Tidak Sama! Ketahui Perbedaan Jalan dan Lari

07 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 16 Jul 2022

Jalan dan lari merupakan salah satu olahraga yang sangat simpel untuk dilakukan. Namun tahukah Sobat Pintar, perbedaan jalan dan lari itu? Bisakah Sobat Pintar jelaskan perbedaannya? Salah satu perbedaannya ialah terletak pada posisi kaki. Tapi masih banyak perbedaan lainnya, lho. 

Olahraga saat ini memang menjadi rutinitas yang banyak dijalankan masyarakat sebagai gaya hidupnya. Olahraga sendiri mempunyai berbagai macam cabang yang berbeda-beda. Terdapat yang memperhatikan ketahanan, kecepatan, dan kekuatan.

Olahraga yang kerap dijalani oleh masyarakat sendiri adalah jalan dan lari. Kedua olahraga ini merupakan jenis olahraga yang praktis, murah, serta dapat dilakukan di mana saja bahkan tanpa alat khusus pun masih tetap bisa dilakukan.

Tidak Sama! Ketahui Perbedaan Jalan Dan Lari

Baca juga: Ini Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas tentang Jalan dan Lari

Jalan dan lari, keduanya merupakan bagian dari cabang olahraga atletik yang sudah ada sejak zaman dahulu pada masa Yunani pada abad ke-6 SM. Kata Atletik berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu ‘Athlon’ yang artinya berlomba atau juga bisa bertanding.

Bisa dikatakan, atletik merupakan ibu dari semua olahraga karena olahraga ini mengandung unsur-unsur dasar gerakan tubuh.

Meski jalan dan lari menjadi bagian sehari-hari masyarakat, kebanyakan orang masih belum memahami perbedaan jalan dan lari sebenarnya karena keduanya sama-sama gerakan melangkahkan kaki atau gerakan memindahkan tubuh.

Pada artikel ini, Kredit Pintar akan membahas mengenai perbedaan jalan dan lari dari berbagai sudut pandang.

Perbedaan Jalan dan Lari

Berikut ini berbagai perbedaan jalan dan lari yang Sobat Pintar perlu ketahui. Sobat Pintar bisa jelaskan antara keduanya? Sebagai bocoran, salah satu perbedaannya adalah terletak pada posisi kakinya. Penasaran perbedaan lainnya? Simak artikel ini sampai selesai, ya.

1. Definisi

Perbedaan jalan dan lari yang pertama, jalan merupakan gerakan memindahkan tubuh atau berpindah tempat dari suatu titik menuju titik yang lain dengan melangkahkan kaki yang bisa diarahkan ke segala arah baik ke kanan, kiri, depan atau belakang.

Secara kasat mata, tidak ada perbedaan antara jalan dan berlari. Keduanya sama-sama memindahkan tubuh atau berpindah tempat dari suatu titik menuju titik lainnya dengan melangkahkan kaki yang bisa diarahkan ke segala arah baik ke kanan, kiri, depan atau belakang.

Namun yang membedakan ialah durasi lama masing-masing menyentuh permukaan tanah.

Tidak Sama! Ketahui Perbedaan Jalan Dan Lari

2. Posisi Kaki

Hal ini jarang jadi perhatian orang di mana letak perbedaan jalan dan kaki terdapat pada posisi kaki ketika kontak dengan tanah. Disadari atau tidak, hal ini pasti terjadi ketika kita berjalan atau berlari.

Saat berjalan, kaki kita akan selalu berpijak pada tanah, ada saat di mana salah satu kaki akan berpijak pada tanah sementara kaki yang lainnya tidak berpijak pada tanah, atau saat kedua kaki sama-sama berpijak pada tanah secara bersamaan.

Hal yang berbeda terjadi pada posisi kaki sedang berlari ialah ada posisi saat salah satu kaki berpijak pada tanah dan ada pula posisi ketika kedua kaki tidak berpijak pada tanah atau kedua kakinya tidak berpijak pada tanah sama sekali atau melayang. 

Kemudian, posisi kedua kaki secara bersamaan berpijak pada tanah juga akan jarang terjadi.

Baca juga: Macam-macam Olahraga di Rumah yang Murah, Mudah, dan Efektif

3. Tumpuan Kekuatan

Perbedaan jalan dan lari berikutnya, saat berjalan maupun berlari, maka beberapa anggota tubuh akan ikut bergerak maka membuat aktivitas jalan atau lari jadi lebih maksimal. 

Ketika berjalan, tangan dan anggota tubuh lainnya dapat memaksimalkan saat berjalan namun tumpuan kekuatan tetap berada pada langkah kaki sebagai penggerak utama.

Sedangkan pada lari, yang berbeda dari berjalan ialah ketika berlari terdapat beberapa titik tumpuan kekuatan yaitu pada gerak tangan yang dapat mendorong badan dan pada lutut yang ditekuk melalui otot quadriceps yang memberi kekuatan saat berlari ketika kaki berpijak pada tanah. 

Sehingga tumpuan kekuatan utama pada saat berlari adalah tidak hanya dari kaki tetapi diikuti juga dengan anggota tubuh yang lain.

4. Kecepatan

Ketika melakukan olahraga jalan, kecepatan tiap langkah cenderung konstan dan tidak berubah-ubah. Pada saat jalan paling tidak hanya akan menempuh 5 km/jam dan apabila dilakukan dengan cepat pun hanya akan menempuh 8 km/jam.

Hal inilah yang menyebabkan perpindahan dari satu tempat atau titik ke titik lainnya akan ditempuh dalam waktu yang lebih lama daripada berlari.

Sementara itu, perbedaan jalan dan lari lainnya, pada olahraga lari, kecepatan tiap langkah tidak akan sama atau tidak konstan. Hal ini menjadikan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain akan sangat cepat. Bahkan kecepatan berlari ini bisa 2 kali lebih cepat daripada berjalan.

Seperti yang dicapai oleh Usain Bolt yang berhasil memegang rekor lari tercepat yang mencapai 44 km/jam. Mengingat kecepatan yang tidak konstan ini, maka disarankan untuk memilih sepatu lari yang tepat untuk menghindari cedera.

5. Kontak dengan Tanah

Selanjutnya, perbedaan jalan dan lari ialah ketika kontak langsung dengan tanah makan kontak saat menginjak tanah tersebut akat sangat jelas.

Berbeda dengan saat berjalan, saat lari maka kita tidak akan begitu merasakan kontak secara langsung dengan tanah karena dibarengi dengan melayang di udara lebih lama daripada menginjak tanahnya.

6. Banyaknya Anggota Tubuh yang Bergerak

Ketika berjalan, anggota tubuh yang banyak bergerak ialah kaki sementara anggota tubuh yang lain cenderung tidak ikut bergerak. Anggota tubuh yang bergerak lainnya paling hanyalah tangan yang membantu menyeimbangkan gerak kaki.

Perbedaan jalan dan lari selanjutnya, pada saat berlari, karena terjadi gerakan melayang kemudian hentakan ke tanah maka seluruh anggota tubuh cenderung banyak bergerak. 

Sebab lainnya karena titik tumpu berada pada ujung jari kaki maka menyebabkan anggota tubuh yang lain bergerak.

7. Sudut Lutut

Terakhir dari perbedaan jalan dan lari, Sobat Pintar bisa memperhatikan sudut lutut ketika jalan cenderung lebih sedikit atau bisa dikatakan memiliki derajat yang lebih kecil daripada saat berlari.

Sedangkan pada saat berlari, sudut lutut memiliki derajat yang lebih besar atau memiliki beban di lutut yang lebih besar. Ketika berlari otot quadriceps bekerja lebih keras sehingga seseorang akan mudah lelah ketika berlari daripada berjalan.

Baca juga: 3 Olahraga Yang Dapat Kamu Lakukan di Rumah Selama PPKM Darurat

Demikian perbedaan jalan dan lari yang didasarkan dari berbagai sudut pandang. Meski sama secara kasat mata, namun keduanya berbeda yang terletak pada tekniknya. Baik jalan atau lari, keduanya sama-sama baik untuk dilakukan sehari-hari. Sekarang Sobat Pintar sudah bisa jelaskan perbedaannya, kan?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
16 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download