12 Ide Bisnis Kreatif: Modal Minim, Profit Maksimal

12 Ide Bisnis Kreatif: Modal Minim, Profit Maksimal

27 May 2021 by kreditpintar
12 Ide Bisnis Kreatif: Modal Minim, Profit Maksimal

Mencari ide bisnis kreatif untuk mengubah minat Sobat Pintar menjadi sumber penghasilan? Mencari bisnis kreatif untuk memulai? Jika Sobat Pintar menganggap diri Sobat Pintar kreatif, berarti Sobat Pintar sudah memiliki salah satu ciri penting dari seorang pengusaha yang sukses. Tetapi Sobat Pintar dapat menggunakan kreativitas Sobat Pintar untuk membangun bisnis yang sepenuhnya berpusat pada kreativitas. Inilah  ide bisnis kreatif bagi peluang bisnis kecil serta wirausahawan kreatif seperti Sobat Pintar. Apa pun minat Sobat Pintar, selalu ada sesuatu untuk semua orang.

BAGAIMANA CARA MEMULAI BISNIS SENDIRI?

Modal seringkali menjadi penghalang utama seseorang membuka usaha atau menjadi pengusaha. Hambatan ini seringkali menghalangi seseorang untuk membuka usaha. Namun sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan modal usaha. Salah satunya adalah melalui pinjaman modal. Sesuai namanya, pengajuan KTA tidak perlu jaminan atau agunan. Ada KTA yang mensyaratkan calon debiturnya punya kartu kredit, ada juga yang tidak. Plafon pinjaman KTA hingga Rp 500 juta.

Ketika Sobat Pintar membutuhkan uang, Sobat Pintar pasti akan pergi ke bank. Salah satu produk pinjaman bank yang dapat digunakan untuk pinjaman modal usaha adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Cara lainnya adalah melalui perusahaan financial technology atau biasa disebut fintech. Ini termasuk fintech pinjaman P2P, seperti Kredit Pintar, sebagai saluran pinjaman atau pembiayaan. Pinjaman jenis ini juga dapat digunakan sebagai modal usaha. Namun perlu diingat, ajukan pinjaman online yang sudah terdaftar dan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti Kredit Pintar.

Metode pinjaman modal terakhir adalah melalui venture capital. Venture capital adalah perusahaan pendanaan yang mendanai banyak startup di seluruh dunia. Biasanya bukan milik perorangan, melainkan gabungan dari berbagai bagian, mulai dari investor kaya, bank, hingga lembaga keuangan lainnya. Mereka mengumpulkan dana untuk didistribusikan ke banyak perusahaan startup dan nantinya para investor akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan-perusahaan dimana mereka berinvestasi.

BISNIS PENDIDIKAN

Mengajar adalah ide bisnis kreatif yang terbaik bagi wirausahawan kreatif pemula untuk menjelajahi e-commerce. Mengajar online itu sederhana dan efektif. Fleksibilitas pengajaran online yang luar biasa memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri, mengulang pelajaran sesuai kebutuhan, menjelajahi lebih dalam di mana minat mereka berada, dan memanfaatkan sumber daya digital. Sobat Pintar hanya perlu fokus pada menciptakan pelajaran yang berkualitas dan membangun basis siswa Sobat Pintar. Dengan munculnya Internet sebagai sumber belajar, semakin banyak orang menemukan cara untuk menggunakan keahlian unik mereka sebagai dasar bisnis. 

  1. Mengajar Musik

Pelajaran musik online adalah industri yang berkembang pesat. Dari perspektif pasar, mengajar pelajaran musik online adalah cara yang bagus bagi wirausahawan kreatif untuk membangun berbagai macam produk digital untuk dijual.

  1. Mengajar Seni

Sobat Pintar dapat berfokus pada teknik tertentu atau membuat tutorial yang berfokus pada alat dan materi yang berbeda. Sobat Pintar bahkan dapat menawarkan sesi tatap muka untuk pelanggan di wilayah Sobat Pintar untuk melengkapi penawaran online Sobat Pintar. Lebih baik kalau Sobat Pintar sudah berpengalaman mengajar seni di dunia fisik. Sobat Pintar memiliki banyak materi untuk ditarik – terjun ke dunia digital hanya memberi Sobat Pintar jangkauan yang lebih luas dan kesempatan untuk menjelajahi cara baru yang menarik untuk mendidik.

  1. Mengajar Bahasa

Segala jenis kemampuan bahasa adalah keterampilan yang sangat berharga dalam ekonomi zaman ini. Jika Sobat Pintar dapat menemukan cara kreatif untuk mengajar, ada pasarnya. Buku kerja, alat untuk mempelajari frasa umum, dan konten yang dapat diunduh lainnya adalah cara yang luar biasa untuk membangun bisnis sampingan yang menguntungkan.

BISNIS PENJUALAN

Salah satu keindahan hidup di era digital adalah banyaknya cara seni Sobat Pintar dapat di fitur dalam kehidupan sehari-hari. Ide bisnis kreatif ini akan  membawa karya seni Sobat Pintar dan menyampaikannya kepada konsumen dengan cara yang menarik dan unik. Jika Sobat Pintar menjual dari toko independen daripada di situs seperti Etsy (di mana mereka mengambil sebagian besar keuntungan Sobat Pintar), peluang untuk membangun branding dan kemampuan untuk mengarahkan traffic organik akan terbayar dalam jangka panjang.

  1. Jual Fotografi: 

Ada banyak sekali ide bisnis kreatif seputar menjual fotografi secara online. Untuk memulai, ada metode tradisional untuk menjual cetakan berkualitas tinggi. Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk menjual file digital hasil jepretan Sobat Pintar dan biarkan pelanggan memutuskan untuk apa mereka ingin menggunakannya, baik itu untuk mug kopi ataupun kaos.

  1. Jual Perhiasan: 

Pasar perhiasan e-commerce adalah salah satu niche yang paling cepat berkembang dan paling menguntungkan zaman dini. Sobat Pintar dapat menjual temuan vintage yang unik, membuat produk Sobat Pintar sendiri, atau bahkan membuat potongan hybrid dari perhiasan yang ada. Ada banyak sekali pilihan, dan dengan kombinasi yang tepat antara produk dan titik harga, Sobat Pintar dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

  1. Jual graphic design

Bagi mereka yang kreatif dan tertarik berkolaborasi dengan banyak perusahaan lain, tidak ada salahnya mencoba graphic design. Setiap perusahaan memiliki kebutuhan desain, mulai dari logo, iklan banner, postingan media sosial, dan lain sebagainya.Sobat Pintar dapat menawarkan layanan Sobat Pintar. Gunakanlah juga media sosial dan dan buatlah situs web sebagai portofolio desain.

BISNIS MARKETING

Ide bisnis kreatif yang terakhir bukanlah untuk menjual sebuah produk, melainkan jasa. Mungkin Sobat Pintar tidak ingin menjual produk tertentu namun Sobat Pintar memiliki keahlian yang dapat dijadikan sebuah pondasi bisnis. Banyak tipe wirausahawan kreatif menganggap ide bisnis kreatif dalam pemasaran dan periklanan bermanfaat karena kombinasi pemikiran kreatif dan analitis.

  1. Konsultan Media Sosial: 

Banyak pemilik usaha kecil memiliki begitu banyak barang di piring mereka, sehingga mengikuti pengeposan bisa sangat melelahkan. Sobat Pintar dapat menjual layanan Sobat Pintar sebagai pengelola media sosial dan pembuat konten, dengan mengambil alih memposting konten dan terlibat dengan pengikut. Pilihan lainnya adalah menawarkan konsultasi strategi sederhana. Beri klien Sobat Pintar gambaran umum tentang jenis konten yang harus mereka posting, dan seberapa sering.

  1. Copywriter: 

Sadar atau tidak, setiap bisnis membutuhkan tulisan yang bagus. Dari email, teks iklan hingga, dan konten berkualitas tinggi, penulis yang baik dapat membuat perusahaan merasa unik dan ramah. Jika Sobat Pintar dapat menguasai kata-kata dan memiliki pola pikir yang berorientasi pada detail  Sobat Pintar dapat mulai mengubah keterampilan Sobat Pintar menjadi sebuah bisnis.

  1. Produksi video: 

Video adalah salah satu cara utama bagi bisnis besar dan kecil untuk menyampaikan visi dan misi mereka, baik melalui iklan YouTube atau TV lokal, promo di situs web mereka, atau sebagai materi orientasi untuk pelanggan baru. Karena itu, operator kamera dan editor video sangat diminati. Kesempatan terbaik Sobat Pintar adalah memulai secara lokal. Bergabunglah dengan bisnis kecil di daerah Sobat Pintar untuk membangun portofolio. Butuh waktu untuk menembus pasar, tetapi hasilnya pasti sepadan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk