi hambatan di tengah jalan. 

  1. Membuat Varian Singkong 

Tips kesembilan adalah membuat keripik singkong aneka rasa. Kamu bisa membuat varian rasa yang berbeda dari lainnya. 

Jika lazimnya, keripik singkong mempunyai varian rasa original, manis dan balado saja, maka kamu bisa menambah pilihan rasa keju, BBQ atau lainnya. 

Analisa Perhitungan Laba Usaha Keripik Singkong

Menghitung laba atau keuntungan dari penjualan keripik singkong cukup mudah. Pertama-tama hitung perkiraan modal yang akan kamu gunakan. 

Misalnya untuk modal membeli peralatan dan perlengkapan Rp3.500.000, sedang modal untuk produksi sebesar Rp3.400.000.

Kemudian, coba asumsikan bahwa per hari kamu berhasil menjual 50 bungkus dengan harga jual Rp6.000. Maka pendapatan kotor per bulan adalah 30 bungkus x Rp6000 x 30 hari hasilnya sekitar Rp5.400.000.

Sedang cara menghitung laba bersihnya adalah mengurangi pendapatan kotor dan modal produksi. Jadi kamu akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp2.200.000 per bulan.

Cara Memperoleh Modal Usaha Keripik Singkong

Usaka keripik singkong memang terlihat sederhana, namun dapat memberikan harapan cerah. Kamu bisa membuka usaha keripik singkong di rumah dan merekrut beberapa tetangga sebagai pegawai. 

Jika kamu sedang mencari tambahan modal untuk membuka dan memperluas usaha keripik singkong, silakan mengajukan pinjaman. Tidak perlu kuatir, saat ini Kredit Pintar memberikan  penawaran menarik dengan bunga rendah bagi kamu yang membutuhkan pinjaman modal usaha. Syarat pengajuan pun mudah, cukup KTP dan foto selfie saja, kamu bisa mendapatkan limit pinjaman untuk memajukan usaha. Jadi tunggu apa lagi, ajukan pinjaman modal  untuk memajukan usaha keripik singkong ke Kredit Pintar sekarang juga sebelum terlambat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload