Ini Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh

22 Jun 2021 by Laruan, Last edit: 22 Jun 2021
Ini Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh

Jalan kaki adalah cara yang efektif untuk menjaga kesehatan Sobat Pintar. Manfaat jalan kaki yang lain termasuk mengurangi risiko Sobat Pintar mengembangkan kondisi seperti penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker. Tidak seperti beberapa jenis olahraga lainnya, berjalan kaki termasuk gratis dan tidak memerlukan peralatan atau pelatihan khusus.

Manfaat jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang paling sering dipelajari. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa olahraga ini adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Di sini, kami menjelaskan apa yang dapat dilakukan jalan kaki untuk Sobat Pintar dan bagaimana memaksimalkan banyak manfaatnya.

1. Membakar kalori

Manfaat jalan kaki yang paling diminati orang jelas adalah untuk membakar kalori. Pembakaran kalori Sobat Pintar yang sebenarnya akan bergantung pada beberapa faktor, termasuk kecepatan berjalan kaki, jarak tempuh medan (Sobat Pintar akan membakar lebih banyak kalori saat berjalan menanjak daripada yang akan Sobat Pintar bakar di permukaan datar), dan berat badan Sobat Pintar.

2. Memperkuat Hati

Berjalan adalah bentuk latihan aerobik dan merupakan salah satu cara termudah untuk meningkatkan aktivitas fisik dan meningkatkan kesehatan Sobat Pintar. Aktivitas fisik meningkatkan detak jantung Sobat Pintar, memperkuat jantung Sobat Pintar, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Sobat Pintar, membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke organ-organ Sobat Pintar. Olahraga juga meningkatkan kemampuan paru-paru Sobat Pintar untuk mengambil oksigen, menurunkan tekanan darah, membantu mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol.

3. Meningkatkan tenaga

Selain itu, manfaat jalan kaki yang penting adalah memperkuat otot-otot serta tulang di kaki Sobat Pintar. Faktanya, satu penelitian terhadap orang pasca menopause menemukan bahwa berjalan kaki selama tiga puluh menit setiap hari mengurangi risiko patah tulang pinggul hingga 40%. Untuk menambah kekuatan, berjalanlah di area perbukitan atau di treadmill dengan tanjakan atau melaksanakan rute dengan tangga. Tukar jalan dengan aktivitas cross-training lainnya seperti bersepeda atau jogging.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jalan kaki dapat mengurangi risiko terkena flu dan penyakit menular lainnya. Satu studi melacak 1.000 orang dewasa selama musim flu. Mereka yang berjalan dengan kecepatan sedang selama tiga puluh hingga empat puluh lima menit sehari mengalami 43% lebih sedikit hari sakit dan lebih sedikit infeksi saluran pernapasan. Gejala mereka juga berkurang ketika sedang sakit.

5. Meningkatkan mood

Jalan kaki dapat membantu kesehatan mental Sobat Pintar. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas ini dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang negatif. Satu penelitian menemukan bahwa hanya dua belas menit berjalan kaki menghasilkan peningkatan kegembiraan, kekuatan, perhatian, dan kepercayaan diri dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan untuk duduk. Berjalan di alam ditemukan dapat mengurangi merenungkan pengalaman negatif, yang meningkatkan aktivitas di otak yang terkait dengan emosi negatif dan meningkatkan risiko depresi.

6. Memperpanjang hidup

Para peneliti menemukan bahwa berjalan dengan kecepatan rata-rata dibandingkan dengan kecepatan lambat menghasilkan 20% penurunan risiko kematian secara keseluruhan. Tetapi berjalan dengan langkah cepat  mengurangi resikonya hingga 24%. Studi tersebut mengamati hubungan berjalan pada kecepatan yang lebih cepat dengan faktor-faktor seperti penyebab kematian secara keseluruhan, penyakit kardiovaskular, dan kematian akibat kanker.

7. Membantu dengan pikirian kreatif

Meskipun manfaat fisiknya penting, dorongan mental yang dapat diperoleh dengan menambahkan jalan-jalan ke rutinitas harian Sobat Pintar mungkin lebih langsung. Secara umum, orang yang berolahraga secara teratur mempertahankan memori yang lebih baik dan kognisi yang lebih cepat sepanjang hidup mereka. Dalam satu studi Universitas Stanford, para peneliti menemukan bahwa berjalan meningkatkan hasil kreatif sebesar 60%. Dalam studi tersebut, 176 orang dewasa, terutama mahasiswa, diberi berbagai tugas yang biasa digunakan untuk mengukur “pemikiran divergen.”

Menariknya, berjalan di dalam atau di luar ruangan menghasilkan hasil yang sama, menunjukkan bahwa mengalami lingkungan alam sambil berjalan bukanlah pemicu inspirasi. Dorongan kreatif berlanjut selama beberapa menit setelah berjalan.

cara memulai jalan kaki

Bagaimana cara memulai?

Untuk menikmati manfaat-manfaat jalan kaki yang diuraikan di atas, Sobat Pintar hanya membutuhkan sepasang sepatu jalan yang kokoh. Salah satu cara terbaik untuk tetap termotivasi untuk berjalan adalah dengan melibatkan orang lain. Mintalah teman dan rekan kerja untuk bergabung. Bergabunglah dengan grup atau klub jalan kaki. Inilah beberapa ide dan cara untuk mulai jalan kaki dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Gunakan aplikasi telepon atau beli pedometer. Gunakan setiap hari, dan hitung langkah Sobat Pintar. Pertama kali Sobat Pintar menggunakannya, hitung berapa langkah yang biasa Sobat Pintar lakukan dalam sehari. Tetapkan tujuan untuk meningkatkannya setiap hari atau minggu. Cobalah untuk memulai dengan peningkatan 2.000 langkah sehari dan bekerja menuju 10.000 langkah. Ajak orang lain untuk bergabung dengan Sobat Pintar dan menetapkan tujuan sebagai grup.
  2. Berjalanlah sebelum atau sesudah bekerja atau saat istirahat makan siang.
  3. Saat cuaca buruk, gunakan treadmill. Atau bawa sepatu yang nyaman ke mal, dan berjalan beberapa putaran di dalamnya.
  4. Berjalan kaki ke kantor, sekolah, toko kelontong, atau restoran.
  5. Berjalan di sekitar lingkungan Sobat Pintar, di sekitar seluruh taman, atau untuk melakukan tugas.
  6. Jadwalkan jalan-jalan di kalender bisnis Sobat Pintar. Ubah jalan-jalan menjadi sesi curah pendapat dengan rekan kerja.
  7. Kenakan sepatu dan kaus kaki yang nyaman yang melindungi kaki Sobat Pintar.
  8. Minum banyak air. Bawalah sebotol saat Sobat Pintar berjalan.
  9. Kenali lingkungan Sobat Pintar. Berjalanlah di tempat yang terang dan aman.
  10. Rencanakan acara keluarga di sekitar jalan-jalan bersama.
  11. Ajak anjing Sobat Pintar jalan-jalan.
  12. Tetapkan tujuan untuk berpartisipasi dalam jalan kebugaran yang terorganisir.
  13. Jika Sobat Pintar sedang bepergian, turunlah dari bus atau kereta satu halte lebih awal dan berjalanlah selama sisa perjalanan ke kantor.
  14. Parkirlah lebih jauh dari kantor Sobat Pintar dari biasanya dan berjalanlah ke dan dari mobil Sobat Pintar.
  15. Pertimbangkan berjalan daripada mengemudi saat Sobat Pintar menjalankan tugas. Sobat Pintar dapat menyelesaikan tugas dan berolahraga secara bersamaan.
Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Jun 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download